Kota Jogja Berpotensi Raih Predikat Kota Cerdas 2015

Pasca pengumuman hasil Ujian Nasional SMA sederajat Jumat lalu, Kota Jogja mendapat kabar gembira setelah masuk nominasi Kota Cerdas 2015. Bukan tanpa alasan pasalnya dalam babak awal ada 90 kota di Indonesia yang masuk penilaian.

tugu jogja
sportourism.id

Kini dalam babak penjurian Kota Jogja tela menyisihkan 58 kota dan masih harus mengalakan 31 kota yang lain. Meski masih cukup panjang tapi Kota Jogja optimistis akan mendapat hasil terbaik.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Bagian Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (TIT) Setda Kota Yogyakarta, Sukadarisman kepada KR Jogja pada Minggu (17/5/2015) malam. Menurutnya berbagai variable yang ada dalam penilaian dimiliki Kota Jogja.

Variable yang dimaksud antara lain cerdas ekonomi, cerdas social dan cerdas lingkungan. Salah satu bentuk cerdas ekonomi adalah kebijakan terkain pengembangan UMKM dan perbaikan kesejateraan masyarakat.

Sementara itu untuk cerdas social dapat dilihat pada kebijakan terkait bidang pendidikan dan kesehatan masyarakat. Contoh paling mudah yakni pada pemanfaatn teknologi informasi. Dan terakhir yang dimaksud cerdas lingkungan dapat dilihat pada kebijakan terkait penanganan polusi baik itu pada tanah, air maupun udara.

Masih menurut Sukadarisman, para tim penilai yang berasal dari ITB dan lembaga swasta ini telah datang ke Jogja. Dan pihaknya telah menunjukan berbagai kebijakan dan pemanfaatn teknologi yang ada. Berbagai inovasi yang telah dilakukan juga telah ditunjukan pada tim juri.

Tiga variable yang dilombakan terlihat jelas ada dibeberapa instansi atau dinas. Beberapa dinas yang dijadikan percontohan antara lain adalah Dinas Perizinan, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Sementara itu dari lembaga kesehatan di wakili oleh Puskesmas Umbulharjo II.

Adapun pengumuman mana yang terbaik dan dinyatakan sebagai Kota Cerdas 2015 masih akan menunggu beberapa bulan lagi. Pasalnya pihak panitia baru akan mengumumkan pada bulan Agustus 2015 nanti.

Nominasi ini tentu saja semakin mengukukan Kota Jogja sebagai kota yang melek teknologi. Beberapa waktu yang lalu Kota Pelajar ini juga menyabet sebagai yang terbaik dalam IDSA 2015

Tak hanya itu saja konsep Smart City juga telah digalakkan untuk kehidupan yang lebih baik. Dimana teknologi tepat guna telah mulai dijalankan dalam berbagai aspek kehidupan.

Pos terkait