Alasan Klasik Kenapa Blog Harus TLD, dotcom atau dotnet

Dulu kali pertama saya ngeblog banyak yang bertanya dan heran kenapa blog harus TLD atau top level domain dengan dotcom. Apakah tidak sayang menghabiskan ratusan ribu hingga jutaan untuk sesuatu yang belum pasti ada imbal baliknya.

blog harus tld
pixabay.com

Namun, tanpa sepengetahuan mereka saya telah berhitung. Bahwa apa yang dimulai harus berhasil. Semua ini tentang ide besar, investasi dan masa depan. Oleh karena itu penting dengan adanya blueprint untuk memasatikan semua berjalan semestinya.

Tidak boleh ada kata gagal dan kompensasinya adalah hampir sebagian besar waktu habis untuk bekerja dan ngeblog. Keduanya seolah menjadi gaya hidup dimana saya benar-benar mencintainya.

Tak ada kata setengah hati karena itu sebenarnya adalah kegagalan yang tertunda. Sebaliknya harus totalitas bagaimana mewujudkan sebuah mimpi.

Bukan hanya Menulis Tapi juga Impian

Ngeblog bukan hanya tentang menulis. Jauh didalamnya terdapat ruang beride dan berkreasi. Terkadang media lain kurang bisa memfasilitasi tapi dengan ngeblog semua menjadi mungkin.

Selain itu ada keyakinan bahwa apa yang dituliskan masih akan bisa dibaca belasan, puluhan atau mungkin ratusan tahun yang akan datang. Mungkin dalam taraf ini saya dikatakan sebagai penganut waham kebesaran.

Tapi biarkanlah, bukankah kita dalam hidup harus miliki mimpi besar. Mimpi tersebut senantiasa akan menjaga semangat kita bahwa angan masih jauh dan harus tetap kerja keras.

Tak ada yang gratis dalam hidup ini, demikian kala itu yang saya pikirkan. Maka dengan itu sebagian uang disisihkan untuk membeli domain TLD dan hosting.

Diantara banyakanya domain TLD saya sangat suka dengan dotcom dan dotnet. Bukan tanpa alasan tapi kedua domain tersebut benar-benar populer.

Bila kamu kesulitan menemukan salah satu penyedia layanan baik itu domain, hosting, SSL dan sebagainaya ada baiknya menghubungi setidaknya 3 penyedia layanan hosting. Pastikan mereka menyediakan layanan yang mumpuni. Harus teruji tangguh hingga layanan purna jualnya.

Seolah menjadi representasi masyarakat, media atau blog terpercaya pasti kalau tidak menggunakan dotcom ya menggunakan dotnet.

Kenapa Blog Harus TLD, ini Jawabannya

Domain dotcom sengaja dipilih karena menjadi salah satu icon media besar saat ini. Hampir semua raksasa media menggunakan dotcom.

Dan hasilnya kini telah terasa. Tiap kali menulis seolah menjadi kebahagiaan yang tak terkira. Seolah tak mau berhenti, apa yang dikerjakan ini harus terus berjalan hingga nanti.

Harapannya tentu saja siapapun yang membaca tulisan dari blog ini beranggapan bahwa ini adalah media online besar. Bagaikan sebuah doa yang tiap kali dipanjatkan secara konsisten.

Kedepan kanaljogja.com pun harus semakin besar. Mungkin kalau saja tidak menggunakan TLD belum tentu blog ini akan menghasilkan profit.

Selain pendapatan dari Google kini mendapatkan space iklan juga bukan sesauatu yang teramat sulit. Sebagai bukti telah ada penawaran dari beberapa pihak.

Salah satu syarat dari pengiklan tentu saja blog harus TLD. Alasan klasik menurut mereka tentu saja blog tersebut lebih disukai mesin pencari dan pastinya lebih elegan.

Profit memang bukan segalanya tapi minimal bisa untuk upgrade dan perpanjangan domain serta hosting. Syukur-syukur suatau saat nanti dengan ngeblog bisa menjadi mata pencaharian.

Selain itu bagi pembaca terlihat lebih profesional dan meyakinkan kalau dikelola dengan serius. Jadi buat kamu-kamu yang akan memulai ngeblog ada baiknya untuk berinvestasi.

Kini telah tersedia domain dotcom dengan harga murah. Harganya tak akan lebih dari setengah uang jajan kamu kok.

Memulai dari awal dengan serius akan membawa pelakunya untuk senantiasa serius. Sangat sayang bukan, kalau apa yang dimulai tidak dijalankan dengan optimal.

Secara sederhana dapat dikatakan penggunaan domain TLD semisal dotcom dan dotnet adalah investasi jangka panjang. Tak ada sesuatu yang sia-sia selama seseorang itu tetap mau berusaha.

Kini telah banyak anak-anak muda yang mulai tetarik dengan dunia digital. Salah satu yang paling nampak adakah tumbuh kembangnya start up berbasis digital.

Dan hampir bisa dipastikan domain yang mereka pilih tentu saja antara dotcom dengan dotnet. Seolah memiliki daya tarik tersendiri daripada penyedia domain dan hosting yang lain.

Kini setiap hari bermunculan alamat situs berakhiran keduanya. Ayo amankan domain dotcom kamu sebelum digunakan orang lain.

Dengan memulai menggunakan domain dotcom dan dotnet setidaknya kita telah memulai investasi cerdas jangka panjang. Bukan hanya itu saja tapi juga upayakan untuk menggunakan hosting.

Cara ini akan mengamankan data yang ada sehingga bila terjadi sesuatu maka kita telah ada backup. Lain cerita bila dititipkan ditempat orang, bisa jadi tiba-tiba ada masalah dan data kita hilang semua.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar

  1. menurut saya, investasi ratusan ribu rupiah per tahun worth it kalau kita serius ngeblog. jadi pasti akan ada hasilnya juga, tergantung juga sih alasan kita ngeblog untuk apa.

    1. bagaikan membangun pipa untuk menyalurkan air mbak, nanti kalau udah jadi air itu akan selamanya mengalir untuk kita