Deretan Masjid di Jogja Dengan Takjil Istimewa

  • Whatsapp

Sudah menjadi rahasia umum kala menjelang berbuka puasa adalah saatnya berburu kuliner. Bisa dengan belanja di pasar kaget yang menyediakan aneka jajanan. Tapi kalau dana mepet kamu bisa coba yang satu ini.

takjil istimewa jogja
gudeg.net

Sedikit aneh memang kalau berburu takjil itu menjadi trend saat ini. Namun faktanya tiap masjid selalu dijejali mereka yang berharap dapat takjil istimewa.

Diantara sekian banyak masjid penyedia takjil istimewa setidaknya di Jogja ada 4 masjid yang kondang akan kuliner khasnya.

Berikut 4 masjid dengan takjil istimewa yang bisa kamu coba :

1. Masjid Gedhe Kauman

Masjid yang satu ini sangat terkena dengan menu tongseng kambing yang dihidangkan setiap hari kamis. Jangan kaget manakala kamu ikut berburu harus rela antri berlama-lama.

Masjid yang menjadi bagian dari Keraton Kasultanan Yogyakarta ini telah lama menghadirkan menu istimewa. Konon menu ini telah ada sejak sebelum kemerdekaan dan bertahan hingga sekarang.

2. Masjid Jogokariyan

Berbicara tentang pasar kuliner ramadhan tentu Masjid Jogokariyan adalah juaranya. Di masjid yang terletak di Jalan Jokokariyan No 36 ini setidaknya ada 250 penjual jajanan pasar.

Selain itu saat menjelang buka puasa telah tersedia 1.000 porsi takjil istimewa. Menu-menu tersebut akan berganti-ganti setiap hari karena merupakan sumbangan masyarakat sekitar.

Menu sebanyak itu tidak dihidangkan menggunakan kardus atau tempat snack sehingga bisa dibawa pulang melainkan beralaskan piring. Bisa dibayangkan bagaimana tiap harinya pengurus masjid mencuci 1.000 piring.

3. Masjid Nurul Ashri Deresan

Masjid yang tak kalah populer untuk berburu takjil istimewa adalah masjid Nurul Ashri yang ada di Deresan yang letaknya tidak jauh dari Jalan Gejayan. Tempat ini lebih populer untuk mahasiswa karena sering digunakan untuk kajian Islami.

Bukan hanya selama bulan ramadan masjid ini dijubeli jamaah. Pada hari-hari biasapun tempat ibadah ini akan penuh sesak.

4. Masjid Syuhada Kotabaru

Bagi kamu yang sedang di sekitar UGM atau Kotabaru bisa berkunjung ke Masjid Syuhada yang berada di Jalan I Dewa Nyoman Oka No 13, Kotabaru. Masjid yang tak pernah sepi ini selalu menghadirkan berbagai agenda menarik.

Tidak saja selama bulan puasa melainkan pada hari-hari biasa juga. Sedikit sejarah yang tidak diketahui banyak orang yakni ternyata masjid ini adalah kenang-kenangan kalau Ibu Kota Republik Indonesia pernah ada di Jogja.

Selain 4 masjid tersebut tentunya masih ada masjid lain yang menghadirkan takjil istimewa. Dan kalau ada yang ada di sekitar kamu mungkin bisa meninggalkan jejak di bawah ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *