Inilah Alasan Mengapa Pantai Gunungkidul Menjadi Favorit dan Bikin Rindu

  • Whatsapp

Pantai Gunungkidul – Fenomena pantai di berbagai daerah di Gunungkidul patut kita syukuri. Bagaimana pun juga, dengan adanya berbagai pantai tersebut, memberikan banyak pilihan tempat untuk melabuhkan rasa lelah.

pantai greweng gunungkidul
instagram.com/decan.sweet

Kesibukkan yang melelahkan selama berhari-hari dapat terobati dengan berlibur ke tempat yang indah akan nuansa alamnya. Gunungkidul memang menjadi tempat yang diperhitungkan.

Mungkin beberapa orang yang hendak berlibur sudah menjadikan pantai di Gunungkidul sebagai tujuan utamanya. Tak dapat diungkiri, wilayah ini merupakan surganya pantai.

Orang-orang senang berkunjung ke sana. Meskipun ke pantai yang sama setiap bulannya, tetap saja tidak ada kebosanan dan malah kerinduan yang senantiasa hinggap di benaknya.

Selain itu pastinya ada banyak alasan mengapa pantai Gunungkidul menjadi favorit dan bikin rindu.

Baca juga: Panorama Pasir Putih akan Melabuhkan Lelahmu di Pantai Sadeng

Sejuta Pesona Pantai Gunungkidul

Gunungkidul memiliki sejuta pesona bagi siapa pun yang singgah di sana. Meskipun daerahnya masih lekat dengan alam.

Namun justru hal itulah yang membuat Gunungkidul memiliki sejuta pesona yang akan memanjakan mata.

Berbagai tempat romantis, resto, kafe modern, kafe semi kuno hingga wisata alam lainnya. Menjadi anugerah yang Tuhan berikan untuk wilayah yang konon terkenal ‘tandus’ ini.

Meskipun terletak jauh dari ibu kota provinsi, tapi tetap saja turis-turis mancanegara kerap berkunjung di sana. Bahkan apabila dihitung, bukan hanya perorangan melainkan puluhan turis sering dijumpai di tempat-tempat wisata yang ada di Gunungkidul.

Artinya apa, Gunungkidul bukan hanya terkenal di dalam negeri saja melainkan juga hingga ke penjuru dunia. So, hal itu tentunya menjadi kebanggaan kita sebagai warga Jogja.

Baca juga: 5 Pantai di Jogja yang Sukses Bikin Kamu Baper

Beberapa Alasan Mengapa Pantai Gunungkidul Gemar Dikunjungi dan Bikin Rindu

Apakah kamu penasaran mengapa kok Gunungkidul gemar dikunjungi dan selalu bikin rindu? Jika penasaran, mari simak beberapa alasan mengapa orang-orang senang berkunjung ke dan membuat mereka benar-benar merindukannya.

1. Pantai Melimpah

Daerah ini mungkin merupakan daerah yang di dalamnya terdapat berbagai pantai. Pantai-pantai tersebut seolah berjejer-jejer dan ingin dijamah oleh para wisatawan.

Saat kamu berkunjung ke sana, kamu akan menemukan berbagai tanda jalan yang menunjukkan berbagai pantai tersebut. Dan luar biasanya, pantai-pantai di Gunungkidul memiliki ciri khas tersendiri.

Misalnya saja Pantai Kukup. Pantai ini memang dikenal sebagai pantai yang memiliki terumbu karang.

Di sana nanti kamu akan menemukan bentuk dari terumbu karang itu sendiri. Dan salah satu pantai yang menyenangkan untuk mencari ikan-ikan.

Selanjutnya Pantai Krakal yang memiliki pasir putih lembut nan menawan. Lalu pantai Timang yang terkenal menguras adrenalin dan pantai terkenal lainnya seperti Pantai Baron.

Semuanya tersedia di Gunungkidul dan kamu bisa menjelajah semua pantai.

Belum lagi, baru-baru ini muncul berbagai pantai baru yang kurang terekspos dan belum banyak orang mengetahuinya. Menarik bukan untuk hal ini.

Siapa tahu dari sekian penduduk di negeri ini, kamu merupakan salah satu pengunjung pertama di pantai tersebut.

2. Jalan dan Infrastrukturnya sudah Bagus

Meskipun Gunungkidul merupakan daerah pegunungan dan lekat dengan alam. Jangan berpikiran kalau jalanan dan infrastruktunya belum cukup memadai.

Karena apa, Gunungkidul sudah mulai berbenah sejak dulu, sehingga kini jalan yang menjadi akses ke sana cukup bagus dan memadai.

Jalanan berlubang dan problem jalan lain tidak akan kamu temukan lagi. Karena jalanan sudah mulai diperbaiki dan kamu akan tercengang ketika melewati jalan tersebut.

Semua jalan akses ke tempat wisata sudah baru. Jika dilihat, aspal-aspalnya pun juga cukup kokoh.

Sehingga ban kendaraan aman dan kamu nyaman untuk pergi ke sana. Jalanan tersebut lengang dan mudah dilewati ketika hari biasa.

Namun apabila sudah memasuki hari libur, jalanan tersebut akan dipadati oleh banyaknya kendaraan. Karena memang orang-orang di berbagai tempat ingin berlibur di daerah tersebut.

Secara, meskipun sudah pernah, orang-orang seperti tertarik untuk kembali ke sana. Jadi perlu kesabaran ketika datang ke sana karena bukan hanya kamu saja yang ingin menikmati keindahan wisata di Gunungkidul.

3. Tempat Paling Menyenangkan untuk Menikmati Sunset dan Sunrise

Sunset dan sunrise merupakan hal menyenangkan yang kerap sekali dirindukan oleh orang-orang. Keindahan yang ditawarkan ketika peristiwa itu berjalan memang akan membuat mata terpana dan sejenak kepenatan hilang saat melihatnya.

Warna kekuningan langit saat hal itu terjadi, seolah membersihkan mata dan tubuh ini dari berbagai kepenatan yang ada di dalamnya. Nah jika kamu ingin menikmati dua kejadian fenomenal ini, Gunungkidul merupakan tempat yang paling menyenangkan untuk menikmati sunset dan sunrise.

4. Tempat Camping yang Ciamik

Tidak semua tempat bisa digunakan camping dengan baik. Meskipun ada beberapa orang yang camping hanya di depan rumah saja akan tetapi tetap saja suasana itu belum terlalu kerasa apabila tidak camping di tempat lain.

Nah Gunungkidul ini juga sering dikunjungi bukan untuk bermain sebentar lalu pulang. Ada beberapa orang yang sengaja datang untuk camping.

Mereka membawa peralatan camping dari rumah dan membangun tenda di sana. Tempat camping yang biasa digunakan tentu saja bibir pantai.

Pantai di Gunungkidul memang tak bisa diragukan lagi. Tempat itu menjadi tempat camping paling berkesan dan akan memberikan pengalaman yang luar biasa.

Apalagi ombak-ombak di pantai tersebut begitu tenang dan tidak terlalu berbahaya. Sehingga aman digunakan.
Ketakutan tentang bagaimana ombaknya nanti, akan sirna ketika kamu memandangi laut di pantai Gunungkidul.

5. Harga Tiket Masuk Bersahabat

Selain beberapa alasan di atas masih ada alasan lain kenapa pantai Gunungkidul menjadi favorit. Harga tiket masuk ke tempat wisatanya begitu murah dan sangat bersahabat bagi mahasiswa sekalipun.

Saya rasa itulah beberapa alasan mengapa pantai Gunungkidul gemar dikunjungi dan bikin kamu rindu untuk datang ke sana lagi. Beberapa alasan itu ada enggak sih yang sama dengan alasan mengapa kamu kerap ke sana?

Jika ada, ah berarti hampir semua orang ke sana karena beberapa alasan tersebut. So jangan lupa piknik agar tidak panik ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *