Menikmati Romantisme Semangkuk Rujak Es Krim Pakualaman

Bagi warga Jogja khususnya para anak muda pasti tahu betul dengan rujak es krim Pakualaman. Minuman menyegarkan yang disajikan dalam mangkuk kecil ini seolah menjadi saksi bisu manakala mereka memadu kasih.

Menikmati Romantisme Semangkuk Rujak Es Krim Pakualaman 1

Berada di dekat Keraton Jogja, tepatnya di area Pakualaman Jalan Harjowinatan, Purwokinanti. Mayoritas pembeli adalah mereka yang sedang istirahat siang  dan cari tempat adem.

Selain itu tentu saja mereka yang tengah dimabuk cinta dengan budget minimum. Maklum saja untuk 1 porsinya cukup dihargai dengan beberapa lembar uang Rp 2.000,-an.

Rujak es krim ini dapat dikatakan sebagai salah satu kuliner legendaris di Jogja. Keberadaanya yang telah menemani warga sejak 1978 menjadi garansi bahwa siapapun yang berlibur ke Jogja harus mampir ke warung sederhana ini.

Untuk menemukan lokasi ini sangat mudah. Dari kawasan titik nol kilometer cukup berjalan ke arah Kebun Binatang Gembira Loka.

Disisi kiri jalan nanti akan ketemu area Pakualaman dan bisa langsung masuk. Masih dalam lokasi yang sama masih tersedia taman jajan yang menyediakan aneka kuliner.

Tempatnya yang berada di bawah pohon besar membuat siapa saja betah berlama-lama. Wajar saja romantisme akan tercipta meski dalam kesederhanaan.

Tak ada tempat duduk yang istimewa. Selain ada meja kursi seadanya juga tersedia tikar. Kalau masih tidak kebagian juga tak ada salahnya duduk “nglemprak” dibahu jalan.

Waktu paling tepat tentu saja pada siang hari saat jam 12.00 WIB. Jangan datang terlalu sore karena biasanya rujak es krim akan segera habis.

Rujak es krim Pakualaman juga biasa disebut Rujak Es Krim Pak Nardi. Hal ini memang karena beliaulah yang untuk kali pertama memperkenalkan rujak buah yang dikombinasikan dengan es krim.

Tak perlu menunggu sore untuk menghabiskan dagangan. Terlebih saat terik matahari begitu menyengat. Seolah rujak es krim adalah obat paling mujarab.

Perpaduan antara es puter dengan aneka buah segar mampu menggoyang lidah. Selain itu masih ada rasa asam, manis, kecut dan pedas bagi mereka yang ingin menggunakan tambahan sambal.

Dan kini bila kamu sedang berlibur ke Jogja pastikan datang ke rujak es krim Pakualaman. Dari pada menyesal kemudian kenapa dulu waktu di Jogja tidak sempat mencicipi kuliner unik ini.

 

Pos terkait