Bosan di Rumah Saja Saat Pandemi? Yuk, Staycation di Villa

  • Whatsapp

Staycation di Villa – Bosan saat pandemi karena tidak bisa bepergian ke mana-mana dengan bebas? Semua orang pasti pernah merasakan hal tersebut pastinya.

The Cangkringan Jogja Villas & Spa
instagram.com/TheCangkringanJogja

Seperti kita tahu pembatasan aktivitas dan interaksi perlu dilakukan guna meminimalkan risiko penularan virus. Harapannya, pandemi segera berakhir dan hidup bisa kembali normal seperti dulu.

Staycation untuk Atasi Rasa Bosan

Bagi kamu yang suka traveling, kondisi pandemi ini tentu sangat menyiksa. Selain aturan perjalanan menjadi lebih ketat, kamu juga harus bersiap menghadapi risiko besar.

Namun, ada cara yang masih bisa dilakukan untuk menyiasatinya, yaitu staycation.

Staycation merupakan istilah untuk liburan sambil menetap di sebuah tempat, baik di rumah maupun penginapan. Ketika melakukan staycation, kamu tidak perlu mengunjungi tempat wisata yang ramai, cukup beraktivitas di sekitar lokasi penginapan.

Karena itu, penginapan yang menawarkan fasilitas lengkap serta terasa seperti rumah sendiri sering dipilih sebagai tempat staycation.

Tips Staycation Aman

Agar staycation aman dilakukan pada masa pandemi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Pilih Lokasi Dekat Rumah

Salah satu sumber risiko penularan virus ketika melakukan perjalanan wisata adalah saat dalam perjalanan. Apalagi jika kamu menggunakan sarana transportasi umum sehingga bertemu dengan banyak penumpang lain. Berhenti untuk makan atau beristirahat di rest area sebelum tiba di tujuan juga bisa menambah risiko tersebut.

Untuk menghindarinya, pilihlah tempat staycation yang berlokasi di dekat rumah saja. Dengan demikian, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai tempat tersebut.

Contohnya, jika tinggal di Batu, Malang dan sekitarnya, kamu bisa memilih salah satu villa di Batu sebagai tempat staycation, bukan justru di kota lain.

Hal serupa juga bila kamu tinggal di Jogja, maka kamu bisa pergi ke daerah-daerah sekitaran Jogja, booking villa di Jogja sebagai tempat staycation.

2. Pilih Waktu yang Sepi

Untuk mengurangi risiko bertemu dengan banyak orang, cara yang paling efektif adalah memilih waktu menginap yang sepi. Biasanya, orang-orang akan lebih banyak berlibur pada akhir pekan dibandingkan hari kerja.

Tantangannya, kamu harus menyesuaikan jadwal cuti libur untuk mewujudkan rencana tersebut.

Apabila kondisi hotel atau villa yang kamu pilih sepi, kamu akan lebih leluasa menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia tanpa khawatir. Kondisi ini akan membuat liburan staycation menjadi lebih optimal.

Hanya saja, jangan kecewa jika tempat tujuan kamu terlihat kurang seru, ya.

3. Menerapkan Protokol Kesehatan

Saat memilih tempat staycation, pastikan tempat tersebut menerapkan protokol kesehatan. Hal yang paling sederhana, ada aturan jaga jarak saat di tempat publik, misalnya di lobi hotel atau di taman.

Begitu pula di restoran yang didatangi banyak tamu, ada sistem yang menjamin keamanan dan kesehatan.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa menanyakan langsung kepada pihak hotel. Carilah informasi lengkap mengenai ketentuan perlindungan kesehatan bagi para tamu selama masa pandemi.

Bila kalau sudah yakin, maka segera lakukan booking penginapan. Tujuannya sudah pasti untuk mengamankan sebelum dipesan orang lain.

4. Tubuh dalam Kondisi Fit

Jangan memaksakan diri untuk melakukan staycation saat tubuh sedang tidak fit. Kenapa?

Yang pasti, kamu tidak akan bisa menikmati liburan tersebut dengan optimal. Tidak perlu bingung, kamu bisa kok menggunakan pilihan reschedule untuk mengatur ulang waktu menginap asal syarat-syaratnya terpenuhi.

Saat sedang tidak fit, kamu juga rentan tertular virus dari luar. Satu-satunya cara untuk tetap aman adalah berada di rumah dulu sampai badan kembali sehat.

Bukan hanya itu, jika kamu sedang demam atau batuk, kamu bisa jadi tidak diperbolehkan untuk masuk ke area penginapan.

Mengapa Pilih Villa untuk Staycation?

Villa adalah jenis penginapan yang sifatnya lebih privat. Villa biasanya berbentuk rumah yang ditata sedemikian rupa sehingga terlihat menarik.

Selain itu, penginapan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti halnya rumah sendiri. Namun, perlu diketahui bahwa kamu harus menyewa satu bangunan villa untuk keperluan staycation.

Ini tentu berpengaruh terhadap budget liburan yang perlu dikeluarkan karena harganya lebih mahal daripada menyewa satu kamar saja.

Kelebihannya, kamu dapat mengajak seluruh anggota keluarga untuk menikmati waktu bersama di villa. Ini merupakan solusi jitu menghilangkan rasa bosan selama pandemi.

Siap untuk mencobanya?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *