Gunung Sewu dan Sri Gethuk Kini Diakui Dunia Internasional

  • Whatsapp

Warga Gunungkidul pantas berbangga, pasalnya kini satu objek wisata andalan mereka masuk dalam jaringan taman geologi dunia yang diakui badan dunia dalam UNESCO Global Geopark. Objek wisata tersebut adalah Gunung Sewu yang terdapat di Desa Wisata Bleberan.

gunung sewu
tempo.co/pribadi wicaksono

Penetapan tersebut disampaikan Asia Pacific Geopark Networks di Jepang pada tanggal 19 September 2015 lalu. Diharapkan dengan adanya pengakuan level dunia ini akan semakin menggairahkan dunia wisata di Gunungkidul khususnya di Kecamatan Playen

Namun demikian khusus untuk Gunung Sewu Pemerintah Kabupaten Gunungkidul harus meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Wonogiri dan Pemerintah Kabupaten Pacitan. Hal ini dikarenakan bentang karst ini berada di tiga wilayah tersebut.

Sementara itu untuk Air Terjun Sri Gethuk tentu saja akan lebih membuatnya moncer. Semua itu tentu saja setelah beberapa waktu lalu digunakan untuk syuting film Hollywood dengan bintang kelas dunia Arnold Schwarzenegger.

Tak mudah untuk mencapai itu semua, hal ini dikarenakan pendaftaran Gunung Sewu sebagai bagian dari situs dunia telah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu.

Pada 2014 silam tempat ini juga pernah didaftarkan tapi di tolak. Kala itu pihak Global Geopark Network memberikan beberapa catatan yang perlu diperbaiki.

Catatan tersebut salah satunya kurangnya papan penunjuk, kurangnya sosialisasi kepada dunia pendidikan, kurangnya koordinasi antar pemkab dan beberapa catatan yang lain. Tapi kini semua tentu patut tersenyum lega.

Secara lebih terperinci disebutkan penundaan ini karena ada sembilan catatan yang harus diperbaiki. Mulai dari penambahan papan penujuk, sosialisasi kepada sekolah, dan penandatanganan dokumen tiga kabupaten dan tiga provinsi.

UNESCO Global Geopark

UNESCO Global Geoparks (UGG) itu sendiri adalah area geografis terpadu yang mana situs dan lanskap geologi dikelola dengan konsep yang sangat baik. Di dalamnya termasuk perlindungan holistik, pendidikan dan pembangunan berkelanjutan. Pendekatan yang mereka lakukan mulai dari bawah ke atas.

Saat ini setidakny ada 120 UGG yang tersebar di 33 negara. Dari jumlah itu setidaknya ada 5 di tanah air. Selain Gunung Sewu masih ada Kaldera Toba di Medan, Ciletuh di Sukabumi, Gunung Rinjani di Lombok dan Batur di Bali.

Jadi buat kamu yang ingin satu objek wisata kelas dunia tidak perlu pergi jauh. Cukup ke Gunungkidul maka kamu sudah bisa mendapatkannya.

Gunung Sewu Sebagai Geopark Kelas Dunia

geopark gunung sewu
sportourism

Luar biasa, ternyata Gunung Sewu itu memiliki 33 lokasi geosite dengan luas mencapai 1.802 km persegi yang tersebar di 3 wilayah. Dan masing-masing daerah memiliki geosite sendiri. Gunungkidul terdapat 13 lokasi, Wonogiri ada 7 lokasi dan Pacitan 13 lokasi.

Banyaknya geosite tentu membuat tempat ini menjadi satu kawasan yang lengkap. Dimana terdapat objek wisata pantai, goa dan pastinya gunung itu sendiri. Selain itu masih ada industri kreatif dari masing-masing wilayah.

Selain kata akan batuan berusia ribuan tahun di tempat ini juga kaya akan potensi wisata arkeologi, ekologi, dan budaya. Jadi saat kamu berkunjung ke sini jangan lupa eksplore keindahan lainnya.

Air Terjun Sri Gethuk

air terjun sri gethuk
njogja.com

Lebih spesifik saat kamu ada di Gunungkidul maka hendaknya ke Air Terjun Sri Gethuk. Lokasinya ada di desa wisata Bleberan.

Tempat ini makin dikenal dunia karena pada akhir tahun 2014 silam digunakan untuk syuting film Hollywood dengan bintang utama Arnold Schwarzenegger. Jadi kalau kamu sudah nonton film Beyond Skyline dan penasaran seperti apa maka buruan datang langsung saja.

Di sekitar objek wisata ini juga terdapat berbagai objek wisata menarik lainnya seperti Goa Rancang Kencono. Bahkan untuk air terjun masih ada banyak pilihan lainnya yang sayang kalau terlewatkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *