Manfaat Vaksin Sebelum Traveling, Baca Dulu Sebelum Jalan

  • Whatsapp

Pandemi belum berakhir dan kini hampir semua orang mulai menyadari betapa pentingnya sistem kekebalan tubuh. Wajar kemudian bila mereka yang pada awalnya tidak peduli kemudian mulai sadar betapa penting dan perlunya imunitas. Manfaat vaksin bukan hanya untuk saat ini saja tapi untuk jangka panjang, terutama bagi kamu yang suka traveling ke luar daerah.

manfaat vaksin
pixabay.com

Salah satu tindakan yang kemudian diambil tentu saja dengan memberikan vaksin sesuai dengan kebutuhan. Saat ini vaksin ada banyak jenisnya dan ada baiknya secara kesadaran penuh masing-masing melakukan vaksinasi sebagai tindakan pencegahan.

Semisal mereka yang akan melakukan traveling ke satu daerah semisal Papua. Wilayah ini dikenal sebagai satu daerah yang rawan dengan malaria.

Bahkan saat saya bekerja di sana ada guyonan. Jangan pernah ngaku pernah kerja dan tinggal di Bumi Cendrawasih bila belum terkena malaria.

Apalagi kamu yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri baik itu dalam rangka liburan atau tugas kerja. Bisa jadi daerah tersebut akan terasa asing bagi tubuh. Oleh karena itu tubuh membutuhkan sistem kekebalan yang lebuh baik.

Traveling pada umumnya hanya akan terjadi selama beberapa hari atau maksimal biasanya hanya satu atau dua pekan saja. Tak mau bukan tiba-tiba tubuh tak bisa kompromi dan kita harus meninggalkan sejumlah agenda karena tubuh kurang fit.

Manfaat Vaksin yang Harus Diketahui

Paling utama dan pertama vaksin itu perlu dilakukan baik bagi balita maupun orang dewasa karena ada sejumlah manfaat dengan adanya kegiatan ini. Bagaimana meningkatkan sistem imunitas dengan menyuntikkan bakteri baik ke dalam tubuh.

Manfaat vaksin secara umum:

1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa saat ini tingkat kesadaran warga akan pentingnya daya tahan tubuh makin terasa. Oleh karena itu banyak diantara mereka kemudian melakukan vaksinasi agar tidak mudah terserang penyakit.

Ingat, Covid-19 akan lebih mudah menyerang bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Oleh karena itu sedari sekarang jaga imunitas tubuh. Selain mengkonsumsi makanan sehat, menjalankan gaya hidup sehat ada baiknya pula untuk melakukan vaksin.

2. Mencegah Serangan Penyakit

Tubuh yang kuat pastinya tidak akan mudah terserang penyakit. Bagai memiliki benteng yang kuat, sehebat apapun musuh yang hendak masuk pastinya akan sia-sia.

Potensi penyakit yang ada di sekitar kita tentu macam-macam. Dari penyakit yang bisa saja karena lingkungan kotor, cuaca kurang bersahabat atau apapun itu. Tentu harus dicegah agar tidak masuk ke dalam tubuh.

3. Mencegah Risiko Cacat dan Kematian

Selain itu paling penting lainnya dari manfaat vaksin adalah mencegah risiko cacat atau kematian. Bila berbicara tentang Covid-19 tentu dengan mudah melihat banyak orang di sekitar kita yang meninggal. Mereka biasanya bukan murni karena Corona Virus tapi lebih karena memiliki penyakit penyerta.

Lain hal mereka yang sehat secara keseluruhan, meski terkonfirmasi positif tapi baik-baik saja. Orang-orang ini biasa kita kenal dengan sebutan Orang Tanpa Gejala (OTG). Hanya dengan isolasi mandiri pun mereka akan kembali beraktifitas seperti semula.

4. Memberi Rasa Tenang

Seringkali kondisi psikologis itu mampu menaikan atau menurunkan rasa percaya diri kita. Selanjutnya mereka yang memiliki rasa percaya diri tinggi tentu imunitas akan naik. Sebaliknya, mereka yang memiliki rasa percaya diri rendah memiliki kecenderungan imunitas rendah.

Melihat kondisi semacam ini tentu vaksin saat ini telah menjadi kewajiban untuk memberi rasa tenang. Bagi siapapun, baik bagi diri pribadi maupun bagi anggota keluarga lainnya.

Jenis-Jenis Vaksin yang Banyak Digunakan

Berbicara tentang vaksin, tentu ada banyak dan digunakan sesuai dengan peruntukkan. Kita hendaknya juga memahami informasi ini sebagai tindakan pencegahan karena vaksin untuk anak dan orang dewasa jelas berbeda.

Setiap anak hendaknya mendapat vaksin lengkap agar tidak mudah terserang penyakit. Dikatakan vaksin lengkap itu antara lain hepatitis B, BCG, Polio, MR dan DTP.

Sementara itu bagi orang dewasa pun dibutuhkan vaksin untuk senantiasa menjaga kesehatan. Dan vaksin yang disuntikkan pun akan beragam, tergantung dengan kebutuhan.

Oleh karena itu bila kamu memang membutuhkan ada baiknya untuk segera menghubungi vaksin Yogyakarta dan konsultasi lebih lanjut. Kiranya apa saja yang dibutuhkan karena mereka yang ahli dan bisa menentukan apa saja yang harus dimasukkan ke dalam tubuh.

Halodoc sendiri saat ini telah tersedia hampir di seluruh wilayah tak terkecuali di Jogja. Aplikasi yang konsen memberi solusi atas kebutuhan akan kesehatan ini wajib dimiliki siapa saja. Terdapat berbagai fitur yang bisa digunakan selama ada di rumah.

Ingat kesehatan adalah harta yang paling berharga saat ini. Jangan sampai imunitas kita rendah dan bingung solusinya harus apa karena semua telah ada di aplikasi Halodoc.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *