Manfaat Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

Satu tahun lebih pandemi melanda dan selama itu pula kita harus ekstra hati-hati. Menjadi penting bagi siapa saja untuk memahami manfaat pola hidup sehat di tengah pandemi.

manfaat pola hidup sehat
kanaljogja.id

Bukan tanpa alasan, tanpa pandemi saja pola hidup sehat benar-benar harus diterapkan. Terlebih di masa pandemi yang bisa saja rentan membuat daya tahan atau sistem imunitas menurun.

Pola hidup sehat bukanlah proses instan. Ada jalan panjang untuk mencapai itu semua. Dibutuhkan konsistensi untuk bisa mengatakan yes or no atas sebuah pilihan.

Semisal saat ini dimana menggunakan masker adalah sebuah keharusan. Berbeda dengan 2 tahun lalu, bisa jadi mayoritas diantara kita enggan menggunakannya.

Dan sekarang hal itu menjadi keharusan. Harus menjadi gaya hidup di era normal baru bila tidak ingin terpapar.

Dulu bisa jadi kita sering nongkrong bersama-sama di sebuah mall atau kafe. Tapi kini bisa jadi kegiatan tersebut sudah tidak bisa dilakukan lagi.

Ingat protokol kesehatan dengan 5M mulai dari rajin mencuci tangan, mengenakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan hingga mengurangi mobilitas. Semua itu harus dilakukan dengan disiplin bila tidak ingin masuk dalam daftar penyintas.

Manfaat Pola Hidup Sehat

Ada banyak manfaat pola hidup sehat bagi mereka yang mau menjalankan. Ingat dengan pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Demikian pula dalam konsep manfaat pola hidup sehat. Bila tidak ingin keluar biaya banyak untuk berobat atau mengembalikan kondisi tubuh seperti semula maka pastikan tubuh tetap dalam kondisi prima.

Salah satunya dengan menjalani gaya hidup sehat. Menjalankan satu perilaku kenormalan dengan memperhatikan faktor kesehatan.

Dikutip dari situs lifebuoy.co.id setidaknya ada beberapa manfaat ketika kita bisa menjaga pola hidup sehat. Dan berikut diantaranya:

1. Menjaga Imunitas Tubuh

Seperti yang sudah disampaikan diatas bahwa saat ini menjaga sistem imunitas tubuh adalah satu hal yang sangat penting. Menjaga agar jangan sampai tubuh drop dan kemudian terserang virus dan kuman berbahaya.

Imunitas tubuh yang baik hanya dimiliki oleh mereka yang bersedia menjalankan gaya hidup sehat. Ciri yang paling nampak adalah rajin mengkonsumsi makanan yang segar dan berkualitas, cukup istirahat dan rajin berolahraga.

Ada banyak faktor yang menyebabkan sistem imunitas menurun. Namun ada banyak cara pula bagi siapa saja untung meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Mereka yang miliki gaya hidup sehat dengan perilaku sehat memiliki kecenderungan miliki berat badan ideal. Tidak ada kata terlalu kurus atau terlalu gemuk tapi yang ada adalah ideal atau proporsional.

Selain itu tubuh juga tidak mudah terserang berbagai penyakit kronis. Sebut saja diabetes, stroke atau jantung masih menjadi momok bagi mereka yang tidak miliki bentuk tubuh ideal.

Khususnya mereka yang terlalu gemuk maka harus lebih ekstra waspada. Bisa jadi dalam tubuh bukan hanya ada tumpukan jaringan lemak tapi lebih dari itu adalah deretan penyakit berbahaya.

3. Menjaga Stamina Tubuh

Seseorang yang miliki gaya hidup sehat maka biasanya juga akan mampu menjaga stamina tubuh. Mereka ini akan termasuk pada orang-orang yang tidak mudah lelah.

Stamina seseorang akan sangat terlihat ketika mereka beraktivitas. Dalam kondisi kurang baik mereka yang abai dengan kesehatan akan cenderung lebih cepat lelah.

Stamina tubuh yang baik mampu menjaga metabolisme dalam tubuh bekerja dengan sempurna. Tidak ada sumbatan atau gagal proses sehingga fungsi tubuh tidak bisa bekerja dengan baik.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Saat ini kesadaran masyarakat akan kesehatan begitu tinggi. Mereka bukan lagi hanya memperhatikan faktor kesehatan fisik semata.

Lebih dari itu juga bagaimana menjaga kesehatan mental. Seringkali tubuh lemah itu bukan karena fisik yang sakit tapi karena ada rasa tidak percaya diri.

Dengan cepat energi tidak baik ini akan memengaruhi tubuh dan akhirnya sistem imunitas menurun. Mental yang kurang terjaga ditandai dengan adanya stres atau rasa tidak nyaman berlebihan sehingga mengganggu produktivitas.

5. Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat lain dengan menjaga gaya hidup sehat pastinya adalah adanya perbaikan akan kualitas tidur. Dimana tidur bukan hanya mengistirahatkan tubuh atau fisik semata.

Lebih dari itu adalah bagaimana mendapat kualitas tidur yang sempurna dimana tubuh dan pikiran bisa diistirahatkan untuk barang sejenak. Idealnya manusia dewasa dalam satu hari tidur selama 8 jam.

Namun bila ternyata kurang dan semisal hanya dapat 5 jam tapi kualitas di dapat tak jauh beda dengan 8 jam. Semua itu hanya bisa didapat oleh mereka yang konsen akan kesehatan dan gaya hidup yang baik.

Dengan mengetahui semua manfaat pola hidup diatas masihkah akan abai? Ingat pandemi belum berakhir dan bila kita sakit maka akan butuh biaya banyak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *