Cara dan Syarat Mendapatkan Uang Edisi Khusus Kemerdekaan RI

  • Whatsapp

Dalam beberapa waktu terakhir di grup whatsapp yang saya ikuti sedang heboh. Tentang bagaimana mendapatkan uang edisi khusus kemerdekaan RI nominal Rp 75.000,-

Uang Edisi Khusus Kemerdekaan RI
ist

Tak mau ketinggalan saya pun ingin memesan uang edisi khusus tersebut. Dan cukup membahagiakan karena stok melimpah mencapai 75 juta lembar. Sementara itu satu KTP hanya berhak akan satu lembar saja.

Artinya setiap orang besar kemungkinan akan mendapatkan uang yang tak biasa ini. Hanya saja ternyata prosesnya yang cukup berliku.

Uang Edisi Khusus Kemerdekaan RI

Sesuai dengan temanya uang edisi khusus kemerdekaan ini dikeluarkan bertepatan dengan peringatan 75 tahun Republik Indonesia merdeka. Maka wajar saja bila kemudian banyak orang berupaya untuk memilikinya tak terkecuali saya.

Bukan hanya unik karena bertepatan dengan peringatan kemerdekaan RI ke 75 tapi menurut Gubernur BI Perry Warjiyo uang pecahan Rp 75.000,- edisi khusus memiliki teknologi yang lebih baik. Mulai dari pengaman hingga kertas yang gunakan jauh lebih berkualitas.

Tak hanya canggih tapi tiap lembar kertas juga mengandung identitas dan karakteristik bangsa Indonesia. Sesuatu yang harus dijaga dan lestarikan, jadi bukan hanya sebatas menjadi kebanggaan semata.

Tiga tema filosofis disematkan untuk mensyukuri kemerdekaan, merawat kebhinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang. Ketiga tema tersebut ada dalam satu kesatuan baik itu dalam sejumlah gambar, baik di sisi muka dan belakang.

Uang kertas ini menjadi yang pertama setelah sebelumnya setiap 25 tahun sekali BI mengeluarkan mata uang dalam bentuk logam.

Sudah barang tentu siapapun yang memiliki seri uang ini akan memiliki prestise tersendiri. Oleh karena itu bila kamu pun menginginkan uang edisi khusus ini harap catat cara dan syarat mendapatkannya.

Baca juga: Tampilan Uang Baru yang Diluncurkan Bank Indonesia

Cara Mendapatkan Uang Edisi Khusus Kemerdekaan RI

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memesan melalui laman PINTAR Bank Indonesia di https://pintar.bi.go.id. Ingat ini hanya bisa dibuka di desktop dan tidak bisa di unduh via Android atau iOS.

Periode pemesanan penukaran dibagi beberapa tahap dan untuk tahap 1 dimulai 17 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB hingga 30 September 2020. Setelah melakukan pemesanan melalui laman resmi maka kita harus melakukan penukaran di Kantor Pusat Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Bank Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selanjutnya untuk tahap 2 akan dimulai tanggal 1 Oktober 2020 hingga selesai. Proses dan lokasi penukaran sama dengan yang sebelumnya.

Ingat, satu KTP hanya berlaku untuk satu lembar uang khusus peringatan kemerdekaan RI. Jadi jangan harap kamu bakal miliki cukup banyak kecuali akan mengerahkan KTP seluruh anggota keluarga.

Sementara itu untuk proses penukaran akan dilayani mulai 18 Agustus 2020 hingga 30 September 2020.

Yang cukup menarik tentunya kita bisa menukarkan uang pecahan ini melalui bank umum. Hanya saja mereka baru akan melayani mulai 2 Oktober 2020 sampai dengan selesai.

cara dan syarat mendapatkan Uang Edisi Khusus Kemerdekaan RI
ist

Syarat Mendapatkan Uang Edisi Khusus Kemerdekaan RI

1. Sudah melakukan pemesanan melalui laman resmi https://pintar.bi.go.id
2. Menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli
3. Menunjukkan bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital
4. Menukar uang pada waktu dan lokasi yang telah dipilih, dibuktikan dengan bukti pemesanan
5. Proses penukaran paling cepat satu hari setelah proses pemesanan online

Sudah tahu ya cara dan syarat mendapatkan uang edisi khusus kemerdekaan RI. Bila kamu juga menginginkan silakan segera melakukan pemesanan sesuai instruksi di atas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *