Mudah, Begini Cara Daftar Prakerja 2022 Agar Bisa Diterima

Cara Daftar Prakerja 2022 – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan bahwa Kartu Prakerja akan dibuka lagi di tahun 2022 ini. Dilansir dari kompas.com, Program Kartu Prakerja gelombang 23 akan diumumkan pada bulan Februari ini.

cara daftar prakerja 2022 (2)
prakerja.go.id

Sebelumnya Program Kartu Prakerja ini sudah berakhir terakhir pada tahun 2021. Saat itu gelombang terakhir di gelombang 22. Dan di tahun ini program tersebut akan dilanjutkan.

Anggaran untuk program ini sudah ditentukan, yakni sekitar 11 triliun. Karena anggaran sudah dipastikan, maka mau tidak mau Program Kartu Prakerja ini pasti akan dilaksanakan dan dilanjutkan pada tahun ini.

Selain itu, pemerintah juga akan menambah kuota lebih banyak lagi dari tahun kemarin. Hal itu dilakukan berdasarkan situasi dan kondisi yang ada.

Insentif Rp 2,4 juta

Untuk insentif Kartu Prakerja sendiri diperkirakan masih sama dengan program sebelumnya. Yakni pada angka Rp 2.400.000,- yang akan cair tiap bulan selama 4 bulan dengan nominal Rp 600.000,-.

Untuk pembayarannya saat ini sudah ada 5 mitra pembayaran yang sudah bergabung atau bekerja sama. Mulai dari Bank BNI, Gopay, Dana, OVO, dan LinkAja.

Tidak hanya mitra pembayaran saja, adapula 7 platform digital dan 8 institusi pendidikan yang dapat dijadikan tempat untuk mengakses pelatihan-pelatihan, jika terpilih. Apabila kamu terpilih, kamu bukan hanya dapat mengakses pelatihan-pelatihan tersebut, tetapi juga masuk ke dalam ekosistem Program Kartu Prakerja.

Sudah ada 83 juta orang yang tercatat telah mendaftar dalam Program Kartu Prakerja ini sejak April tahun 2020 sampai akhir tahun 2021. Akan tetapi meski sebanyak itu, anggaran dari pemerintah yang terbatas membuat anggaran tersebut baru diterima oleh 11,4 juta saja. Belum sepenuhnya.

Cara Membuat Akun Kartu Prakerja 2022

Setelah mengetahui bahwa tahun ini akan dibuka kembali maka ada baiknya untuk membuat Kartu Prakerja. Sementara itu mereka yang sudah membuat dan belum berkesempatan ada baiknya informasi yang ada di update bila ada perubahan.

Cara ini merupakan langkah awal sebelum mendaftar Program Kartu Prakerja. Karena kalau kamu tidak mempunyai akun, otomatis kamu tidak dapat mengakses laman pendaftaran yang tersedia.

Berikut ini caranya:

  1. Buka laman www.prakerja.go.id
  2. Klik tulisan ‘Daftar Sekarang’
  3. Masukkan alamat email dan password
  4. Tekan ‘Daftar’
  5. Buka email karena kode verifikasi akan dikirim melalui email
  6. Klik tulisan verifikasi pada email dan masuk lagi ke laman tadi
  7. Akunmu berhasil dibuat

Nah jika sudah ada tulisan berhasil, maka secara otomatis kamu sudah mempunyai akun untuk mendaftar Program Kartu Prakerja tersebut. Lalu selanjutnya bagaimana? Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Daftar Prakerja

Bila akun sudah ada maka saatnya mengetahui cara daftar Prakerja agar lolos dan bisa menikmati fasilitas yang ada. Penasaran bukan dan berikut langkah mudahnya.

1. Peserta Mengisi Data Diri

Langkah selanjutnya, kamu nanti akan dibawa pada laman yang berisikan beberapa kolom. Kamu diminta untuk mengisi data diri.

Mulai dari nama sesuai KTP, email, NIK, Nomor KK dan Nomor HP yang masih aktif. Kalau ingin mudah, sebaiknya kamu mendaftar menggunakan ponsel. Baik android maupun IOS.

Karena kalau menggunakan laptop atau komputer, caranya akan lebih ribet. Alangkah baiknya menggunakan ponsel dan kamu akan dipermudah ketika dimintai verifikasi.

2. Pastikan Nama Ibu kandung dan Nama Lengkap Sesuai

Cara yang kedua ini sering menjadi kendala bagi orang-orang karena kurangnya ketelitian. Alangkah baiknya memastikan bahwa Nama Ibu Kandung dan nama lengkap sesuai dengan di KK, KTP, dan di Akta sekalipun.

Bagaimana jika tidak sesuai? Kamu bisa menghubungi Dukcapil melalui telepon ini: 1500537 atau bisa juga melalui whatsApp di nomor 08118005373.

Karena berada di zaman yang serba canggih, untuk bertanya perihal kendala tidak harus pergi ke kantornya, cukup menghubungi nomor yang tersedia, kamu sudah bisa mengurus atau mengatasi kendalanya.

3. Pastikan Unggahan Foto KTP Pas dan Terlihat Jelas

Kamu nanti juga diminta mengunggah foto KTP-mu sendiri. Untuk itu pastikan kalau unggahan foto KTP pas danyang terpenting adalah sesuai dengan ketentuan yang tertera pada laman atau pada kolom untuk mengunggah foto KTP tersebut.

Jika sudah sesuai, maka kamu dapat berhasil mengunggah foto KTP dan verifikasinya juga sangat cepat. Oh iya, satu lagi, lebih baik foto KTP diambil dari ponsel Hp yang kamu gunakan tersebut agar memudahkanmu.

4. Klik Kirim Jika Sudah Yakin Benar Semua

Jangan terburu-buru mengirim data diri yang sudah terisi. Alangkah baiknya kamu meneliti terlebih dulu apakah semuanya sudah benar dan semuanya sudah terisi. Jika sudah yakin, kamu tinggal klik tulisan ‘Kirim’ di laman tersebut.

5. Masukkan kode OTP

Setelah berhasil, nanti secara otomatis sistem akan mengirimkan kode OTP melalui SMS ke nomor HP yang sudah kamu daftarkan tadi. Kamu hanya tinggal memasukkan kode itu lalu tekan ‘Verifikasi’.

6. Ikuti Arahan Selanjutnya

Jika sudah terverifikasi, kamu ikuti saja arahan selanjutnya karena arahan itu sangat mudah. Kamu bisa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh sistem tersebut. Jawab semua dengan penyataan setuju jika kamu benar-benar berniat mendaftar prakerja ini.

Jika semua berhasil maka kamu hanya tinggal menunggu saja pemberitahuan yang biasanya dikirim via sms.

Syarat-syarat Daftar Kartu Prakerja

Apabila kamu masih ragu dan ingin mengetahui syarat-syarat agar dapat diterima saat mendaftar Kartu Prakerja, nah berikut ini syarat-syarat Daftar Kartu Prakerja yang patut kamu ketahui agar keyakinan dan semangatmu berkobar:

  1. Warga Negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas
  2. Tidak terikat oleh pendidikan formal
  3. Sedang mencari pekerjaan atau pekerja/buruh yang terdampak PHK,
  4. Buruh/pekerja yang sedang dirumahkan dan bukan pekerja yang masih menerima upah,
  5. Pelaku usaha mikro juga masih bisa mendaftar
  6. Tidak terdaftar penerima bantuan sosial selama pandemi
  7. Bukan PNS, pejabat negara, Pimpinan, Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan Perangkat Desa, Direksi/komisaris/Dewan Pengawasan BUMN atau BUMD.
  8. Maksimal dua NIK dalam 1 KK yang dapat diterima menjadi penerima Kartu Prakerja

Itulah beberapa syarat dan cara mendaftar Program Kartu Prakerja. Lakukan saja dengan baik dan kesempatan untuk mendapatkannya pun cukup besar. Tidak tidak bisa, minta bantuan ke teman yang sering berhasil mendaftarkan Program Kartu Prakerja.

Biasanya orang-orang tersebut mengetahui triknya sendiri. Sehingga siapa pun yang dia daftarkan berhasil diterima. Meskipun kadang juga hoki-hoki saja dan mungkin juga karena sudah rezekinya. Tetap sabar dan berusaha terus.

Siapa tahu kalau toh itu rezekimu, maka rezeki itu tidak akan lari darimu. Kamu bisa keterima dan mendapat anggaran yang sudah ditentukan tadi. Berdoa saja dan sungguh-sungguh dan mengerjakan soal yang diberikan.

Apabila berhasil, lumayan Rp 600.000,- per bulan dan bisa buat makan satu minggu lebih. Mantap sekali!

 

Pos terkait