Aneka Ragam Olahan Belut di Sentra Kuliner Godean

  • Whatsapp

Bagi kamu yang kebetulan berkunjung ke Jogja dan ingin satu kuliner yang menarik dan berbeda maka kamu wajib ke sini. Sentra Kuliner Godean siap manjakan lidahmu dengan aneka olahan belut dan serba-serbinya.

burger belut
kompas.com

Tempatnya sangat mudah ditemukan, cukup berjalan ke arah barat dari Tugu Jogja sejauh 10 kilometer maka kamu akan menemukannya. Letaknya sangat strategis, berada di kawasan Pasar Godean, tepatnya di samping jalan yang menghubungkan Kulonprogo hingga Solo.

Bacaan Lainnya

Harganyapun sangat kompetitif dimana satu penjual dengan penjual lain tidak akan jauh beda.

Harganya bila musim liburan bisa bisa tembus angka 200 ribu rupiah. Namun bila normal tentu di bawah angka itu, bergerak di angka Rp 120 ribu hingga Rp 140 ribu. Sesuai hukum pasar dimana bila ada permintaan naik maka akan disertai kenarikan harga pula.

Kualitas dan ukuran belut pun beda-beda. Semakin baik jenis belut dipilih otomatis harganya akan semakin tinggi pula. Namun dipastikan pengunjung tak akan menyesal karena panganan ini tidak ada disembarang tempat.

Baca Juga: 12 Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian

Ikon Kuliner Godean

Seolah menjadi ikon kuliner baru, sentra kuliner Godean ini selalu berbenah. Bila dulu hanya berada disamping pasar menggunakan bahu jalan, kini tempatnya telah dibuat nayaman. Berjejer puluhan pengrajin keripik belut membuat pembeli seolah berada dalam lautan belut.

Para pedagang ini tak akan sungkan menawarkan para pengunjung untuk icip-icip. Sekedar merasakan gurihnya masakan asli Godean sebelum memutuskan keripik mana yang hendak dibeli. Selain keripik belut saat ini ada beberapa pedagang yang juga menawarkan aneka keripik lainnya.

Sentra kuliner Godean ini menjadi rujukan bagi pendatang yang kebetulan datang ke Jogja. Mereka ingin sesuatu yang beda dan tentunya akan memberi pengalaman yang berbeda. Menikmati berbagai olahan dari bahan sejenis ikan yang memanjang.

Tempat ini akan sangat ramai manakala lebaran dan musim liburan. Banyak dari mereka membeli belut goreng untuk oleh-oleh keluarga yang ada di rumah. Khususnya warga Jogja yang tengah merantau. Atau ada juga yang sengaja berburu kuliner khas daerah setempat.

Masih ada Pilihan Lain

Sama seperti sentra kuliner lain, di Pasar Godean ini pun akan ditemukan aneka oleh-oleh lain yang bisa dipilih. Kamu bisa pilih keripik daun bayam, keripik tempe sagu, keripik usus, keripik mlinjo, bakpia, slondok atau ‘alen-alen’ dan semua yang berbau Jogja akan ditemukan di tempat ini.

Selain di olah menjadi keripik belut ada juga beberapa rumah makan yang menyajikan belut sebagai kuliner unggulan. Sebut saja pecel belut atau sego welut yang mana secara konsep tak jauh beda dengan pecel lele dimana menu yang disajikan akan dilengkapi dengan sambal dan lalap. Hanya saja lele disini diganti dengan belut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *