Lodho Ayam Kuliner Khas Trenggalek Bisa Didapat di Jogja

  • Whatsapp

Lodho Ayam memang bukan kuliner asli Jogja. Tapi menu ini mampu bersaing dan bertahan dengan kelezatan yang ditawarkan. Sesuatu yang beda dari yang biasa karena kuliner ini sejatinya berasal dari Trenggalek Jawa Timur.

travelokia.com

Salah satu penjual paling populer di kota pelajar ini adalah Warung Lodho Ayam yang ada di Jalan Gito Gati, No 100, Sleman. Lokasinya paling mudah dijangkau dari perempatan Beran atau Denggung ke timur dan nanti akan ditemukan bangunan unik dengan papan nama bertuliskan Lodho Ayam.

Atau bila berangkat dari tengah kota bisa melalui jalan Palagan di depan Hotel Hyett. Nanti bila ketemu perempatan pertama dengan lampu pengatur lalu lintas ambil arah kiri dan warung makan ini akan ketemu.

Hal ini karena bangunan yang ada juga memiliki ciri khas layaknya rumah di Trenggalek di mana Lodho Ayam ini berasal. Seolah membawa siapapun yang menikmati menu akan semakin lengkap luar dalam.

Kuliner ini sangat cocok bagi siapa saja yang menyukai rasa pedas karena pada lazimnya daging ayam yang dioleh dominan dengan rasa pedas. Sepintas akan terlihat seperti masakan kare atau kuah santan. Tapi begitu masuk lidah baru terasa bahwa ini bukanlah kare.

Berhubung kuliner ini berasal dari Trenggalek otomatis warga perantauan yang berasal dari Jawa Timur ini akan sering ke sini. Seolah untuk menuntaskan hasrat akan kelezatan kuliner asli kampung halaman tentunya.

Bila anda adalah salah satu pemburu kuliner ada baiknya untuk memesan satu set Lodho Ayam. Artinya dalam menikmati menu ini juga disertai dengan nasi gurih dan urap. Hal ini karena ditempat asalnya kuliner ini bila disajikan dalam hajatan senantiasa dilengkapi dengan sego gurih dan aneka sayur yang dibumbui dengan parutan kelapa dan cabai merah.

Jangan lupa untuk meminta kuah bila terlupakan. Menjadi kombinasi yang sangat luar biasa bila dihidangkan dalam keadaan panas. Soal harga juga masih bersahabat karena tak jauh beda dengan masakan pada umumnya.

Proses pembuatan makanan ini membutuhkan waktu yang lumayan lama. Terlebih pada proses pengasapan yang bisa memakan waktu berjam-jam. Pengasapan ini selain memperkuat citarasa yang ada juga mampu sebagai bahan pengawet alami. Jadi ayam yang diolah akan tetap terasa fresh.

Kalau tertarik dengan lodho tongkol di tempat ini juga disediakan. Rasanya sama-sama mantap, hanya bahan pembuatnya yang aslinya menggunakan ayam diganti dengan ikan tongkol.

Di Sleman atau sisi utara Jogja masih ada beberapa tempat makan yang rekomended banget. Sebut saja ada Warung Soto Cokro Kembang, Kampung Jawa, dan masih banyak lagi dimana satu sama lain memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *