Open Recruitment Prajurit Kraton Jogja

Bagi kamu yang dari dulu tertarik ingin menjadi prajurit Kraton Jogja dan belum kesampaian maka kini saatnya. Kraton Jogja resmi membuka pendaftaran seleksi calon prajurit.

Prajurit Kraton Jogja
kratonjogja.id

Kegiatan ini sebagai upaya guna memenuhi kegiatan upacara adat di lingkungan Kraton Jogja. Mereka ini yang lolos nantinya akan menjadi abdi dalem prajurit.

Adapun proses seleksi sifatnya terbuka dan transparan. Dengan demikian siapapun yang memenuhi kualifikasi bisa mendaftar.

Masyarakat pun bisa memantau proses seleksi calon prajurit ini secara langsung. Hal ini disampaikan Penghageng Kawedanan Keprajuritan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, KPH Notonegoro.

Adapun syarat utama untuk menjadi calon prajurit yang akan mendaftar adalah bersedia mengabdi pada Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Tak hanya itu saja tapi juga harus miliki semangat melestarikan kebudayaan terutama seni keprajuritan.

Mereka yang akan menjadi prioritas adalah orang-orang yang telah bergabung dengan Bregada Rakyat setempat. Hal ini dibuktikan dengan surat rekomendasi dari pengurus bregada terkait.

Seleksi yang akan diikuti berupa seleksi administratif dan seleksi keterampilan. Mengingat prajurit harus miliki ketrampilan baris berbaris maka nantinya tes ini pun akan diberlakukan.

Baca juga: Kraton Jogja, Landmark Pertama dan Utama Kota Jogja

Bregada Rakyat Sebagai Pelestari Seni dan Budaya

Saat ini di Jogja cukup mudah ditemukan Bregada Rakyat. Terutama saat ada festival atau kegiatan seni budaya maka “prajurit” ini akan turun ke jalan.

Menampilkan seni baris berbaris dan kemampuan memainkan alat musik adalah hal yang biasa. Menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Wajar kemudian bila pihak kraton mengutamakan mereka yang telah bergabung dengan Bregada Rakyat. Hal ini karena hampir semua kualifikasi telah terpenuhi, baik itu secara administrasi maupun ketrampilan.

Bregada Rakyat sendiri dapat dikatakan sebagai pelestari seni dan budaya. Selain itu untuk menjaga hubungan baik antara kraton dengan masyarakat luas yang peduli dengan adanya seni budaya.

Harapannya, tentu saja meningkatkan kualitas seni keprajuritan yang senantiasa berkembang. Tetap menjaga pakem dan aturan baku yang ada.

Baca juga: Asal Usul Penamaan Nama Kampung di Kraton

Syarat Mengikuti Seleksi Calon Prajurit Kraton Jogja

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk bisa mengikuti seleksi calon Prajurit Kraton Jogja antara lain berusia minimal 22 tahun dan maksimal 40 tahun. Memiliki tinggi badan minimal 165 cm dengan barat badan ideal. Selain itu harus sehat jasmani dan rohani tanpa cacat fisik maupun mental.

Pendaftaran seleksi calon prajurit ini dibuka mulai hari Minggu, 21 Agustus 2022 dan akan berakhir pada Rabu, 21 September 2022. Syarat-syarat administrasi yang harus dipenuhi antara lain:

  1. Menulis surat pengajuan diri menjadi prajurit dan ditujukan kepada Penghageng Kawedanan Keprajuritan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat
  2. Melampirkan surat rekomendasi dari pengurus bregada rakyat
  3. Melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (asli dan fotokopi)
  4. Melampirkan fotokopi ijazah pendidikan terakhir (minimal SMP/sederajat)
  5. Melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  6. Melampirkan fotokopi Kartu Keluarga/C-1
  7. Melampirkan surat keterangan sehat terbaru dari dokter atau puskesmas
  8. Melampirkan nomor telepon yang dapat dihubungi
  9. Melampirkan pas foto terbaru, latar belakang berwarna merah ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar; 3×4 sebanyak 4 lembar, dan 2×3 sebanyak 4 lembar.

Semua berkas tersebut dapat dikirim via email ke keprajuritankratonjogja@gmail.com atau Whatsapp 089618557665 (a.n Nyi MB. Bondansari). Berkas juga diserahkan langsung ke Tepas Keprajuritan yang berlokasi di Pracimosono, Kraton Yogyakarta. Dilayani setiap hari kecuali hari Senin mulai pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB.

Menarik bukan dan bila kamu tertarik mengikuti seleksi bisa siapkan beras dari sekarang. Atau bisa juga dibagikan informasi ini bagi mereka yang menanti kapan bisa menjadi Prajurit Kraton Jogja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan