Bus Social Distancing ini Beroperasi di Jogja

Pandemi menciptakan sejumlah kreativitas bagi pelaku usaha bila mereka ingin bertahan. Tak terkecuali dalam industri transportasi dimana saat ini mulai dikembangkan konsep bus social distancing.

bus social distancing
instagram.com/laksanabus

Bus yang lebih memperhatikan faktor keamanan, khususnya dimasa pandemi dimana jaga jarak menjadi satu keharusan. Tak hanya itu saja tapi harus ada teknologi yang lebih baik untuk memastikan sirkulasi udara lebih baik.

Di Jogja pun kini telah ada bus social distancing yang bisa dicoba. Bus yang dirancang khusus untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi penumpang tersebut setidaknya telah melayani 2 rute.

Bus Social Distancing yang beroperasi di Jogja

Di Jogja pun kini telah hadir bus social distancing yang mana perubahan paling mencolok ada di sisi interior. Dimana terdapat jarak yang jelas antara satu penumpang dengan penumpang lainnya.

Baca juga: Kangen Naik Bus Wisata di Jogja, ini Rutenya

1. Jogja – Jakarta

Bus pertama yang bisa dicoba tentu saja rute Jogja – Jakarta. Bus ini dimiliki PO Sumber Alam yang diproduksi Laksana selaku karoseri.

Untuk sampai pada tahap akhir mereka dalam prosesnya juga melibatkan Undip dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Harapannya tentu saja bisa menjawab kebutuhan pengguna transportasi di tanah air khususnya warga Jogja dan Jakarta.

Bio Smart & Safe Bus demikian nama bus dengan desain AC yang lebuh baik. Dimana semburan udara mendapat perhatian khusus dimana dari atas langsung ke bawah sehingga tidak akan mudah menyebar. Selain itu udara akan disterilkan dengan HEPA filter dan UV-C light.

Bus dengan formasi tiga tempat duduk, 1 – 1 – 1 ini juga dilengkapi dengan AC dan toilet. Untuk harga masih menurut Antoni di kutip dari oto.detik.com masih sama di angka Rp 180.000,-.

2. Jogja – Cilacap

Selanjutnya moda kedua yang telah menerapkan konsep bus social distancing adalah PO Efisiensi yang melayani rute Jogja – Cilacap. Bus yang sebelumnya memiliki konfigurasi 2 – 1 ini berubah menjadi 1 – 1 – 1 demi memberi rasa aman dan nyaman bagi seluruh penumpang.

Bus dengan bodi Jetbus 3+ Voyager ini disulap oleh para mekanik sendiri dan hasilnya sangat menakjubkan. Kursi yang bisa diset untuk rebahan, dilengkapi arm rest membuat perjalanan lebih nyaman.

Jogja Cilacap sendiri bisa ditempuh dalam waktu 2 – 3 jam dan bus ber AC ini tidak dilengkapi toilet. Untuk menikmati fasilitas tersebut penumpang cukup merogoh kocek Rp 85.000,-.

Selain bus yang ada di Jogja ini setidaknya telah ada bus-bus lain yang telah menerapkan konsep bus social distancing. Sebut saja PO Mtrans dengan trayek Kediri – Denpasar, PO New Shantika dengan trayek Jakarta – Jepara, PO Handoyo dengan trayek Jakarta – Magelang, PO Bagong di Malang Jawa Timur dan bisa jadi dalam waktu dekat akan bermunculan bus lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar