Pentingnya Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga Bagi Pasangan yang Baru Menikah

  • Whatsapp

Apa yang tepikir di benakmu ketika memikirkan sebuah pernikahan? Tentunya, pernikahan tidak akan cukup hanya dengan modal cinta saja. Pengelolaan keuangan rumah tangga bagi pasangan yang baru menikah sangat penting.

majalahkartini.co.id
majalahkartini.co.id

Kamu dan pasangan perlu persiapan yang matang seperti persiapan mental, persiapan finansial dan juga persiapan kerja sama.

Berikut ini ulasan mengenai persiapan materi yang perlu kamu persiapkan.

1. Catat semua kebutuhan biaya rumah tangga di awal pernikahan

Hal yang sangat penting bagi pasangan yang baru saja menikah adalah masalah tempat tinggal. Kamu bisa memiliki beberapa pilihan tergantung budget yang kamu miliki.

Misalnya, kamu akan membangun rumah, ngontrak, ngekost, tinggal di rumah mertua dan sebagainya. Selain mempertimbangkan biaya tempat tinggal, perhatikan biaya untuk isinya seperti perabot rumah tangga.

2. Pertimbangkan biaya untuk anak

Biasanya, pasangan yang baru menikah ingin segera memiliki anak. Kamu harus mempersiapkan biaya kehamilan dan melahirkan.

Di masa kehamilan, kamu akan membutuhkan dana untuk periksa kandungan. Kemudian, biaya kelahiran juga bervariasi.

Memang, melahirkan secara normal lebih murah daripada caesar, tapi kamu tetap harus berjaga-jaga siapa tahu ada hal yang mengharuskan si ibu melahirkan secara caesar.

3. Menabung merupakan hal wajib yang mesti dilakukan

Walaupun tidak ada penghasilan tetap, kamu tetap harus menabung. Uang tabungan akan sangat bermanfaat untuk berjaga-jaga apabila ada hal yang terjadi di luar dugaan. Biasakan menabung dari sekarang.

4. Diskusikan standar hidup dan kenyamanan dengan pasangan

Kamu dan pasangan akan memiliki standar hidup dan kenyamanan yang berbeda. Misalnya saja, tak masalah bagimu untuk tinggal di pinggir rel kereta api.

Namun, pasanganmu tak bisa tidur di tempat yang bising. dengan begitu, kalian harus mencari tempat tinggal yang lokasinya jauh dari rel kereta api.

5. Memiliki usaha bersama merupakan ide bagus

Saat ini banyak pasangan suami istri yang membangun usaha bersama. Kamu pun bisa melakukannya.

Tentukan jenis usaha apa yang cocok bagi kamu dan pasangan. Pertimbangkan modal dan skill yang kalian miliki.

Mulai sekarang, pertimbangkan ha-hal yang harus kalian lakukan agar pengelolaan keuangan rumah tangga bisa berjalan lancar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *