Deretan Sayuran untuk Lancar ASI, Ada yang Pahit Lho

  • Whatsapp

Ingat betul, kala itu saat masih menjadi ibu habis melahirkan terbersit beberapa pertanyaan. Dan salah satunya yang terekam kuat adalah apa saja sayuran untuk lancar ASI?

Bukan tanpa alasan, maklum saja ditengah keterbatasan pengalaman yang belum pernah memiliki bayi tiba-tiba hadir bayi mungil. Tak ingin melewatkan kesempatan terbaik maka saya pun banyak cari informasi terkait aneka sayuran untuk lancar ASI.

Berharap anak bisa tumbuh kembang pastinya, tak ada kurang satu apapun karena 6 bulan pertama ia hanya minum ASI. ASI eksklusif demikian kata orang dimana bayi tidak mengkonsumsi makanan atau minuman lainnya.

Dan alhamdulillah program tersebut berhasil dan kini lega. Sedikit banyak telah melalui fase itu dan kelak bila ada anak lagi tak perlu khawatir.

Aneka Sayuran untuk Lancar ASI

Menjadi menarik kemudian, ternyata ada banyak sayuran di sekitar kita untuk lancar ASI. Hanya saja mungkin kita tidak menyadari karena minim informasi.

Dan buat bunda atau calon para ibu maka perhatikan berbagai sayuran untuk lancar ASI berikut:

1. Sayur Kale

kale sayuran untuk lancar asi
jagapati.com

Diantara sekian banyak sayur yang ada Kale di anggap sebagai sayuran untuk lancar ASI yang terbaik. Kandungan nutrisi yang melimpah dan zat yang terkandung di dalamnya terbukti ampuh membantu jumlah kadar ASI bagi ibu menyusui.

Kaya akan zat besi, folat dan kalsium itu pasti. Ditambah dengan adanya berbagai kandungan vitamin yang dibutuhkan tubuh kian mengokohkan sayuran hijau yang dianggap sebagai ratunya sayur ini sebagai yang terbaik.

2. Bayam

sayur bayam
Istockphoto/chengyuzheng

Bayam bukan hanya enak dan disukai banyak orang. Ternyata bayam juga kaya akan kandungan baik yang ada didalamnya.

Bahkan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) berani merekomendasikan bayam sebagai sayuran untuk lancar ASI. Bayam kaya akan kandungan kalium dan vitamin A yang dibutuhkan tubuh.

3. Wortel

wortel
kompas.com

Selanjutnya ada sayuran favoritnya para kelinci. Apalagi kalau bukan Wortel yang identik dengan warna oranya ini.

Sayuran ini bisa dimasak, dimakan langsung atau dibikin juice. Tidak saja enak tapi kandungan baiknya juga sangat dibutuhkan tubuh khususnya bagi mereka yang tengah menyusui.

4. Asparagus

asparagus
simplyrecipes.com

Sebagai sayuran hijau yang kaya vitamin A dan vitamin K ini juga manjur sebagai alternatif untuk lancar ASI. Kandungan yang ada dalam Asparagus mampu menstimulasi hormon pendukung terbentuknya ASI.

Sayuran ini mudah diolah dan bisa disulap menjadi berbagai menu lezat lainnya. Tak ada salahnya juga mengkombinasikan sayur satu dengan yang lain bukan.

5. Labu

labu
klikhijau.com

Ternyata labu pun ampuh dijadikan sebagai sayuran pelancar ASI. Dimana bukan hanya dagingnya saja tapi hingga biji labu pun bisa diolah.

Kandungan baik yang ada selain zat besi antara lain protein, serat dan kandungan biokatif lainnya. Dengan semua manfaat baik itu masihkah akan enggan mengkonsumsi sayur labu.

6. Collard

collard
kafekepo.com

Bagi yang suka dengan sawi bisa jadi tak asing dengan Collard karena bentuknya mirip. Ternyata meski serupa mereka memiliki nama yang beda.

Bukan hanya itu saja tapi Collard juga kaya akan fitoestrogen, serat dan lain-lainnya. Semua itu sangat dibutuhkan dalam proses produksi ASI yang optimal.

7. Brokoli

brokoli
kompas.com

Khusus yang satu ini bisa jadi salah satu favorit saya. Dan uniknya begitu anak saya MPASI ia pun begitu doyan dengan brokoli.

Hanya saja untuk bayi tentu butuh cara khusus dalam mengolahnya. Tidak saja sebagai sayuran pelancar ASI tapi brokoli juga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

8.Daun Kari

daun kari
resepkoki.id

Mungkin daun kari di masyarakat kita jarang digunakan sebagai sayuran pelancar ASI. Namun faktanya daun kari pun bisa digunakan sebagai alternatif.

Hal ini telah dibuktikan dunia pengobatan tradisional dari India. Bukan hany bikin sayuran makin lezat tapi daun kari pun bisa meningkatkan jumlah produksi ASI secara alami.

9. Daun Katuk

daun katuk
bola.com

Khusus di tanah air bisa jadi daun katuk telah banyak digunakan sebagian masyarakat untuk meningkatkan jumlah ASI. Bahkan dari sejumlah penelitian yang dirilis Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebutkan apabila seorang ibu menyusui rajin mengkonsumsi daun katuk.

Dalam hal ini setidaknya 3×300 mg/hari selama 15 hari maka jumlah ASI akan meningkat hingga 50,7%. Kabar baiknya juga ternyata daun katuk tidak mengurangi kualitas ASI yang dihasilkan.

10. Daun Kelor

daun kelor
sehatq.com

Daun kelor seringkali dianggap tidak memiliki manfaat lebih. Namun faktanya ternyata daun ini bisa digunakan untuk memperlancar ASI.

Mengkonsumsi secara teratur, selain bisa memperlancar ASI daun ini juga mampu memperbaiki kualitas darah. Dalam hal ini tentu saja menstabilkan tekanan darah, gula darah sampai dengan mengatasi anemia.

11. Pare

pare
detik.com

Sayur yang satu ini terkenal pahit. Namun siapa sangka banyak orang yang menyukai dan mengolahnya.

Para ibu menyusui pun bisa menggunakan sayur ini untuk meningkatkan jumlah dan kualitas ASI. Sayur ini kaya akan fitonutrien, vitamin K, likopen, dan antioksidan.

12. Kemangi

kemangi
cnnindonesia.com

Sayur terakhir ini bisa jadi favorit semua orang karena memang selalu hadir sebagai lalapan. Selain lezat dan memberi aroma wangi ternyata sayur ini pun baik untuk meningkatkan jumlah ASI.

Rajin mengkonsumsi kemangi ternyata juga bisa mengatasi sembelit dan meningkatkan nafsu makan. Kamu yang memiliki bau badan pun bisa juga menggunakan sayuran ini untuk mengatasinya.

Selain 12 sayuran untuk memperlancar ASI diatas pastinya masih banyak jenis sayuran lainnya. Hanya saja belasan sayur diatas pastinya bisa menjadi pilihan utama.

Selain memang kaya dan efektif meningkatkan jumlah / kadar ASI. Sayuran tersebut juga mudah didapat dan harganya relatif murah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *