Gua Rancang Kencono Gua Bersejarah Sarat Makna Yang Telah Ada Sejak Jaman Prasejarah

  • Whatsapp

Gua Bersejarah di Bawah Naungan Pohon Klumpit Raksasa, kalimat itu tak akan mudah dilupakan bagi mereka yang berkunjung ke Gua Rancang Kencono Gunungkidul. Tempat yang dipercaya memiliki nilai sejarah yang cukup kuat dan harus di sambangi.

gua rancang kencono
wisatajogjaku.com

Rekomendasi terbaik manakala anda sedang berlibur di Air Terjun Sri Gethuk. Gua Rancang Kencono ini tak boleh terlewatkan karena lokasinya tidak terlalu jauh. Menjadi pelengkap tentunya setelah bermain di keindahan air terjun kemudian melakukan susur gua.

Gua Rancang Kecono ini tepatnya ada di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul. Gua ini bukan hanya memberikan keindahan tapi sarat dengan sejarah. Pasalnya patut diduga bahwa gua ini telah ada dan digunakan sejak masa pra sejarah.

Selain itu masa kerajaan Mataram juga digunakan. Bukan hanya untuk tinggal tapi juga untuk berkumpul dan membahas kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu dinamakan Gua Rancang Kencono atau gua untuk merancang demi kebaikan yakni mengusir pejajahan Belanda.

Keunikan lain yang ada pada gua ini adalah adanya pohon Klumpit yang diduga telah berusia ratusan tahun. Pohon yang ada di dalam gua ini menjulang tinggi hingga keluar gua seolah ingin memperlihatkan kekokohannya.

Memasuki gua ini sangatlah mudah, tidak perlu peralatan khusus seperti tali temali atau single rope technic. Cukup menuruni tangga yang ada maka sudah bisa masuk area gua. Perlu diperhatikan meski demikian tetap menggunakan usaha yang sedikit ekstra karena harus menunduk.

Tapi dibutuhkan napas yang panjang karena di dalam gua cukup lembah dan pengap. Jangan kaget pula bila melihat ke dalam nya akan terdapat lukisan merah putih dan beberapa kata heroic yang mampu membakar semangat untuk terus berjuang.

Gua ini konon sudah sedikit berubah dengan gua pada jaman dulu. Ada sebagian yan telah runtuh atau rusak. Kini tugas bagi siapa saja yang berkunjung untuk senantiasa menjaga keasriannya.

Berdasar informasi yang ada pula diketahui bahwa gua ini bila ditelusuri akan sampai di Air Terjun Sri Gethuk. Namun perlu pembuktian lebih lanjut pasalnya berkunjung ke gua ini juga berada diarea sekitar pintu masuk saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *