12 Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian Yang Harus Dicoba

  • Whatsapp

Jogjakarta merupakan destinasi wisata favorit baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Bisa terlihat dari pengunjungnya yang selalu banyak. Tentu saja tidak lengkap jika datang ke Kota Budaya tanpa membawa oleh-oleh khas Jogja kekinian.

Pasalnya, tidak hanya memiliki banyak destinasi wisata tapi juga terdapat banyak makanan dan souvenir yang bisa dibawa pulang. Tidak saja enak tapi mewakili rasa Jogja banget.

Bacaan Lainnya

Deretan Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian

Di kota ini ada banyak sekali kuliner yang bisa dipilih. Tinggal sesuaikan dengan selera saja.

Ada yang memiliki citarasa manis, gurih hingga mungkin tak bisa diceritakan karena kamu harus mencoba sendiri. Dijamin bakal menyesal bila melewatkannya.

Inilah beberapa oleh oleh dari Jogja yang harus kamu bawa pulang.

Baca juga: 5 Rekomendasi Toko Kue di Jogja

1. Bakpia Pathok

bakpia patuk 75
instagram.com/voilajogja

Jika berwisata ke Jogja maka sempatkanlah untuk membeli oleh oleh makanan khas Jogja, salah satunya Bakpia Pathok. Sebab, bakpia sudah menjadi ikon makanan asal Jogja yang tidak boleh dilewatkan.

Meski sudah banyak kue kekinian yang sangat hits, bakpia pathok tidak pernah kehilangan penggemar. Toko-toko yang menjual bakpia ini selalu laris manis menunjukkan bahwa masih banyak yang mencarinya.

Pada awalnya hanya terdapat varian rasa kacang hijau saja. Namun, sekarang sudah berinovasi sehingga menghadirkan rasa baru seperti green tea, coklat. keju, red velvet, dan durian. Inilah yang membuatnya semakin banyak diminati karena varian rasanya semakin banyak dan beragam.

2. Keripik Tempe Sagu

keripik tempe sagu
rumahmesinblog.wordpress.com

Ingin membawa oleh-oleh yang berbeda? Kamu bisa membawa keripik tempe sagu.

Memang keripik tempe ini bisa ditemukan di mana saja. Namun, keripik tempe sagu asli Jogja ini memiliki keistimewaan tersendiri.

Berbeda dengan keripik tempe pada umumnya, biji tempenya lebih terasa dan terlihat dengan sangat jelas. Hal ini dikarenakan keripiknya dibuat dengan campuran sagu.

Selain itu juga membuatnya menjadi lebih krispi. Olahan dari tempe ini sangat cocok dibawa pulang untuk keluarga dan dijadikan cemilan di rumah.

3. Bakpia Tugu Jogja

bakpia tugu jogja
instagram.com/bakpiatugujogja

Bakpia Jogja memang menjadi salah satu makanan yang sangat banyak dicari oleh para wisatawan. Apalagi sekarang sudah mulai banyak bakpia kekinian seperti Bakpia Tugu Jogja.

Dengan harga mulai dari Rp 25.000 saja kamu bisa mendapatkan bakpia yang sangat lembut. Terdapat beberapa varian rasa yang bisa dicoba yaitu coklat, kacang hijau, keju, dan kacang merah.

4. Gudeg Kalengan

gudeng kalengan
instagram.com/gudegbagong

Gudeg merupakan salah satu makanan khas Jogja yang wajib dicoba. Apalagi jika kamu sangat menyukai makanan manis sehingga akan cocok dengan makanan ini. Di berbagai sudut kota Jogja dapat ditemukan dengan mudah rumah makan yang menyediakan gudeg.

Makanan yang diolah dari nangka dengan campuran santan ini sekarang tidak hanya bisa dibawa pulang dengan cara dibungkus. Jika ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh kamu bisa membeli gudeg kalengan.

Kini ada banyak rumah makan yang menyediakan gudeg kalengan. Sebut saja Gudeg Yu Djum, Bu Lies, Bu Tjitro 1925, Mbarek Bu Hj Ahmad, Andrawina Loka dan Mbak Yayah.

Tidak perlu khawatir basi karena terlalu lama di jalan. Sebab, gudeg kalengan dapat bertahan hingga satu tahun tanpa kehilangan rasa aslinya. Menarik, bukan?

5. Brownies Ubi Ungu

brownies ubi ungu
instagram.com/cokrotelacake

Selanjutnya ada juga oleh-oleh khas Jogja kekinian lainnya yang bisa kamu bawa pulang yaitu brownies ungu. Jika biasanya brownies terbuat dari coklat, maka kamu bisa menikmati kue berbahan dasar ubi ungu.

Teksturnya yang lebih lembut dan rasanya yang lebih lezat membuat kue basah ini menjadi favorit para wisatawan. Kamu juga bisa membawanya untuk oleh-oleh karena rasanya yang tidak ada duanya.

6. Walang Goreng

walang goreng
instagram.com/mrachefo

Pernah mencoba belalang goreng? Jika belum, maka bisa mencobanya dengan membeli walang goreng. Cemilan khas Gunungkidul ini terbuat dari belalang yang digoreng hingga krispi.

Tidak hanya sebagai cemilan, walang goreng ini pun bisa dijadikan untuk teman nasi karena sangat gurih dan memiliki banyak protein. Terdapat beberapa varian rasa yang bisa kamu pilih mulai dari bacem, pedas, dan gurih.

Harga dari walang goreng ini pun cukup murah yaitu mulai dari Rp 30.000 saja. Kamu bisa membawanya pulang tanpa takut basi karena terlalu lama sejak pembelian. Sebab, walang goreng dapat bertahan cukup lama.

7. Yangko

yangko jogja
instagram.com/bakpiakencana

Yangko Jogja adalah makanan yang tidak mungkin kamu lewatkan. Kue yang bertekstur lembut seperti mochi ini terbuat dari tepung ketan. Sehingga meski teksturnya seperti mochi tapi lebih padat dan mengenyangkan.

Mochi khas Jogja ini juga bisa dinikmati dari beberapa varian rasanya seperti coklat dan durian. Kamu bisa mendapatkan kue khas Jogja ini salah satunya ada di Jalan Pramuka No 82, Kota Jogja.

8. Jogja Scrummy

jogja scrummy
instagram.com/jogjascrummy

Saat ini sedang hits kue-kue artis di berbagai kota. Tentu saja Jogja sebagai kota yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar juga tidak ketinggalan.

Terdapat kue kekinian yang diberi nama Jogja Scrummy. Makanan yang lagi viral di Jogja ini dapat dinikmati dalam beberapa varian rasa yaitu srikaya, mangga, taro, keju, coklat, karamel, wortel, kacang, dan beberapa varian lainnya.

Kue dari Dude Herlino ini pun cukup murah yaitu dijual dengan harga mulai dari Rp 45.000 untuk satu boxnya. Kue perpaduan antara brownies kukus dengan pastry ini bisa didapatkan di beberapa cabang, salah satunya ada di Jalan Laksda Adi Sucipto KM 7, Jogja.

9. Keripik Belut

keripik belut sentra kuliner jogja
kanaljogja.id

Jogja memang terkenal dengan berbagai olahan makanannya yang unik dan khas. Salah satunya yang tidak mungkin kamu lewatkan yaitu keripik belut. Olahan keripik dari belut ini memiliki rasa yang sangat gurih sehingga nikmat dijadikan lauk maupun cemilan.

Dengan harga mulai dari Rp 87.000 kamu bisa mendapatkan keripik ini. Tidak hanya keripik, kamu juga bisa membeli olahan belut lainnya seperti sambal penyet belut, pepes welut, mangut welut, sego welut, dan berbagai masakan lainnya.

Sentra kuliner belut ini ada di Pasar Godean, persisnya ada di sisi timur. Di pasar ini ada puluhan pedagang belut menjajakan keripik belut dan serba serbinya.

10. Cokelat Monggo

chocolate monggo
instagram.com/chocolatemonggo

Jogja juga memiliki olahan dari cokelat yang bisa kamu nikmati dan bawa pulang yaitu Chocolat Monggo. Rasanya pun tidak kalah dengan coklat terkenal yang berada di pasaran.

Selain itu juga memiliki desain bungkus yang tradisional membuat coklat khas Jogja ini terlihat seperti makanan tradisional. Meski dibalut dengan tampilan tradisional, rasanya pasti akan membuat kamu ketagihan.

Jika kamu menyukai olahan manis maka sangat direkomendasikan untuk membeli cokelat Monggo.

11. Tasuba

tasuba jogja
pethaubychain.com

Mungkin kamu belum pernah mendengar oleh oleh Jogja satu ini. Sebab, tahu bakso lebih identik dengan Semarang dan dapat ditemui dengan lebih mudah di sana. Namun, Jogja pun memiliki tahu bakso yang tidak lezat.

Tasuba merupakan singkatan dari tahu susu bakso. Campuran susu pada tahunya membuatnya menjadi lebih lembut dan gurih. Makanan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena bisa bertahan hingga 6 bulan.

Apalagi Tasuba tidak menggunakan pengawet sama sekali sehingga aman untuk dikonsumsi. Hanya dengan Rp 32.000 saja kamu sudah bisa mendapatkan satu pak Tasuba yang isinya 5 hingga 10 buah.

12. Geplak

geplak jogja
instagram.com/icukgandung_ldt

Cemilan lainnya yang bisa kamu bawa sebagai oleh oleh dari Jogja yaitu geplak. Makanan ringan dari olahan kelapa dan gula ini dapat ditemukan dengan sangat mudah. Variasi rasanya pun semakin beragam mulai dari coklat, vanila, nangka, hingga durian.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Jogja mulai dari kue tradisional hingga kue artis kekinian yang bisa kamu bawa pulang. Selain itu, kamu juga bisa membawa souvenir khas Jogja seperti baju batik, gantungan, dan lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *