Sandboarding Hanya Ada di Gumuk Pasir Parangkusumo

  • Whatsapp

Gumuk Pasir Parangkusumo menjadi lokasi paling populer untuk kegiatan sandboarding di tanah air. Hal ini karena gumuk pasir jumlahnya tidak banyak di dunia. Khusus di Indonesia gumuk pasir Parangkusumo adalah satu-satunya yang bisa digunakan.

snowboarding parangkusumo
instagram.com/aglaartalidia

Lokasinya ada di kawasan Pantai Parangkusumo atau diantara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Untuk menuju tempat ini juga sangat mudah karena jalur yang harus dituju tidaklah sulit.

Bila memang ingin bermain sandboarding selain membawa papan luncur ada baiknya membawa peralatan yang memadai. Minimal harus ada pelindung kepala, siku dan dengkul. Akan lebih baik bila mengenakan kacamata safety, selain melindungi mata dari pasir juga tidak akan silau terkena paparan sinar matahari.

Di tempat ini juga sering digunakan untuk lokasi syuting berbagai film dan video klip. Hal tersebut tentu sangat beralasan karena tempat ini menjadi salah satu tempat yang jarang ada didunia.

Selain itu tak jarang para fotomodel juga biasa melakukan pemotretan di tempat ini. Tak salah memang bila ada rencana prewedding bisa dicoba ditempat ini. Yang penting siapkan diri bila harus berpanas-panas ria.

Kalaupun tidak ada niatan untuk melakukan hal-hal diatas cukuplah melihat-lihat apa yang ada. Cukup menyiapkan smartphone kesayangan untuk mengambil berbagai foto dari aktitifitas pengunjung yang lain.

Konon ada sejumlah peneliti yang mengatakan gumuk atau gunung pasir adalah sebuah keajaiban alam karena terbentuk dengan proses alam yang unik. Tempat ini telah diteliti sejak jaman Belanda menjajah Indonesia dan masih terus berlangsung hingga sekarang.

Pasir halus ini sebenarnya adalah material dari abu vulkanik yang terbawa arus sungai Opak yang mengendap. Endapan yang telah berlangsung sangat lama ini kemudian terbawa ombak dan muncul dipermukaan.

Saat ada angin maka butiran pasir lembut ini akan beterbangan dan membentuk suatu pola yang sangat indah. Bagaikan sebuah lukisan raksasa semua ini akan terlihat dengan jelas dan akan membuat decak kagum siapapun yang melihatnya.

Berada di kawasan berpasir ini akan terasa sangat panas di siang hari. Hal ini karena pasir mampu menyimpan udara panas itu. Sebaliknya bila pada malam hari udara akan menjadi lebih dingin dari biasanya.

Jadi bila memang penasaran bagaimana rasanya berada di gurun pasir ada baiknya datang ke tempat ini. Tiket yang dikenakan juga sangat murah karena retribusi satu paket dengan Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *