Kuliner Khas Jogja yang Terkenal Manis

  • Whatsapp

Ada banyak makanan khas Jogja yang terkenal manis. Dan bila dicermati dengan seksama hampir semua kuliner khas Jogja memang demikian.

gudeg-mercon-bu-tinah
iradiofm.com

Dikutip dari Kompas.com penyebab orang Jogja suka manis lebih dikarenakan begitu melimpahnya hasil kelapa yang kemudian di olah menjadi gula kelapa. Kondisi ini terjadi turun temurun dan tidak aneh kemudian bila hampir semua kuliner khas Jogja yang terkenal manis ada unsur kelapanya.

Hal tersebut disampaikan Guru Besar Ilmu Budaya di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof Dr Bani Sudardi. Menurutnya masyarakat Jawa setidaknya terbagi tiga golongan besar.

Mulai dari orang Jawa sekitar keratonan baik itu mereka yang berada di Solo dan DIY, orang Jawa Banyumasan, dan ketiga orang Jawa Brangwetan atau Jawa Timur.

Mereka yang tinggal di area atau sekitar keraton gemar memasak kuliner rasa manis karena beranggapan keraton adalah simbol kenikmatan. Kebiasaan memasak dengan rasa manis ini telah terjadi sejak zaman Majapahit.

Baca juga: Kuliner di Jogja yang Legendaris dan Masih Hits

Makanan Khas Jogja yang Terkenal Manis

Saat kamu berkunjung ke Jogja tak lengkap rasanya tanpa menikmati makanan khas Jogja yang terkenal manis itu. Tak susah mencari karena hampir semua tempat menyediakannya.

Daripada penasaran apa saja makanan khas Jogja yang terkenal manis dan menggunakan bahan kelapa. Baik sebagai bahan utama maupun pelengkap.

Langsung saja inilah makanan khas Jogja yang terkenal manisnya itu.

1. Gudeg

gudeg jogja
Shutterstock

Mungkin kita tahu betul bahwa Jogja miliki julukan Kota Gudeg. Bukan tanpa alasan, kuliner yang terkenal rasa manis ini begitu mudah ditemukan.

Dan soal rasa bisa dipastikan identik rasa manis. Mungkin kita akan menemukan sedikit yang miliki rasa gurih dan selebihnya tentu rasa manis.

Gudeg pun kini tidak saja hanya bisa dinikmati di tempat. Kuliner yang bisa jadi berusia ratusan tahun ini pun telah bermetamorfosis.

Hadir berbagai varian gudeg yang bisa dijadikan buah tangan. Selain itu ada gudeg kaleng yang bisa tahan cukup lama.

Ingin menikmati di kampung orang pun cukup gampang. Tinggal panaskan dan santap. Jangan lupa siapkan nasi hangat supaya rasa kian nampol.

2. Yangko

yangko jogja
instagram.com/bakpiakencana

Jika kamu berburu oleh-oleh khas Jogja di pusat perbelanjaan oleh-oleh makanan, kamu akan menemukan makanan ini. Bentuknya mirip seperti permen dengan warna-warninya.

Makanan itu berbentuk persegi dan biasanya dibungkus kertas putih kecil yang tipis. Nama makanan yang satu ini yakni Yangko.

Makanan khas Jogja yang berasal dari daerah Kotagede ini berbahan ketan. Kadang isi dari makanan ini berupa potongan kacang kecil-kecil untuk menambah nikmat citra rasa dari makanan ini.

Tekstur dari makanan ini tidak lembut dan tidak keras, malah tergolong kenyal mirip sekali dengan permen yang pernah kamu makan. Kalau kamu mau menemukan Yangko dalam varian yang lebih banyak, kamu bisa mendatangi toko oleh-oleh yang ada di daerah Kotagede.

Lalu bagaimana soal harga? Soal harga kamu jangan khawatir. Karena Yangko ini harga murah dan dapat bersahabat dengan dompetmu.

3. Kipo

kue kipo
tribunnews.com

Makanan yang satu ini merupakan salah satu kuliner khas Jogja yang sudah langka. Masih ada tetapi sayangnya sudah jarang pedagang yang menjajakan makanan ini.

Kipo namanya. Kipo ini juga salah satu makanan khas Kotagede.  Kipo ini berbahan tepung beras dan parutan kelapa.

Kulit dari kipo dibuat dari tepung beras. Lalu untuk isinya terbuat dari parutan kelapa yang dimasak dengan gula jawa.

Biasanya kulit kipo dibuat sangat tipis. Dan warnanya hijau karena dibuat dari daun suji dan wangi daun pandan.

Kulit tersebut nantinya diisi dengan parutan gula jawa lalu dipanggang hingga sedikit gosong. Dulunya jajanan ini sudah terkenal sejak kerajaan Mataram kuno.

Namun masyarakat Jogja masih melestarikan hingga saat ini. Meskipun sudah hampir langka pedagangnya, kamu masih bisa menemui pedagang kipo ini di daerah Kotagede.

Biasanya mereka hanya berjualan ketika siang hari saja. Mungkin paling lambat hingga menjelang magrib.

4. Cenil

cenil kulon progo
jogjakartour.com

Cenil merupakan jajanan pasar yang juga menjadi makanan khas Jogja. Makanan kecil ini biasanya dijual bersama dengan klepon, getuk, lopis dan sejenisnya.

Cenil ini bentuknya kecil-kecil unyu karena disajikan juga dengan warna yang berbeda-beda. Ada yang merah, putih, dan hijau.

Cenil ini dibuat dari tepung ketela pohon. Cara pembuatannya pun dengan direbus lalu biasanya dihidangkan dengan parutan kelapa dan di atasnya ditaburi gula pasir hingga rasanya terasa manis.

Selain bentuknya yang unyu, cenil ini memiliki tekstur yang sangat kenyal dan membuat siapa pun ingin terus memakannya.

Untuk mendapatkan makanan ini, kamu bisa datang ke pasar-pasar yang ada di Jogja. Atau kalau kamu beruntung, ada pedagang keliling yang menjajakan makanan ini.

5. Bakpia

bakpia jogja
tips-cara.info

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan ini. Makanan yang senantiasa menjadi makanan identik khas Jogja.

Sampai-sampai orang menyebut bukan ke Jogja kalau belum membeli Bakpia. Makanan yang kental akan Jogja ini juga tergolong makanan khas Jogja yang manis.

Bakpia terbuat dari tepung terigu dan di dalamnya berisi beraneka ragam rasa. Mulai dari rasa cokelat, durian, kacang hijau hingga rasa-rasa lainnya uang terus bermunculan karena berinovasi.

Bakpia sendiri memang banyak digemari oleh orang-orang. Tidak heran apabila makanan ini memang merupakan makanan oleh-oleh khas Jogja yang paling laris.

Dulunya bakpia ini hanya berisikan kacang hijau. Karena sejak dulu memang kacang ijo waktu itu sangat cocok untuk lidah-lidah masyarakat Jogja.

Namun seiring berjalannya waktu, toko oleh-oleh Jogja mulai melakukan inovasi. Mereka memasukkan berbagai varian rasa di dalamnya untuk menarik pembeli meminangnya.

6. Tiwul

thiwul gunungkidul
instagram.com/ceritamakan

Makanan khas Gunungkidul yang satu ini cocok sekali untuk kamu yang sedang diet. Karena kandungan kalori makanan ini sangat rendah.

Tiwul dibuat dari gaplek yang dulunya menjadi makanan pokok orang Wonosari. Dulu tiwul sering digunakan untuk penganti nasi dan dimakan menggunakan lauk-pauk.

Namun seiring berjalannya waktu, tiwul ini dijual dengan rasa manis karena sering disajikan menggunakan gula Jawa. Tiwul ayu begitulah orang-orang menyebutnya.

Tiwul ayu memiliki beraneka ragam variannya. Mulai dari tiwul cokelat hingga tiwul keju. Modern bukan?

Nah itulah makanan Jogja yang terkenal dengan rasa manisnya. Kamu harus mencoba saat berkunjung ke kota yang satu ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *