Keraton Menjadi Salah Satu Tempat Paling Bersejarah di Yogyakarta

  • Whatsapp

Fakta unik salah satu tempat bersejarah di Yogyakarta yang tidak dimiliki di daerah lainnya adalah Keraton Yogyakarta. Tempat ini adalah salah satu bangunan bersejarah di Yogyakarta yang merupakan tempat tinggal Sultan dan keluarganya.
keraton jogjaSaat berkunjung, maka wisatawan akan terkagum dengan arsitektur dari keraton tersebut. Karena merupakan tempat tinggal raja dari tanah Jawa maka didesain dengan adanya unsur Jawa.

Salah satu tempat bersejarah di Yogyakarta tersebut juga menyuguhkan barang-barang kuno seperti miniatur, replika, keramik, bahkan foto-foto yang merupakan peninggalan sejak jaman Sultan Hamengkubuwono 1. Selain sebagai tempat tinggal keraton juga dijadikan museum supaya unsur budaya yang sudah ada selama ini tidak hilang.

Mendatangi keraton tersebut, bisa menambah pengetahuan pengunjung untuk lebih mengenal kebudayaan Jawa yang sudah ada selama ini di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak hanya sebagai tempat untuk melihat kebudayaan jawa, tetapi salah satu tempat bersejarah di Yogyakarta ini juga bisa melihat secara langsung bagaimana kebudayaan tersebut.

Biasanya sering diadakan pertunjukan seperti macapat, wayang golek, wayang kulit, dan tari-tarian. Wayang kulit biasanya sering diadakan sebulan sekali. Pengunjung tidak dikenakan biaya tambahan untuk menikmati berbagai pertunjukan tersebut.

Selain pertunjukan tersebut, sering juga diadakan lomba jemparingan yang diadakan setiap selasa wage. Lomba “jemparingan” sudah akrab di kalangan masyarakat Yogyakarta sehingga dibuat untuk menarik minat pengunjung.

Salah satu tempat paling bersejarah di Yogyakarta tersebut memiliki dua pintu masuk yaitu Tepas Keprajuritan dan di Tepas Pariwisata. Melalui Tepas Keprajuritan maka akan menemukan Bangsal Pagelaran dan Siti Hinggil serta bisa melihat kereta keraton yang biasanya digunakan oleh sultan. Di Tepas Pariwisata maka akan memasuki Kompleks Sri Manganti dan Kedhaton dimana terdapat Bangsal Kencono yang menjadi balairung utama kerajaan.

Selain itu juga memilii dua alun-alun, satu di sisi utara dan satu di selatan. Masing-masing alun-alun ini memiliki fungsi yang berbeda tapi memiliki kesamaan dengan adanya dua pohon kembar di tengahnya.

Jika ke Yogyakarta, tidak lengkap rasanya tanpa berkunjung ke salah satu tempat bersejarah tersebut. Banyak sekali yang bisa didapatkan pengetahuan tentang kebudayaan Jawa yang dimiliki di daerah tersebut. Keraton juga memiliki visi dan misi untuk menjaga nilai-nilai luhur budaya.

Selain keraton ada satu lagi bagunan yang sangat ikonik. Banguan tersebut adalah Tugu Pal Putih yang oleh kebanyakan orang disebut dengan Tugu Jogja.

Kontributor – Jennie Sie

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *