Mari Budayakan Lodse lagi

Lodse, istilah ini sempat booming beberapa tahun yang lalu. Namun kini sangat jarang ada yang mengatakannya.

lodse minuman khas jogja
krjogja.com

Lodse yang tak lain memilili arti ngombe atau minum ini adalah bahasa slang khas Jogja. Seolah ingin mengembalikan kejayaan bahasa gaul yang hanya dimengerti warga Jogja kini Lodse muncul lagi.

Tapi Lodse yang ini menjadi merek atau brand. Harapannya tentu saja akan mengarahkan publik pada kota penuh sejarah ini.

Lodse yang hendak saya bahas kali ini adalah nama minuman kesehatan. Sebelas dua belas dengan wedang uwuh yang lebih dulu naik daun.

Minuman berbahan rempah ini juga diharap bisa diterima publik. Adalah badan usaha milik desa (bumdes) Panggung Lestari dari Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul yang menangkap ide kreatig ini.

Hanya saja lodse memiliki banyak varian. Saat ini telah ada 8 rasa yang bisa dicoba mulai dari jakencruk atau jahe kencur jeruk, japare atau jahe pandan sere, bir mataram, kujasem atau kunir jahe asem, wedang salam, secang wangi dan bunga lawang.

Tak lupa gula batu hadir dalam penyajiannya. Menghadirkan minuman istimewa menjadi lebih istimewa.

Bukan saja obat pelepas dahaga dan berasal dari ramuan leluhur. Racikan juga dikenal memiliki beberapa khasiat yang menjadi nilai tambah karena tanpa bahan pengawet.

Cara menyajikan juga sangat mudah. Dimana rempah tinggal di seduh dengan air panas kemudian diminum dalam kondisi hangat atau panas.

Pos terkait