Kopi Walik, Cara Beda Menikmati Segelas Kopi

Berkunjung ke Jogja dan menyambangi Kopi Jos itu sesuatu yang biasa. Kini ada menu sejenis yang tak kalah menggigit. Kopi Walik demikian banyak orang menyebutnya.

kopi walik jogja
@kopiwalik

Sesuai dengan namanya, disini Kopi Walik disajikan dengan posisi gelas yang terbalik (walik). Kopi hitam dinikmati dengan lepek memberi sensasi berbeda terutama panasnya kopi tidak akan menyengat lidah.

Untuk menikmati suguhan Kopi Walik kamu harus berkunjung ke Jalan Alun-Alun Utara No.1, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Pas tentunya bila berkunjung ke pusat Kota Budaya.

Mengistirahatkan kaki sejenak usai jalan-jalan di sepanjang Malioboro, Kraton Jogja ataupun Kawasan Nol Kilometer. Warung kopi ini akan melayani tamu mulai pukul 16.00 WIB hingga tengah malam.

Di Pendopo Kopi Walik Jogja selain bisa menikmati kopi hitam bisa juga mencoba kopi susu. Bahan utama berupa kopi robusta dari Temanggung. Namun, bila kurang suka dengan minuman berbahan dasar kopi bisa memilih minuman segar lain semisal jahe, teh, coklat atau variasinya.

Jadi mereka yang suka ngopi dan yang tidak suka pun bisa berkumpul disini. Lokasi yang strategis menawarkan pemandangan Alun-Alun Utara dan Kraton Jogjakarta.

Selain tersedia Kopi Walik juga terdapat beberapa menu menarik lainnya. Soal harga pun relatif bersahabat mulai dari Rp 4.000,- hingga Rp 35.000,- dan pas untuk kantong mahasiswa.

Aneka menu tersebut ada yang identik dengan Jawa banget semisal singkong atau pisang goreng. Ada juga menu berbahan dasar roti dan kentang. Dengan demikian siapa pun yang berkunjung akan menemukan alternatif.

Pun demikian dengan menu utama, selain nasi goreng dengan berbagai variasinya juga terdapat pasta dan steak. Tak lupa cobalah nikmatnya bakmi Jawa sembari bersantai.

Menurut penuturan si empunya, ide awal Kopi Walik adalah mengembalikan kenangan menikmati kopi tempo dulu. Dimana para orang tua pada jaman dulu ketika menikmati kopi dengan cara di balik dan diseruput.

Tak butuh keahlian khusus, hanya butuh kehati-hatian untuk dapat menikmatinya. Jangan sampai air kopi panas tumbah dan mengenai tubuh. Untuk lebih memberi kesan mendalam, tempatnya pun berupa pendopo atau bangunan rumah tempo dulu dengan view Kraton.

Jadi buat kamu yang kebetulan sedang ada di Jogja harus membuat agenda untuk mengunjungi lokasi unik ini.

Pos terkait