Gurihnya Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung Jogja

  • Whatsapp

Nama tenar Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung tentu sudah diketahui banyak pihak. Meski lokasinya jauh dari kota warung sederhana ini seolah memiliki magnet yang kuat untuk menyedot pembelinya.

ayam goreng jawa mbah cemplung
nitaangel.wordpress.com

Bagi orang yang belum pernah berkunjung mungkin akan sedikit kesulitan. Karena lokasinya berada di tengah perkampungan, jauh dari keramaian kendaraan. Yang ada justru daerah perbukitan yang lebih dikenal sebagai makam orang Cina.

Lokasi warung makan ini ada di Dusun Sembungan, Desa  Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Bantul. Mudahnya tempat ini bisa dituju masuk dari jalan Lingkar Selatan menuju Pabrik Gula Madukismo kemudian belok kanan hingga ketemu jembatan.

Dari jembatan yang ada bekas rel ini belok kiri dan terus ke selatan dan nanti lokasi warung sederhana ini ada disebelah kanan jalan. Bila masih bingung juga ada baiknya untuk bertanya ke penduduk setempat daripada acara berburu kuliner gagal karena tidak ketemu lokas dicari.

Baca juga: 4 Warung Ayam Geprek Super Pedas di Jogja

Asal Usul Nama Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung

Cemplung sendiri tak lain adalah nama kampung dimana Mbah Rejoinangun selaku pemilik resep dilahirkan. Penggunaan nama unik tersebut tentu menjadi strategi marketing yang layak diacungi jempol.

Selain mudah diingat tentunya akan memberi kesan berbeda. Suatu pembeda dengan para pesaing yang ada sehingga akan selalu ada dalam ingatan pelanggan setia.

Terbukti selama 3 dekade warung makan yang ada di pelosok ini bisa bertahan dan pelanggannya semakin banyak. Memberikan sensasi yang berbeda menikmati ayam kampung diolah dengan cara kampung dan dimakan diperkampungan.

Sepintas ayam goreng yang disajikan tak ada bedanya dengan ayam goreng yang dimasak di rumah. Hanya saja beda itu akan muncul saat ayam disobek dan masuk ke mulut. Teknik menggoreng yang sempurna, bagaimana ayam bisa matang seutuhnya tapi tidak kering.

Bumbu yang ada pada masakan juga mampu meresap dengan baik. Rasa yang ada akan semakin kuat saat dicocol dengan sambal yang disediakan.

Sambal Pelengkap Ayam Goreng Mbah Cemplung

Meski hanya ada dua jenis sambal yang disediakan rumah makan Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung tapi itu dirasa sudah cukup. Bagi yang ingin rasa pedas bisa pilih sambal mentah dan bila ingin sambal yang tidak terlalu pedas bisa pilih sambal matang.

Ayam goreng yang dijual hanyalah ayam kampung yang berkualitas. Maksudnya hanya menggunakan ayam kampung yang dipelihara secara tradisional, tanpa obat dan dibiarkan berkeliaran untuk mencari makan.

Berat ayam yang digunakan pun harus pas. Tidak boleh kurang dari 1 kilogram karena terlalu kurus dan tidak boleh pula terlalu gemuk atau lebih dari 2.5 kilogram. Dengan demikian dipastikan hanya ayam sehat dan terbaik yang digunakan.

Menu pelengkap untuk menyantap ayam goreng selain sambal adalah lalapan. Bila ingin lauk tambahan bisa memesan tempe goreng. Sekilas tempe garit yang disajikan juga biasa saja, tapi lagi-lagi rasa istimewa itu muncul saat ada di dalam mulut.

Bagi yang belum mencoba silakan nikmati kelezatannya dan berikan penilaian. Apakah warung makan Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung ini benar-benar lezat atau biasa saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *