Soto Sulung Stasiun Tugu, Soto Kuah Kental Yang Selalu Nendang

  • Whatsapp

Buat kamu yang baru datang kali pertama ke Jogja dan kebetulan naik kereta api turun di Stasiun Tugu maka kuliner ini sangat disarankan. Bagiamana tidak setelah perjalanan jauh ada menu lezat harga murah telah menyambut di samping stasiun Tugu.

soto sulung stasiun tugu
phinemo.com

Sesuai dengan namanya soto Sulung ini berlokasi di area Stasiun Tugu atau tepatnya ada di parkiran sebelah selatan. Jadi pendatang langsung bisa menuju pintu selatan artinya jangan keluar lewat pintu utama karena akan memutar cukup jauh.

Soto Sulung Stasiun Tugu ini sangat nikmat dinikmati kapan saja. Terlebih saat perut keroncongan sehabis perjalanan jauh dan hujan gerimis. Rasanya semakin nendang dan tak ingin berhenti hingga suap terakhir.

Tempat makan yang popular di Jogja ini telah buka dari pukul 9 pagi dan biasanya akan tutup pada pukul 9 malam. Namun, jangan kaget bila sebelum jam 9 malam sudah tutup karena menu telah habis.

Sehabis menikmati semangkok soto ini pengunjung bisa berjalan-jalan memuaskan mata yang lapar akan cindera mata di kawasan Malioboro. Cukup berjalan kaki karena memang letaknya tidak jauh dari kompleks yang paling terkenal di Jogja tersebut.

Warung soto ini telah berdiri sejak 1968 atau setidaknya berusia 46 tahun. Dulu kala Soto Madura ini dibangun oleh Pak (Alm) Marjuddin dan kini telah dikelola oleh anaknya. Meski tidak lagi diracik oleh si empunya resep jangan kuatir, Pak Ridwan selaku penerus keluarga telah mewarisi rahasia kelezatan soto tersebut.

Soto nikmat ini berisi jeroan sapi ini terdiri dari babat, usus, paru dan hati serta irisan telur rebus. Rasanya akan lebih nikmat manakala kuning telur dihancurkan dan bercampur dengan kuah dan sambal yang begitu pedas.

Wajar kiranya dalam usia hampir 5 dekade soto Sulung memiliki banyak penggemar. Mereka mayoritas adalah orang yang pernah menimba ilmu di Jogja kemudian merantau. Seringkali mereka ketika berkunjung ke Kota Pelajar ini menyempatkan diri untuk menikmati sajian satu mangkok soto ini.

Selain itu Soto Sulung ini telah memiliki cabang dibeberapa titik yang ada di kota Jogja. Semakin memudahkan bagi penggila kuliner untuk sekedar icip-icip atau mengisi perut.

Meski identik dengan soto jeroan tapi disini pengunjung juga diperkenankan untuk memesan soto daging. Atau soto jeroan spesial dalam arti hanya menggunakan jeroan tertentu saja.

Rahasia kelezatan soto ini terletak pada cara pengolahan dan bumbu rempah yang digunakan. Daging atau jeroan yang digunakan telah melalui dua kali pengolahan sehingga berani memberikan jaminan kalau soto akan benar-benar empuk, bumbu meresap sempurna dan tentunya menghilangkan bau amis dari daging atau jeroan.

Agar lebih harum ada baiknya diberikan perasan jeruk nipis. Sedang untuk nasi bisa menyesuikan karena nasi disajikan terpisaj dalam bungkus kecil. Tujuannya tentu saja agar pembeli bisa menyesuikan tingkat kekenyangan sesuai kapasitas perut dan tidak ada nasi terbuang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *