Tips Mewarnai Rambut di Rumah dan Pasti Berhasil

Mewarnai rambut di rumah bisa jadi adalah pilihan terbaik bagi kamu yang suka tampil beda. Mencoba hal baru dan mempadupadankan satu dengan yang lain untuk mendapat pengalaman tak biasa.

rambut wajah bulat
shutterstock

Secara sederhana sukses atau tidaknya kegiatan ini juga dipengaruhi faktor lainnya. Selain pemilihan warna cat, proses pewarnaan, jenis rambut, warna kulit hingga bentuk wajah.

Terutama untuk bentuk wajah, harus dipilih yang pas mengingat setidaknya ada 7 bentuk wajah. Potongan rambut untuk wajah bulat tentu beda untuk mereka yang miliki bentuk persegi panjang, kotak dan segitiga. Selain itu masih ada bentuk oval, diamond atau hati.

Meski demikian dalam proses mewarnai rambut ada beberapa konsep dasar yang benar-benar harus diperhatikan. Tujuannya sudah pasti bahwa proses ini dilakukan dengan baik dan benar.

Mewarnai Rambut Bukan Hanya Sekadar Tren

Mengubah tampilan atau warna rambut seyogyanya bukan hanya sekadar ikut-ikutan. Baik itu karena faktor lingkungan sekitar atau mungkin faktor idola.

Lebih dari itu upaya ini bisa dipilih untuk me-refresh hingga menaikkan mood seseorang. Mengubah imej ke arah positif dan ditandai tindakan nyata.

Bagi sebagian orang bisa saja mereka tidak percaya diri untuk pergi ke salon kecantikan dan mewarnai rambut. Sebagai alternatif maka mereka pun mengubah rumah menjadi salon ala kadarnya.

Tidak sulit sejatinya, bila saja mengetahui hal-hal mendasar dalam proses pewarnaan ini. Ketahui hal-hal apa saja yang diperbolehkan dan hal apa saja yang tidak disarankan agar hasil kian optimal.

Ketahui Hal Mendasar Sebelum Mewarnai Rambut

proses mewarnai rambut
shutterstock

Seperti yang sudah disampaikan diatas, ada beberapa hal mendasar yang perlu diketahui untuk hasil lebih baik. Beberapa hal tersebut antara lain:

1. Tekstur Rambut Akan Berubah

Rambut ketika diberi warna dengan bahan kimia secara otomatis akan rusak. Hanya saja tingkatannya berbeda-beda.

Menjadi penting kemudian melakukan beberapa treatment untuk mengembalikan kesehatan rambut. Jangan lupa gunakan produk pendukung usai pewarnaan agar tetap baik-baik saja.

2. Hasil Tiap Orang Akan Berbeda

Jangan berharap hasil yang diperoleh satu sama lain sama meski menggunakan produk yang sama. Hal ini karena kembali lagi faktor kondisi rambut masing-masing orang akan berbeda-beda.

Yang bisa kita lakukan tentu saja untuk mendapat hasil terbaik dengan memperhatikan proses dilakukan dengan tepat. Terlebih bila sebelum pewarnaan menggunakan proses bleaching yang sudah pasti akan menurunkan kualitas kesehatan rambut.

3. Lakukan Perawatan Ekstra

Ketika sudah memutuskan untuk mewarnai rambut maka jangan lupa lakukan perawatan ekstra. Mereka yang melakukan pewarnaan rambut cenderung kering dan kaku.

Usai pewarnaan bukan berarti selesai tugas. Masih ada treatment berkala yang harus dilakukan guna menjaga rambut tetap baik-baik saja.

Siapkan Sebelum Mewarnai Rambut di Rumah

1. Pilih Warna Cat Rambut

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja memilih warna cat rambut. Agak susah tentunya karena ada berbagai pertimbangan yang harus dipikirkan mulai dari warna kulit hingga bentuk wajah.

2. Pastikan Cat Cukup

Ketika sudah memutuskan warna dipilih selanjutnya pastikan jumlah yang ada mencukupi. Mereka yang miliki rambut panjang membutuhkan cat dua hingga 3 kali lebih banyak dari mereka yang miliki rambut pendek.

3. Lakukan Tes Alergi

Tes alergi ini menjadi penting karena kita tidak ingin gara-gara proses pewarnaan terjadi alergi. Rasa yang muncul bila alergi biasanya adalah rasa panas atau terbakar, gatal dan lain-lain.

4. Jangan Sendiri

Benar kegiatan ini bisa dilakukan di rumah tapi untuk kali pertama jangan coba-coba. Yang ada kemudian bisa jadi tidak merata karena proses pewarnaan harus bisa menyentuh semua bagian terutama di belakang kepala.

Cara Mewarnai Rambut

Bila beberapa hal diatas sudah disiapkan maka proses mewarnai rambut di rumah sudah bisa dimulai. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Siapkan Semua Peralatan

Alat yang dibutuhkan dalam proses ini tentu saja mangkok / wadah plastik, kuas / sisir cat rambut, handuk, jepit rambut, cermin, dan penutup kuping. Sebaiknya siapkan petroleum jelly untuk melindungi rasa perih bila bersentuhan dengan kulit.

2. Sisir dan Bagi Rambut

Jangan tergesa-gesa dan terlalu banyak mewarnai sekaligus. Ada baiknya bagi menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dalam proses pewarnaan agar merata dan sempurna.

3. Gunakan Kain Penutup Bahu dan Sarung Tangan

Cat atau pewarna mudah jatuh dan bisa jadi mengotori baju dan tangan. Tak ingin hal ini terjadi maka gunakan kain / handuk dan sarung tangan saat proses pewarnaan.

4. Racik Cat Rambut

Racik cat rambut sesuai aturan. Jangan terlalu pekat atau sebaliknya terlalu encer karena hasil tidak maksimal. Proses peracikan harus sempurna dan tidak boleh asal-asalan.

5. Gunakan Petroleum Jelly

Kembali ke poin sebelumnya untuk melindungi beberapa kulit untuk diolesi petroleum jelly. Beberapa bagian yang rentan antara lain dahi, pelipis, telinga hingga bagian tengkuk.

6. Dari Akar ke Ujung Rambut

Saat proses pewarnaan harus dimulai dari akar ke ujung rambut dan pastikan merata. Aplikasikan tipis-tipis dan oleskan berulang kali untuk hasil lebih baik dan rapi.

7. Bilas Air Dingin

Setelah pewarnaan diamkan sesaat untuk meresap hingga ke dalam. Upayakan 30 menit kemudian bilas dengan air dingin agar hasil optimal.

Sangat mudah dan pastinya proses mewarnai rambut di rumah sama baiknya tak ubahnya berada di salon sesungguhnya. Jangan lupa pastikan baca dan pelajari petunjuk pemakaian yang ada dikemasan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.