Waktu Terbaik Menikmati Keindahan Goa Jomblang

  • Whatsapp

Bagi kamu yang suka kegiatan ekstrim dan menantang mungkin tak jadi masalah kapan akan berpetualang. Lain cerita bila kamu tak pernah melakukan dan tertantang untuk memacu adrenalin salah satunya dengan menikmati keindahan Goa Jomblang nan menantang.

instagram.com/jogjadventuretrip

Bukan tanpa alasan, bisa jadi bila kamu salah waktu maka liburan akan gagal total hingga berbuah petaka. Seperti yang kita ketahui bahwa Goa Jomblang menjadi destinasi favorit bagi anak muda.

Hal ini karena tidak semua orang mampu melaluinya. Bagaimana tidak, untuk masuk ke dalam goa pengunjung harus menggunakan Single Rope Technique (SRT). Butuh keahlian khusus dan keberanian tentunya.

Masuk ke dalam goa vertikal sepanjang lebih kurang 90 meter tentu makan memacu jantung. Bila pengunjung mengalami kepanikan maka bisa dipastikan ia akan gagal dan urung masuk ke dalam perut bumi.

Jika minim informasi mungkin pengunjung akan berpikir kapanpun bisa datang ke Goa Jomblang. Tapi jangan salah, berwisata ke dalam goa membutuhkan waktu khusus.

Waktu terbaik untuk berkunjung tentu saja saat musim kemarau karena bila musim hujan akan memiliki beberapa potensi resiko. Resiko paling nampak tentu saja medan akan terasa licin dan mudah tergelincir.

Selain itu bisa jadi jumlah cahaya yang masuk akan semakin sedikit dan mungkin saja bisa diatasi dengan headlamp. Namun salah satu resiko paling besar tentu saja bila terjadi banjir di dalam gua.

Tak sedikit para peserta susur goa di beberapa negara mengalami petaka ketika tiba-tiba banjir. Oleh karena itu bila ingin berkunjung ke Goa Jomblang pastikan tidak salah waktu.

Usahakan sedari pagi sudah ada disekitar goa yang beralamat di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Klimaksnya tentu saja jam 12 siang maka kamu harus ada di bawah, merasakan sensasi mentari ada diatas kepala.

Bagai berada diatas panggung alam dimana lampu alami akan menyorot penuh. Serasa menjadi bintang bagi diri sendiri dan abadikan momen ini untuk kemudian disimpan dalam bingkai foto.

Setelah mengetahui waktu terbaik untuk menikmati keindahan Goa Jomblang maka hal lain yang perlu dipikirkan tentu saja transportasi dan akomodasi. Bila kamu berasal dari luar Jogja atau Gunungkidul maka kini telah banyak moda dari berbagai wilayah baik itu bus, kereta maupun pesawat.

PR selanjutnya saat tiba di Gunungkidul tentu saja akan tinggal dimana selama liburan berlangsung. Akan terjadi penyesalan saat tiba di daerah yang terkenal dengan pegunungan karst ini bila sesaat.

Tak cukup sehari, sangat direkomendasikan bila kamu ke Gunungkidul minimal 3 hari 2 malam. Tujuannya tentu saja untuk mengeksplore puluhan objek wisata berbasis alam yang belum tentu nanti akan bisa dikunjungi kembali mengingat rutinitas yang padat.

Ada beberapa akomodasi murah terbaik di dekat Goa Jomblang yang bisa dipilih. Soal budget tak perlu kuatir karena bisa disesuikan. Terlebih bila saat berkunjung bersama dengan teman yang lain tentu akan semakin menghemat pengeluaran.

Bagi kamu yang penasaran untuk berkunjung ke goa vertikal ini maka kamu bisa melalui rute Jogja ke arah jalan Wonosari kemudian ke arah Semanu. Bagi kamu yang pernah ke Goa Kali Suci tentu akan lebih mudah menemukannya.

Butuh waktu sekitar 1 jam 30 menit untuk sampai di lokasi. Adanya GPS tentu semakin memudahkan menuju lokasi, bila kesulitan membaca Global Positioning System maka ada baiknya untuk mencoba ‘golek penduduk sekitar’ dan pasti mereka dengan senang hati akan memandu.

Goa Jomblang sendiri telah ditetapkan sebagai icon geopark dunia oleh PBB melalui UNESCO sejak 2015 karena berada dalam satu rangkaian Gunung Purba. Di dalamya terdapat tanaman unik yang tidak akan ditemukan di daerah lain maka bila kamu menjadi salah satu pengunjung yang berhasil masuk tentu akan memiliki kepuasan tersendiri.

Jauh sebelum di tetapkan sebagai bagian dari Global Geopark Network objek wisata ini lebih dulu dikenal masyarakat dunia pasca digunakan untuk syuting film Amazing Race Amerika di tahun 2011.

Saat ini untuk menjaga ekosistem jumlah pengunjung yang di ijinkan masuk pun dibatasi. Hanya dengan didampingi mereka yang profesional dalam safety dan paham seluk beluk gua maka kamu bisa masuk.

Dan pada akhirnya muncul pertanayaan kapan kamu akan datang ke Gunungkidul dan menikmati keindahan Goa Jomblang yang mendunia?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar