Cara Sederhana Mengetahui Usia Kehamilan 7 Bulan

Diantara beberapa masa kehamilan tentu usia kehamilan 7 bulan menjadi sesuatu yang istimewa. Bukan saja di bulan tersebut jenis kelamin akan terlihat jelas tapi lebih dari itu di masa tersebut penampakan si jabang bayi telah terlihat dengan jelas.

usia hamil 7 bulan
tandatandakehamilanwanita.blogspot.com

Masa keemasan dalam janin untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Selain dengan lebih banyak mengkonsumsi aneka bahan sehat alami bisa juga ditambah dengan nutrisi tambahan semisal Wyeth.

Jangan sampai terjadi penurunan asupan gizi di usia kehamilan 7 bulan karena akan berakibat fatal. Selain berpengaruh pada ibu pastinya berpengaruh pada janin hingga pada resiko paling parah seperti tumbuh kembang otak yang menurun drastis hingga kematian.

Dan bagi yang belum paham cara mengetahui usia kehamilan 7 bulan setidaknya ada beberapa metode yang cukup familiar.

Diantara beberapa cara tersebut antara lain adalah:

1. Metode Kalender

Metode ini yang paling banyak digunakan masyarakat sekitar kita. Hal ini selain caranya mudah juga sangat murah karena bisa di bilang tanpa biaya.

Namun demikian metode kelender ini memiliki akurasi yang kurang baik. Terlebih bila lupa kapan terakhir kali menstruasi hingga bisa saja terjadi salah hitung.

2. Metode Ukur Tinggi Puncak Rahim

Cara ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang terlatih. Mereka yang saya maksud tentu saja ada bidan dan dokter kanudngan yang telah cukup ahli dalam menentukan usia kehamilan dengan mengukur tinggi puncak rahim.

Secara sederhana, cara ini dilakukan dengan menghitung jarak antara tulang kemaluan hingga puncak rahim atau fundus uteri. Alat yang digunakan cukup sederhana berupa pita ukur dan biasanya dilakukan pada usia antara 22 hingga 24 minggu.

3. Metode Pemeriksaan USG

Metode terakhir ini dianggap yang paling akurat dan lengkap. Penggunaan teknologi yang serba canggih memungkinkan pemeriksaan usia kandungan hingga akurasi 95 persen.

Bukan hanya dalam tampilan 2 atau 3 dimensi tapi kini telah hadir 4 dimensi. Pemeriksaan USG bisa dilakukan kapanpun sesuai dengan kebutuhan jadi bukan hanya untuk melihat usia kehamilan 7 bulan ke atas saja. Bahkan kini alat ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi berbagai kelainan di luar urusan kandungan.

Pemeriksaan usia kandungan ini secara psikologis dapat meningkatkan rasa percaya diri orang tua. Selain itu pastinya sebagai upaya deteksi dini terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu penting kiranya untuk konsultasi ke dokter kandungan setiap bulannya dengan intensitas ditambah pada usia kehamilan mendekati usia 9 bulan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. kebanyakan orang mengetahui usia kandungan dari metode kalender dan pemeriksaan/usg.
    ternyata bisa juga di lakukan dengan pengukuran tinggi puncak rahim ya?baru tahu saya..

    tanks infonya…