Antara Othok-Othok di Pesta Tahun Baru, Prediksi Hujan dan Sterilisasi Kawasan Nol Kilometer

Bila kamu ingin suasana yang berbeda dalam pesta tahun baru maka nanti malam, Rabu (31/12/2014) datanglah ke Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS). Pasalnya ditempat tersebut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jogja akan menghadirkan sesuatu yang beda.

othok-othok, mainan tradisional
jogja.tribunnews.com

Tahun baru yang identik dengan kembang api akan digantikan dengan membunyikan othok-othok. Atau mainan tradisional khas pasar malam Sekaten. Berdasar informasi yang didapat, penggantian dari kembang api ke othok-othok ini untuk mengembalikan tradisi bangsa.

Selain itu mainan yang banyak dijajakan di Sekaten ini lebih ramah dan aman. Sehingga tidak akan menimbulkan suara berisik atau resiko berbahaya bagi yang lain.

Jadi dipastikan pasar malam yang biasanya telah sepi sejak pukul 23.00 WIB akan tetap ramai hingga dini hari. Untuk mendongkrak jumlah pengunjung, pihak pemerintah daerah setempat juga telah menyiapkan aneka hiburan untuk menantikan detik-detik pergantian tahun.

Hanya saja perlu menjadi perhatian seluruh warga yang hendak merayakan pesta tahun baru kali ini. Pasalnya berdasar pantauan BMKG, Jogja pada malam perayaan tahun baru akan hujan.

Selain itu perlu diperhatikan bahwa kawasan Nol Kilometer yang biasanya untuk parkir akan disterilkan. Hal ini karena ditempat tersebut juga akan digunakan untuk berkumpul warga Jogja dalam merayakan perhantian tahun.

Seperti tahun-tahun sebelumnya bila tidak disterilkan maka yang terjadi adalah kemacetan yang sangat parah. Kendaraan akan menjadi tidak beraturan dan akan mengurangi kenyamanan dalam pesta perayaan pergantian tahun.

Pos terkait