Ada Apa di Pasar Kangen Jogja 2022

Pasar Kangen Jogja 2022 telah berjalan selama beberapa hari. Dan berdasar observasi lapangan yang ada momen ini menjadi salah satu yang paling dinanti warga Jogja dan sekitarnya.

pasar kangen jogja
amix stefany

Bagaimana pengunjung, terutama mereka yang telah berusia kepala tiga ke atas seolah kembali ke masa lalu. Menemukan momen-momen indah di masa kecil bersama dengan kuliner dan mainan jadul.

Sesuatu yang mungkin kini akan susah ditemukan. Namun dengan berkunjung ke Pasar Kangen Jogja 2022 maka semua itu menjadi mudah ditemukan.

Sesuai dengan namanya, Pasar Kangen Jogja maka bisa ditebak bahwa lokasi ini adalah tempat pas untuk mengembalikan ingatan ke masa lalu. Mengenang kangen atau rindu yang sempat tertahan.

Terlebih selama 2 tahun terakhir kita dilanda pandemi dan Pasar Kangen Jogja ditiadakan. Dan kini begitu dibuka pada Kamis, 18 Agustus 2022 pengunjung pun tumpah.

Kegiatan tahunan ini akan berakhir pada Sabtu 27 Agustus 2022 yang akan datang. Pasar Kangen Jogja 2022 ini buka mulai pukul 13.00 WIB dan tutup pada pukul 21.00 WIB

Baca juga: Jogja Tempo Dulu Akan Hadir di Pasar Kangen Jogja

Kumandhange Pasar – Ora Cucul Ora Ngebul

Tema yang diambil tahun ini adalah Kumandhange Pasar – Ora Cucul Ora Ngebul. Kalimat tersebut diambil atau dikutip dari ramalan Ronggo Warsito.

Jangan sampai sebagai akibat dari pandemi muncul “pasar ilang kumandhane” atau pasar telah mulai hening, hilang hiruk pikuk kehidupan yang ada didalamya. Bila benar ini terjadi maka besar kemungkinan roda perekonomian akan terhenti karena tidak ada kegiatan jual beli.

Bukan hanya itu saja, dalam sebuah pasar tentu adanya interaksi sosial. Baik itu antara pedagang dengan pembeli, pedagang dengan pedagang atau pembeli dengan pembeli karena semua itu ada interaksi dan silahturahmi.

Kumandhange Pasar dapat juga dikatakan sebagai bentuk kedaulatan pangan, kemandirian pangan atau ketahanan pangan. Baik itu melalui revitalisasi pangan, mulai dari mengenalkan, memroduksi, mengonsumsi berbagai jenis pangan yang ada.

Sementara itu “Ora Cucul Ora Ngebul” dapat diartikan yang tidak bekerja maka tidak akan mendapatkan apa-apa. Menjadi semangat baru yang harus digaungkan pasca pandemi bahwa kita semua harus lebih kerja keras.

Ada Apa di Pasar Kangen Jogja 2022

Selalu ada yang baru di Pasar Kangen Jogja. Pun demikian dalam pelaksanaan tahun ini. Di mana panitia telah menyiapkan sejumlah kejutan dan obat kangen bagi seluruh pengunjung.

Bukan hanya bisa jajan makanan dan mainan tempo dulu saja. Tapi kali ini juga ada pertunjukkan hiburan khas daerah mulai dari jathilan, ketoprak, wayang, musik dan lain-lain.

Selain itu ada juga workshop atau kegiatan-kegiatan menarik yang bisa diikuti secara langsung oleh pengunjung. Workshop dihadirkan bukan hanya tentang kesenian semata tapi juga ada workshop memasak yang bisa diikuti anak-anak.

Kegiatan unik ini juga sebagai ajang kreatifitas dan produktifitas olahan pangan berbasis nilai-nilai lokal pun menggunakan bahan pangan lokal. Pasar Kangen Jogja pun harus bisa berbenah dan menyongsong kemajuan zaman dan hal ini ditandai kuliner tempo dulu tersebut harus bisa bersaing dengan jajanan yang ada saat ini tanpa menghilangkan jati diri.

Dalam gelaran tahun ini setidaknya akan ditemukan 170 stand kuliner dan 77 stand penjual barang lawasan, kerajinan dan komunitas seni. Mereka ini adalah yang lolos dari proses kurasi di mana sebelumnya ada 1300 yang mendaftar.

Peserta kuliner yang lolos adalah mereka yang menjajakan kuliner berbasis lokal dengan produk lokal dan menjunjung tinggi kreativitas dan hiegienitas. Wajar kemudian bila di tempat ini tidak akan menemukan pembungkus makanan yang tidak ramah lingkungan.

Dan kamu kapan mau ke mesin waktu paling realistis ini kalau tidak sekarang juga.?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.