5 Kuliner Kaliurang yang Wajib Dicicipi

  • Whatsapp

Kaliurang yang terletak di Kabupaten Sleman memang terkenal sebagai tempat istirahat karena pesona alam yang indah dan hawanya yang sejuk. Namun, ternyata Kaliurang juga menyimpan potensi wisata kuliner yang perlu diperbincangkan agar orang lain tahu.

Berikut adalah 5 kuliner kaliurang yang wajib dicicipi :

Bacaan Lainnya

1. Sate Kelinci

http://santapjogja.com

Sate Kelinci Kaliurang sangat mudah ditemukan khususnya di sekitar objek wisata Telogo Putri.  Warung yang menyediakan sate kelinci biasanya menggantungkan daging kelinci yang sudah disembelih di dekat perapian, sebelum dipotong kecil dan menjadi sate.

Daging kelinci potong biasanya akan disajikan bersama sambalkecap dan nasi hangat. Rasa sate kelinci itu sendiri sebenarnya mirip seperti daging ayam, namun teksturnya yang lebih halus dan lebih kenyal.

Kelinci yang digunakan sebagai bahan untuk membuat sate kelinci biasanya merupakan jenis kelinci pedaging, bukan kelinci ras.

 

2. Tongseng Mbah Ganis

http://makanjogja.com

Warung makan Tongseng Mbah Ganis terletak di kompleks Pasar Tlogo Putri, Kaliurang. Warung Tongseng Mbah Ganis memiliki desain interior yang khas, dimana di dalamnya penuh dengan kerajinan kayu.

Menu yang disediakan di warung ini mirip seperti warung-warung di sekitarnya, namun ada 2 yang paling unik dan hanyak ditemukan di warung Tongseng Mbah Ganis, yaitu tongseng kopyok dan tongseng awul.

Tongseng kopyok disini dimasak seperti tongseng biasa. Yang membedakan dengan tongseng biasanya adalah penampakannya dimana dagingnya ditusuk terlebih dahulu seperti sate dan ditambah kopyokan telur.

Untuk tongseng awul sendiri juga sama, menggunakan kuah tongseng biasa, hanya saja ditambah kwetiauw kenyal dan tambahan sayur yang lebih banyak.

Kedua tongseng tersebut diatas menggunakan bahan baku daging kelinci, namun jika tidak suka dengan daging kelinci, kamu bisa mengganti dagingnya dan memesan menggunakan daging ayam atau kambing saja.

 

3. Kopi Merapi

http://wargajogja.net

Tanaman kopi yang tumbuh di lereng Gunung Merapi tumbuh sumbur berkat aktivitas vulkanik Gunung Merapi. Maka dari itu, kesempatan tersebut langsung digunakan pengusaha untuk membuat minuman kopi dan kemudian menjualnya.

Sentra kopi yang terkenal terletak di kawasan Bebeng, di sebelah tenggara Kaliurang, tepatnya di Warung Kopi Merapi. Di warung Kopi Merapi, kamu bisa menikmati secangkir kopi hangat dengan pemandangan pasca-erupsi yang terkenal dengan batu-batu besarnya.

Kopi yang disediakan di Warung Kopi berasal dari varian robusta dan arabica. Keduanya berasal dari pohon yang ditanam di lereng Merapi dan memiliki ciri khas yang berbeda. Selain diminum di tempat, ternyata kita juga bisa membeli kopi kemasan untuk di bawa pulang.

 

4. Nasi Klenyer

http://thepicta.com

Nasi Klenyer merupakan makanan khas Kaliurang yang tidak terlalu terkenal, namun sangat wajib untuk dicoba. Nasi Klenyer sendiri sebenarnya banyak ditawarkan di berbagai warung di sekitar objek wisata Tlogo Putri, salah satunya adalah Rumah Makan Mbah Ganis.

Nasi Klenyer sebenarnya varian dari nasi goreng yang disiram kuah tongseng, sehingga teksturnya sedikit lembek dan berkuah. Rasanya agak pedas, dan sangat cocok untuk menghangatkan tubuh saat sedang kedinginan akibat udara dingin lereng Merapi.

 

 

5. Wedang Ronde

http://foody.id

Sebenarnya wedang ronde bisa ditemukan di seluruh sudut kota Jogja, namun pasti akan lebih nikmat rasanya jika disantap di tengah udara sejuk Kaliurang.

Ada cukup banyak penjaja wedang ronde di Kaliurang, khususnya di sekitar Taman Rekreasi Kaliurang. Semangkuk wedang ronde hangat terdiri dari kue moci manis, kacang tanah goreng, kolang-kaling, serta potongan roti tawar yang disiram kuah jahe panas.

Dengan rasa manis pedas yang ditawarkan, wedang ronde benar-benar cocok untuk menghangatkan diri di udara Kaliurang yang dingin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *