Tips Investasi bagi Pemula di Perusahaan Sekuritas Terbaik

Tiap orang pasti ingin memiliki kehidupan yang sejahtera di masa mendatang. Maka dari itu, banyak hal dilakukan ketika masih muda seperti berinvestasi atau bisnis saham.

investasi bagi pemula
pixabay.com/publicdomainpictures

Berbicara mengenai investasi, saat ini banyak orang menggunakan rekening efek yang dibuat di perusahaan sekuritas untuk bisnis saham. Salah satu perusahaan sekuritas terbaik yaitu Mandiri Sekuritas.

Lalu, bagaimanakah cara memulai investasi bagi pemula? Berikut ini adalah tips yang dapat Anda terapkan.

Mulai Investasi Lebih Dini

Sesuai dengan namanya, maka investasi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuahkan hasil. Maka dari itu, perlu Anda pertimbangkan waktu investasi yang sedini mungkin.

Yang terpenting, semakin muda usia Anda berinvestasi, dimanapun itu tempatnya, maka hasil yang akan diperoleh nanti akan semakin baik. Tentu, Anda harus pertimbangkan pula prospek bisnis pada perusahaan tempat berinvestasi.

Tentukan Tujuan Investasi Anda

Berinvestasi berarti Anda akan mengalokasikan sejumlah dana yang lumayan besar pada bidang tertentu. Nah, sebelum mulai berinvestasi, ada baiknya Anda konsultasikan dulu terhadap penasehat keuangan.

Hal ini penting guna memperhitungkan pengeluaran sekaligus pendapatan Anda saat ini, misalnya tanggungan KPR atau KPA. Tentukan pula tujuan Anda berinvestasi secara lebih spesifik, seperti rencana pendidikan, pensiun, membeli kendaraan, rumah, dan lainnya.

Selain tujuan, pastikan Anda sudah menentukan jangka waktu dan target dana yang akan dicapai saat berinvestasi. Dengan demikian, tujuan investasi akan segera tercapai.

Alokasi Dana yang Konsisten

Pada umumnya, dana investasi tidak datang secara tiba-tiba dalam jumlah yang besar. Artinya, Anda harus menyisihkan sebagian dari pendapatan secara konsisten. Paling tidak, alokasikan dana sekitar 10 hingga 30 persen untuk investasi Anda.

Awali dengan Investasi Tidak Langsung

Bagi pemula yang ingin mulai berinvestasi, sebaiknya awali dengan jenis investasi tidak langsung sebelum akhirnya terjun ke investasi langsung. Idealnya, Anda dapat mulai membeli produk reksa dana, baik reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, sampai reksa dana saham.

Baru, setelah paham dengan sistem investasi tersebut, Anda dapat mulai terjun ke investasi langsung surat berharga hingga bisnis riil atau menjadi mitra bisnis yang sesuai dan prospektif.

Pertimbangkan Risiko

Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi, maka harus siap dengan segala risikonya. Namun, terlepas dari hal tersebut, usahakan untuk mempelajari lebih dulu segala risiko maupun imbal hasilnya.

Jika tidak memungkinkan, Anda disarankan untuk memilih alternatif investasi lain. Yang terpenting, selain mempertimbangkan perkembangan ekonomi dan bisnis, selaraskan dengan harapan Anda ke depannya.

Pilih Investasi yang Aman

Investasi aset finansial adalah salah satu jenis investasi yang dapat Anda pilih. Nah, supaya terjamin aman, pastikan perusahaan investasi tersebut memilih Badan Pengawas atau telah memiliki ijin dari BI atau Bapepam LK.

Nah, itulah tips memulai investasi bagi pemula. Bagi Anda yang hendak berbisnis saham melalui tabungan efek, pastikan memilih broker lokal terbaik seperti Mandiri Sekuritas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *