Lukisan 3 Dimensi Muncul Jelang 17 Agustus di Jalan ini

Berbicara tentang perayaan hari kemerdekaan Indonesia tidak melulu tentang upacara 17 Agustus. Banyak hal menarik muncul jelang peringatan dan salah satunya adalah lukisan 3 Dimensi di Gamping.

lukisan 3 dimensi nogotirto
krjogja.com

Persisnya di Perumahan Nogotirto 5 RT 05 RW 35, Desa Nogotirto, Gamping, Sleman. Di kampung ini warga bergotong royong menyulap jalan yang ada menjadi lukisan 3 Dimensi.

Dalam waktu sekejab bermunculan gambar yang seolah hidup. Tak ayal cat baru kering langsung digunakan untuk berfoto ria dan kemudian viral di dunia maya.

Setidaknya bila kini berkunjung ke Perumahan Nogotirto setidaknya akan ditemui gambar potongan (balok) kayu, permadani terbang, rubik, zebra cros, perahu, tumpukan batu disungai dan bisa jadi akan terus bertambah.

Bila kamu tinggal diseputaran Sleman, Jogja bolehlah datang sekedar untuk menikmati gambar yang dilukis dengan apik tersebut. Dikutip dari krjogja.com, Y Wibisono, selaku Ketua RT 05 mengatakan bahwa khusus di wilayah Gamping mungkin baru disini terdapat lukisan 3 dimensi.

Masih menurut Wibisono, jalan ini sengaja dipercantik dengan aneka gambar 3 dimensi khusus menyambut HUT RI ke-73 dan Asian Games 2018. Munculnya gambar dengan kreatifitas ini juga sebagai upaya untuk memenangkan lomba kebersihan jelang 17 Agustusan.

Munculnya gambar-gambar yang mampu mencuri fokus ini murni berasal dari warga. Proses pembuatan dan pendanaan juga berasal dari warga setempat.

Tak mudah memang membuat lukisan 3 dimensi. Butuh kesabaran dan perhitungan yang matang karena salah sedikit akan langsung terlihat tidak menarik.

Berdasar sumber yang dihimpun dari jogja.tribunnews.com sosok Anas-lah yang diketahui memiliki keahlian tersebut. Ia tak lain adalah seorang arsitek jadi paham betul tentang teknik menggambar 3 dimensi. Hanya kali ini menggunakan conblock sebagai media.

Bila ingin mendapat hasil optimal ada baiknya menggunakan beberapa teknik (angle) pengambilan gambar yang berbeda-beda. Bisa jadi bila salah dalam pengambilan gambar akan menghasilkan gambar yang kurang maksimal.

Di Jogja, sejatinya gambar 3 dimensi bukan hanya disini saja. Tapi juga akan ditemukan di De’ Mata Trick Eye Museum atau De Mata De Arca. Dilokasi ini akan ditemukan berbagai gambar 3 dimensi yang akan membuat siapa saja menjadi bagian dari gambar.

Pos terkait