Pentingnya Tabungan Pendidikan Anak sebagai Jangkar Masa Depan

  • Whatsapp

Kini para orang tua telah mulai menyadari betapa pentingnya apa itu tabungan pendidikan anak. Wajar kemudian mereka berburu informasi terkait aneka pilihan tabungan pendidikan.

tabungan pendidikan anak
kanaljogja.id

Tujuannya agar mendapat pembanding dan referensi jenis tabungan pendidikan untuk anak yang paling baik itu apa saja. Maklum saja diluar sana bertebaran paket berkaitan dengan program pendidikan anak dan ternyata zonk kemudian.

Tak ingin ini terjadi maka pastinya para orang tua harus jeli melihat dan memilih tabungan pendidikan anak yang terbukti memberikan proteksi. Proteksi ini pastinya memberikan rasa aman bila suatu saat nanti terjadi sesuatu.

Anak tak perlu lagi risau dan berpikir dari mana uang didapat untuk menuntaskan pendidikan.

Mengenal Tabungan Pendidikan Anak

Sesuai dengan namanya, bisa jadi semua orang akan langsung mengenal maksud dan tujuan dari jenis tabungan ini. Secara sederhana tabungan pendidikan anak adalah salah satu jenis tabungan berencana yang dikhususkan untuk menyiapkan pendidikan anak dimasa yang akan datang.

Biasanya tenor dalam tabungan berjangka ini mulai dari 2 tahun hingga belasan tahun. Tujuan dari tabungan ini sudah pasti untuk lebih memberi kepastian anak dalam menempuh pendidikan.

Khususnya saat masuk perguruan tinggi kelak dimana biaya bisa dipastikan akan sangat tinggi. Selain itu jenis tabungan ini juga memberikan asuransi. Bilamana terjadi sesuatu maka anak tak perlu khawatir lagi dalam kaitan biaya pendidikan.

Berhubung tabungan ini terencana maka sudah pasti tidak bisa di ambil sewaktu-waktu karena harus disesuaikan dengan kesepakatan diawal. Semisal saat anak masuk SMP maka akan diambil sekian persen.

Saat masuk SMU sekian persen, untuk biaya kuliah sekian persen hingga uang bulanan dalam satu semester selama kuliah akan terencana sejak awal.

Berhubung jenis tabungan ini berbeda dengan tabungan pada umumnya maka perlu juga diketahui seluk beluknya. Jangan sampai asal pilih dan ternyata manfaatnya tidak optimal.

Yang perlu dipahami terkait tabungan pendidikan anak antara lain:

1. Bunga Ditawarkan

Seringkali orang menabung dan berharap bunga yang tinggi. Tak salah memang harapan ini hanya saja kurang tepat.

Hal ini tidak ada bank yang akan memberikan bunga besar untuk sebuah tabungan. Lain cerita bila uang tersebut masuk deposito maka keuntungan didapat akan lebih besar.

2. Biaya Administrasi

Sama seperti bank pada umumnya dimana jenis tabungan ini pun akan dikenakan biaya administrasi. Tiap pemberi tabungan pendidikan sudah pasti berbeda-beda karena mereka memiliki acuan tersendiri.

Jangan pernah anggap sama meski produk ditawarkan berbeda. Perbedaan ini biasanya juga akan berkaitan dengan benefit dan fasilitas di dapat oleh nasabah.

3. Manfaat

Sesuai dengan namanya jenis tabungan ini yang dijual adalah manfaat bagi pemilik tabungan untuk lebih leluasa mengatur biaya pendidikan anak. Jangan sampai nanti penghasilan tidak meningkat tapi ternyata biaya pendidikan anak tidak tercukupi.

Biasanya dalam tabungan ini selain mendapat uang kembali beserta bunga juga terdapat asuransi. Bilamana terjadi sesuatu pada orang tua dan kesulitan dalam menggerakkan roda ekonomi maka mereka akan membantu anak untuk tetap bisa meraih cita-cita.

Karena manfaat inilah kemudian banyak orang tua tidak ragu untuk memiliki tabungan pendidikan anak. Kita sadar betul tidak tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Namun yang pasti biaya atau dana untuk pendidikan akan terus meningkat. Oleh karena itu dibutuhkan satu cara atau alternatif yang bisa digunakan sebagai jangkar.

Tabungan yang bisa memberi rasa aman baik bagi anak maaupun para orang tua. Memastikan buah hati agar kelak proses menempuh pendidikan tidak ada hambatan berarti.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *