Empat Makanan Asli Kulon Progo Yang Terkenal

  • Whatsapp

Makanan asli Kulon Progo itu begitu melimpah dan pastinya harus dicoba saay berkunjung ke the Jewel of Java. Terbuat dari bahan sederhana tanpa pengawet membuat aneka olahan ini tidak bisa bertahan lama.

Dengan banyaknya pasar dan toko oleh-oleh, kini untuk menemukan kuliner khas tersebut tidaklah sulit. Bahkan ada satu tempat yang bisa menyajikan seluruh aneka olahan tersebut. Jadi buat kamu yang ingin berburu kuliner tidak perlu kuatir.

Tapi kalau mau benar-benar menemukan suasana asri bisa datang ke pasar tradisional. Biasanya yang masih menjajakan makanan ini dengan cita rasa tempo dulu adalah nenek-nenek yang dijual dengan bungkus daun.

Baca juga: 11 Kuliner Terbaik di Jogja

Berikut 4 makanan asli Kulon Progo yang harus dicicipi:

1. Geblek

geblek makanan asli kulon progo
wikipedia.org

Geblek adalah ciri khas atau kuliner khas Kulon Progo dan terbuat dari tepung tapioca dengan bumbu bawang putih. Bentuknya bulat-bulat berwarna putih dengan rasa kenyal atau alot.

Sangat nikmat saat disantap dengan pasangannya berupa tempe bengok. Untuk minumnya jangan lupa segelas teh nasgitel atau panas sepet legi lan kentel.

Baca Juga: Geblek Pari, Destinasi Khas Kuliner Kulonprogo

2. Tempe Benguk

tempe benguk kulon progo
karangsari-kulonprogo.desa.id

Tempe benguk ini pada prinsipnya sama dengan tempe pada umumnya, hanya saja bahan pembuatnya adalah tempe koro. Biasanya dimasak dengan cara di “sengek” atau bumbu santan.

Rasanya sangat gurih dan pas sebagai teman makan geblek. Dibeberapa pasar tradisional kita akan dengan mudah mereka yang menjajakn justru simbah-simbah.

3. Growol

growol kulon progo
goodnewsfromindonesia.id

Growol terbuat dari ketela singkong dengan rasa khas yang kadang bisa membuat seseorang nyengir karena aromanya. Tapi setelah mencoba pasti akan menghiraukan bau itu.

Sebelum pada proses penggilingan singkong akan dibersihkan kulitnya kemudian dicuci hingga bersih. Setelah itu direndam selama 3 hari baru diolah dan kemudian dikemas dengan keranjang bambu. Untuk ukuran makanan jadul growol termasuk bisa tahan lama karena bisa bertahan selama 4 hari.

4. Cenil atau Cetot

cenil kulon progo
jogjakartour.com

Memiliki ciri khas warna-warni dan bentuk lucu dengan taburan kelapa. Rasanya manis karena taburan gula pasir yang ada diatasnya.

Bentuknya saat ini tidak lagi monoton, bisa berbentuk bulat-bulat atau bisa juga berbentuk lonjong. Makanan unik ini terbuat dari sari pati ketela pohon. Di beberapa tempat ada yang mengatakan bahwa cenil ini memiliki nama lain cetot.

Selain 4 makanan asli Kulon Progo diatas sebenarnya masih ada beberapa kuliner lain yang tak kalah jadul dan terkenal. Tapi sebelum mencoba yang lain ada baiknya menuntaskan dengan 4 itu dulu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *