Mengenal i7 sebagai Sistem Manajemen Pergudangan Efektif

Kita tentu sudah tidak asing dengan apa yang namanya Enterprise Resource Planning atau ERP karena sebelumnya saya pernah mengulas secara umum. Namun kali ini saya ingin lebih mendetailkan sistem manajemen pergudangan.

Enterprise Resource Planning sistem manajemen pergudangan
freepik.com

Satu yang telah diakui dunia, ERP yang sangat efektif untuk mengelola atau manajemen pergudangan sudah pasti ada i7 dari SystemEver. Dirancang secara khusus untuk menjawab kebutuhan manufaktur khususnya bidang pergudangan.

Produk yang bisa di seting sesuai dengan kebutuhan membuat akurasi data kian sempurna. Tidak ada miss atau selisih, dimana semua stok akan terdata menggunakan konsep FIFO atau first in first out.

Dengan i7 series maka semua kegiatan manajemen pergudangan akan terintegrasi secara menyeluruh. Dimana proses pengelolaan keuangan sampai dengan akuntasi, pengadaan barang, proses produksi, pembelian bahan baku, pengelolaan sumber daya manusia, ekspor impor bisa tercatat dengan rapi.

Semua data terintegrasi dan akan langsung bisa ditarik sesuai kebutuhan. Sangat praktis dan memudahkan berbagai proses yang sebelumnya manual dan tidak terintegrasi satu sama yang lain.

Bukan hanya akurat tapi benar-benar real time dan hal ini tentu akan bisa digunakan untuk menjaga tidak ada barang yang tersimpan sia-sia. Selanjutnya proses pengambilan bisnis akan lebih mudah karena disertai data yang sesungguhnya.

Sistem Manajemen Pergudangan yang Efektif

Sistem manajemen pergudangan hanya akan bisa dikatakan efektif bila bisa meminimalisir kerugian atau kehilangan yang tidak perlu. Dengan demikian perusahaan bisa mengoptimalkan aset yang ada untuk meningkatkan profit.

Ada banyak cara untuk menciptkaan tata kelola atau sistem manajemen pergudangan yang baik. Salah satu contoh paling mudah tentu saja dengan ERP. Dimana produk ini bisa di-custum sesuai engan kebutuhan.

Salah satu sistem cloud ERP terbaik yang ada di tanah air tentu saja SystemEver. Dimana mereka hadir untuk membantu para pelaku usaha untuk bekerja efektif.

Kelebihan i7 dari SystemEver

Ada banyak kelebihan sehingga produk ini menjadi primadona dalam kaitan manajemen pabrik. Terintegrasi satu sama lain yang kemudian bisa digunakan untuk melihat kondisi dengan “helicopter view.”

Mudah digunakan dan suport berbagai bahasa. Tidak butuh orang yang ahli untuk menggunakan sistem ini. Cukup training sepintas dan langsung bisa digunakan.

Paling penting adalah proses seting di awal. Dimana semua data harus terinput dengan baik. Salah input akan menjadi masalah di kemudian hari.

Efektif dan efisien tentu menjadi 2 kata yang sangat diidamkan para pelaku usaha. Dua hal ini pula yang akan dihadirkan SystemEver i7 Series untuk mengelola sistem manajemen pergudangan yang apik.

Keuntungan paling nyata dalam sistem ini akan langsung terlihat pada sisi keuangan dan pengelolaan sumber daya manusia. Dimana pada sisi keuangan tidak ada salah pencatatan atau transaksi.

Khususnya pada sisi pembelian dan penjualan. Semua bisa tercatat dengan sangat rapi dan laporan di hasilkan begitu mudah dibaca dan pahami.

Selanjutnya pada sisi pengelolaan sumber daya manusia. Dimana semua data karyawan bisa terrekam dengan baik.

Memudahkan dalam menghitung lembur, jam kerja hingga pengaturan shift atau jam kerja. Dengan demikian saat proses penggajian angka di dapat akan akurat sesuai fakta di lapangan.

Baca juga: ERP Managemen Inventory Terbaik SytemEver Indonesia

Mereka yang harus Beralih ke i7

Pertanyaan berikutnya adalah siapa sebenarnya yang harus beralih ke i7 series. Jawaban yang ada tentu saja sangat sederhana.

Dimana produk ini sangat tepat diterapkan bagi pabrik yang sedang tumbuh. Khususnya mereka yang miliki gudang dengan stok barang sangat banyak.

Tanpa manajemen yang baik besar kemungkinan akan terjadi kerugian karena adanya perbedaan pencatatan. Tak mau ini terjadi maka i7 series adalah solusinya.

Selain mereka yang sedang berkembang, mereka yang disarankan untuk menggunakan produk berkualitas ini adalah pabrik yang miliki MPS (Master Production Schedule) dan BOM (Bill Of Material).

Pabrik yang miliki rencana produksi ketat dan cepat tentu butuh dukungan informasi yang akurat. Khususnya berkaitan dengan jumlah stok material yang ada.

Jangan sampai produksi terhenti yang diakibatkan kesalahan dalam pencatatan material. Bisa jadi karena miss informasi ini produksi harus dihentikan.

Bayangkan kerugian yang timbul akibat stop produksi padahal listrik dan biaya upah akan terus berjalan. Selain dua hal itu pastinya akan ada kerugian turunan lain yang akan timbul.

Dengan adanya ciri-ciri tersebut dan memilih abai maka siap-siap mimpi buruk itu akan muncul. Tata kelola pabrik dan pergudangan yang berantakan di depan mata.

Keuntungan Menggunakan Software ERP Manufaktur

Pencatatan baik itu manual maupun terintegrasi cloud pada intinya adalah mengamankan data. Selain itu mensinkronkan informasi agar mudah diolah.

1. Keamanan

Proses manual yang memakan waktu dan memiliki banyak kelemahan terutama terkait akurasi mulai ditinggalkan. Tak ayal sistem ERP pun menjadi solusi yang banyak dipilih.

Sistem ERP ini miliki banyak kelebihan sehingga diterapkan pada banyak industri / pabrik. Apapun bentuk perusahaan yang ada mereka telah beralih ke ERP.

Namun jangan salah, percaya dengan konsep the right man in the right place. Maka dalam kaitan tools atau sistem pun demikian.

Tidak bisa semua sistem ERP bisa dipaksakan menjawab kebutuhan. Tapi berbicara tentang sistem manajemen pergudangan maka i7 Series dari SystemEver adalah jawabannya.

Sistem yang bukan lagi di simpan dalam flashdisk atau sejenisnya. Sistem ini tersimpan dalam cloud dan bisa diakses oleh mereka yang berwenang atau memiliki otoritas.

2. Kelola Inventaris / Aset

Stok barang hingga paling kecil sekalipun harus terdata. Tidak ada stok atau material yang akan sia-sia.

Inventaris ini dimulai dari proses pembelian. Dimana satu material dengan material lain adalah 1 set atau 1 kesatuan.

Cara ini juga akan memudahkan dalam proses produksi mengingat masing-masing produk miliki segmen yang berbeda. Jangan sampai over produksi bila kemudian tidak bisa didistribusikan ke pasar.

3. Laporan Lengkap dan Akurat

Laporan yang lengkap dan akurat sangat disukai para pelaku usaha. Dengan data ini mereka bisa bersikap atau mengambil keputusan apa yang harus dilakukan berikutnya.

Bayangkan bila pemilik usaha tidak miliki data yang lengkap dan akurat. Bisa jadi ia tidak berani mengambil keputusan karena tidak ada data pendukung.

Efektivitas dan efisiensi serta produktivitas akan terlihat. Dengan semua itu akan memudahkan langkah dalam menyusun strategi ke depan harus seperti apa.

i7 Series adalah satu produk dari SystemEver yang difokuskan untuk manufaktur dan pergudangan. Selain itu mereka juga ada i1 untuk memudahkan para konsultan pajak dan akuntasi dalam kaitan pajak. Produk lainnya masih ada i5 yang diperuntukkan bagi perusahaan penjualan dan distributor.

Hadir sejak 2017 dan hingga kini senantiasa diterima dengan baik. Bukan hanya untuk industri besar saja tapi juga untuk UMKM.

Dalam perkembangannya semua produk SystemEver itu dibuat custom sesuai dengan kebutuhan usaha di tanah air. Dengan demikian akan sangat membantu pemilik usaha dalam menjalankan bisnisnya

Dengan semua kelebihan software ERP manufaktur tersebut tentunya tidak ada alasan untuk menolak. Kecuali tidak ingim bisnis tumbuh dan berkembang.

Terlebih software ini mampu menjadi sistem informasi manajemen yang akurat dan realtime. Memanjakan para pebisnis untuk tetap bisa memantau dimanapun kapanpun.

SystemEver Indonesia siap wujudkan kemudahan itu sekarang juga. #jadimudah https://systemever.co.id/id/join-partner.

Pos terkait