11 Kuliner Terbaik di Jogja Yang Harus Dicoba

  • Whatsapp

Jogja memang gudangnya kuliner, dari sekian banyak tempat makan setidaknya ada 11 kuliner terbaik. Setidaknya kalau ingin menuntaskan hasrat untuk memanjakan lidah harus mendatanginya satu-satu untuk kemudian dibandingkan dengan pesaingnya.

11 Kuliner terbaik di Jogja ini bisa menjadi referensi bagi siapa saja yang berkunjung ke Jogja. Tapi ingat jarak antara 1 lokasi dengan lokasi lain bisa mencapai puluhan kilometer sehingga butuh perjuangan.

Bacaan Lainnya

1. Angkringan Tugu/ Kopi Joss

kopi-jos-tugu-jogja
Instagram.com/syanti_ekasari

Siapa yang tak tahu dengan tempat ini. Warung sederhana yang bisa dibilang buka 24 jam ini selalu menemani warga Jogja dalam menghabiskan waktu. Tempatnya yang sangat strategis membuat Angkringan Tugu menjadi “jujugan” bagi siapa saja. Di tempat ini dari kalangan biasa hingga berduit bisa kumpul di tempat ini tanpa rasa canggung.

2. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

oseng-oseng mercon bu narti
kanaljogja,id

Ingin makan super pedas di tengah kota. Datanglang ke warung kaki lima oseng-oseng mercon Bu Narti. Letaknya benar-benar strategis. Dari titik nol kilometer Jogja tinggal ke barat sekitar 500 meter dan akan ditemukan deretan kaki lima. Ciri khas yang nampak adalah ramainya pengunjung yang duduk di trotoar. Selain itu tentu saja spanduk yang mudah terbaca dari jarak jauh.

3. Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung

 

Lokasinya memang agak di dalam karena ada di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul. Tapi jangan kuatir hasrat kuat para pecinta ayam goreng akan menuntun untuk sampai tujuan. Ayam goreng ala Mbah Cemplung ini telah teruji cukup lama karena telah puluhan tahun menemani pecintanya. Secara tampilan memang tak ada bedanya dengan masakan rumahan. Tapi bila masuk lidah baru tahu kaau itu menu hotel bintang lima.

4. Gudeg Manggar Srandakan

gudeg manggar
jogja.tribunnews.com

Biasanya gudeg dibuat dengan bahan nangka tapi apa jadinya bila dibuat dengan manggar kelapa. Ternyata dengan cara yang pas bahan ini bisa dibuat menjadi sesuatu yang special. Kalau ragu silakan datang ke Jalan Srandakan bantul dan temukan gudeg manggar. Gudeg ini juga salah satu menu kesukaan keluarga Kraton Jogja.

5. Bakmi Jowo Shibitsu

bakmi shibitsu jogja
yogyes.com

Tengah malam perut keroncongan bisa juga berkunjung ke jalan Bantul km 1 atau selatan pojok beteng kulon. Di tempat inilah para penggila bakmi jowo berkumpul. Dinamakan bakmi shibitsu karena penjual bakmi ini bisa dibilang tidak pernah berbicara dengan para tamu. Mereka lebih suka fokus untuk melayani dan membuat menu terenak.

6. Soto Ayam Madura Cak Yatim

Saat pagi hari dan tertarik untuk cari sarapan yang enak datanglah ke jalan Godean km 8. Di tempat ini berdiri warung kaki lima yang berjualan soto milik Cak Yatim. Rasanya yang benar-benar mantap membuat para pembeli rela antri untuk mendapatkan semangkuk soto ayam.

7. Warung Mbah Juri Kalibawang

Rekomendasi utama saat perut keroncongan bila berkunjung ke Kulon Progo sebelah utara. Di Kalibawang terdapat warung makan mbah Juri yang sangat terkenal. Menu utama yang bisa dipilih adalah mangut bader atau ikan air tawar duri lunak. Tapi kalau kurang suka bisa pesan menu yang lain karena warung di kampung ini memiliki menu yang sangat komplit.

8. Sate Pak Turut Gunung Kidul

Ingin sate kaya rasa bisa datang ke Wonosari ada sate pak Turut. Sate yang disajikan selain menggunakan kambing muda juga menggunakan resep keluarga yang tidak akan ditemukan pada warung sate lain. Bumbu tersebut berupa campuran berbagai empon-empon atau rempah-rempah. Praktis yang ada bukan hanya rasa sate pada umumnya tapi jelas sate cita rasa kelas tinggi.

9. Lotek dan Gado-Gado Colombo

Pas buat mereka yang vegetarian, ditempat ini pembeli bebas mengajukan request sesuai selera. Menu yang berasal dari sayuaran segar dan bumbu kacang ini tentu akan terasa segar saat di nikmati pada siang hari. Untuk menemukannya juga sangat mudah karena kini cabangnya telah mencapai puluhan dan tersebar di Jogja dan sekitarnya.

10. Mie Ayam Bu Tumini

Bila tertarik dengan mie kuat tempat ini harus didatangi. Mie ayam yang disajikan akan berbeda dengan mia ayam pada umumnya karean bumbu kaldu yang kuat. Selain itu memiliki rasa khas karena bumbu rempah yang begitu kuat. Letaknya sangat strategis karena berada di sebelah utara terminal Giwangan.

11. Mie Ayam Goreng Mekaton

Warung yang buka sangat singkat ini ada di Pasar Srikaton, Margokaton, Seyegan, Sleman. Kadang mereka buka jam 10.00 WIB pagi dan jam 13.00 WIB telah habis. Rasa dan ukurannya sangat khas karena mie dibuat sendiri dengan campuran telur bebek.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar