2 + 5 Persiapan Liburan Ke Jogja Seusai Pandemi

  • Whatsapp

Enam bulan lebih pandemi masuk tanah air dan hingga kini belum ada tanda-tanda akan segera berakhir. Namun demikian bila kita ingin liburan ke Jogja ada baiknya di tunggu hingga setidaknya ada lampu hijau dari pemerintah. Menjadi penting kemudian untuk melakukan persiapan liburan ke Jogja agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

persiapan liburan ke jogja
instagram.com/amixstefanny

Jogja sendiri hingga saat ini tidak memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) layaknya kota-kota besar seperti Jakarta. Namun Kota Wisata ini lebih memilih untuk menggunakan istilah tanggap darurat Covid-19.

Menjadi penting bagi kita untuk melek informasi kekinian agar bisa turut serta mencegah sebaran virus yang hingga kini belum ada antivirusnya ini. Informasi itu begitu melimpah dan bisa kita akses dimanapun kapanpun berbekal smartphone.

Persiapan Liburan ke Jogja

Persiapan liburan di kala normal tentu akan beda dengan persiapan seusai pandemi. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar kita senantiasa aman dan baik-baik saja.

Jaga imunitas dan jaga jarak menjadi salah satu hal yang menjadi konsen utama untuk tetap aman. Gaya hidup sehat yang dulu kurang menjadi perhatian harus mulai diterapkan tanpa kecuali.

Handsanitazer, masker dan face shield kini seolah menjadi bagian dari gaya hidup baru yang tidak terpisahkan. Bila 3 benda itu belum ada sebaiknya untuk segera beli karena bisa menjadi upaya preventif yang cukup baik.

2 Hal Wajib Dipahami

Dua hal yang benar-benar harus dipatuhi selama pandemi dan pasca pandemi tentu saja adalah protokol kesehatan dan peraturan pemerintah setempat terkait pencegahan Covid-19.

Jangan lupa untuk benar-benar mematuhi berbagai protokol kesehatan yang diterapkan. Dengan mematuhi sejumlah protokol kesehatan setidaknya kita akan merasa lebih aman.

Selain itu bisa jadi setiap daerah memiliki kebijakan atau aturan yang diterapkan terbatas pada masing-masing wilayah. Hal ini juga harus diterapkan bila tidak ingin terkena sanksi baik itu denda atau sanksi sosial.

Baca juga: Udah Tahu Tas Siaga Covid-19, Intip Isinya apa saja

Bila dua hal itu sudah diterapkan setidaknya setengah dari rencana perjalanan sudah berjalan dengan baik. Tinggal menerapkan kebijakan yang mengingat masing-masing individu.

Berikut Persiapan Liburan ke Jogja Pasca Pandemi yang Harus Kamu Lakukan

1. Gunakan Kendaraan Pribadi

Bila kamu masih ada di Pulau Jawa dan ingin ke Jogja sangat disarankan untuk membawa roda 4 demi keamanan dan kenyamanan. Hindari bepergian menggunakan transportasi massal baik itu pesawat, kereta atau pun bus karena akan berisiko terjadi kerumunan massal.

2. Solo Traveling / Keluarga Kecil

Saat ini sangat tidak dianjurkan untuk bepergian dengan mereka yang tidak diketahui riwayat sebelumnya. Akan lebih baik bila solo traveling atau hanya pergi dengan keluarga kecil untuk alasan keamanan.

3. Pilih Objek Wisata yang Tidak Ramai

Di Jogja sendiri terdapat banyak objek wisata yang bisa dituju. Sangat disarankan untuk menghindari berbagai objek wisata populis yang diserbu ribuan wisatawan dalam satu hari. Akan lebih aman bila datang ke satu objek wisata yang terbuka dan tidak ramai.

Terdapat puluhan objek wisata. Khususnya destinasi berbasis alam yang ada di Gunungkidul, Sleman, Bantul maupun Kulonprogo. Baik itu pantai, gunung ataupun bernuansa pedesaan.

4. Transaksi Non Tunai

Lakukan transaksi non tunai untuk semua kebutuhan. Di Jogja pun ada yang namanya Jogja Pass dan Visiting Jogja, gunakan aplikasi itu untuk memudahkan selama ada di Jogja.

5. Beli Tiket Online

Sebelum meluncur ke Jogja ada baiknya booking hotel untuk keperluan penginapan dan berbagai destinasi yang ada. Tiket.com menjadi satu jawaban terbaik untuk semua pembelian tiket mulai dari penginapan, pesawat, kereta, bus hingga masuk objek wisata.

Di kota ini jumlah hotel sangat melimpah dari yang bergaya tradisional hingga modern. Tarif menginap hotel di Jogja pun sangat ramah kantong. Dengan model Rp 100 ribuan pun kamu sudah bisa tidur nyenyak.

Satu aplikasi multifungsi ini harus ada di smartphone karena menjadi solusi atas semua kebutuhan masyarakat urban.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *