Pasar Satwa dan Tanaman Hias Pasty, Bukan Hanya Sekedar Pasar

  • Whatsapp

Lokasi yang satu ini paling banyak di buru para pecinta binatang dan tanaman hias. Di area yang strategis Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasty) memberi oase bagi mereka yang memiliki hobi dengan kecantikan.

Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta
wikipedia.org

Lokasinya ada di Jalan Bantul KM 1, Dongkelan, Mantrijeron, Jogja. Mudahnya bila dari Pojok Beteng (Jokteng) Kulon ke selatan sedikit maka nanti akan ditemukan pasar unik itu.

Pasar ini terbagi dalam 2 zona, yakni zona satwa atau fauna di sebelah timur. Sementara itu ada zona tanaman hias atau flora di sebelah barat jalan.

Pasar ini merupakan pindahan dari pasar hewan yang ada di Ngasem. Pasar yang terletak di area jero beteng kraton ini dipindah karena area pasar yang masuk wilayah Taman Sari dipugar dan dikembalikan pada kondisi semula.

Baca juga: Pasar Kangen Jogja

Perjalanan Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta

Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta atau Pasty resmi dipindah dari Pasar Ngasem sejak 22 April 2014 lalu. Prosesi pindahnya cukup megah dengan adanya kirab budaya yang diikuti 287 pedagang.

Sebelum resmi bernama Pasty tempat ini telah dikenal publik dengan nama Bursa Agro Jogja dimana dagangan yang dijual pada waktu itu tidak jauh beda.

Tata kelola pasar ini telah jauh lebih baik dari sekedar pasar hewan. Di mana aspek memanjakan dan memudahkan pengunjung  terlihat jelas. Jadi siapapun yang berkunjung akan dibuat nyaman seolah tidak sedang di pasar melainkan di kebun binatang.

Pasar Sekaligus Tempat Rekreasi Murah Meriah

Dengan tidak mengesampingkan fungsi utama sebagai pusat jual beli. Pasar flora dan fauna ini juga bisa dijadikan tempat rekreasi. Bukan hanya sekedar refresing tapi di tempat ini bisa juga dijadikan tempat edukasi untuk anak-anak.

Bagaimana memperkenalkan berbagai satwa yang ada dengan segala keindahan baik itu warna, gerak atau suara. Selain itu juga banyak tanaman hias yang dijual di tempat ini tentu akan memperindah bila ditanam di rumah.

Bagi mereka yang hobi fotografi ada baiknya berburu spot menarik di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta. Banyak gambar menarik yang bisa di ambil dari seluruh dagangan yang ada.

Bila ingin lebih optimal datanglah pada hari Minggu. Pada hari libur tersebut sering diadakan berbagai kegiatan seperti lomba kicau burung dan aneka kegiatan yang lain.

Banyaknya pedagang dan pembeli burung di pasar ini tak lepas dari jumlah pehobi burung di Jogja. Hal ini membuat suasana pasar selalu meriah. Bukan hanya mereka yang berasal dari seputar Jogja yang datang.

Tapi di tempat ini banyak di temukan warga luar Jogja hingga warga negara asing. Membaur menjadi satu hanya karena ada kesamaan hobi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *