Cara Membuat Blog Menghasilkan Receh

  • Whatsapp

Cara membuat blog menghasilkan tentu sebuah pembahasan menarik. Apalagi di saat banyak orang tidak teralu bebas bekerja di luar rumah.

cara membuat blog menghasilkan
pixabay.com

Tidak sulit mendapat penghasilan di era digital ini. Termasuk jika kita hanya berada di rumah. Internet dan segala kemudahannya, telah memberikan peluang bagi banyak orang. Baik berkarya maupun mendapatkan penghasilan.

Ada banyak sumber penghasilan yang bisa didapatkan melalui internet. Menjadi blogger adalah salah satu cara termudah.

Sumber penghasilan Blog

Sebenarnya ada banyak sekali sumber penghasilan blog. Misalnya saja seperti jaringan periklanan, iklan langsung, program afilliasi , lomba, dan lain sebagainya. Nampaknya mayoritas blogger hanya fokus pada Adsense, yang merupakan salah satu jaringan periklanan.

Baca juga: Blueprint Jadikan Ngeblog Lebih Seru

Dampaknya penghasilan menjadi tak menentu. Selain sangat dipengaruhi jumlah pengunjung, juga karena nilai Cost Per Click (CPC) yang rendah. Kecuali mungkin bermain blog bule yang angkanya jauh lebih baik.
CPC sendiri adalah besarnya nilai pembayaran yang didapatkan blogger, setiap kali pengunjung mengklik iklan yang tayang.

Dalam hal materi, sebenarnya blog sarana yang ampuh. Misalnya saja digunakan untuk jualan sehingga tidak terikat sistem. Penghasilan pun tak terbatas. Selama kita memiliki produk atau jasa berkualitas, tidak sulit mendatangkan pembeli.

Ada banyak hal yang bisa dijual melalui blog. Misalnya saja jualan produk, jasa penulisan artikel, jasa instal theme / plugin, hingga jasa pembuatan blog itu sendiri.

Jika keterampilan kita sudah mumpuni menghasilkan banyak uang tidaklah sulit. Banyak yang sudah membuktikannya. Misalnya saja Mas Vatih atau Mas Wibi pemilik republikseo.net, yang mana keduanya telah mampu survive dengan apik dari dunia blog.

Kunci dari jualan laris, tentu kualitas produk yang dijual. Kepercayaan yang tinggi calon customer terhadap penjual, juga sangat penting. Oleh karena itu, pastikan memiliki kedua hal tersebut sebelum memutuskan berjualan.

Menjadi Manusia Beruntung dengan Blog

Bukan rahasia lagi jika blog bisa menghasilkan banyak keuntungan. Banyak bukti dan cerita yang beredar di jagat maya. Misalnya saja Eka Lesmana. Pemuda cerdas yang hanya berpendidikan SMP, telah memperoleh banyak penghasilan dari Adsense. Atau mas Sugeng yang penghasilannya mencapai miliaran dari jualan theme.

Tapi bukan itu yang akan kita bahas. Menjadi manusia beruntung bukan hanya dinilai dari limpahan materi. Materi bukan tolak ukur kesuksesan dan kebahagiaan. Nyatanya tak sedikit yang hidupnya justru menjadi tidak tenang karena materi.

Sebaliknya, ada yang hanya memiliki materi pas-pasan tapi hatinya selalu diliputi kebahagiaan. Kebahagiaan hakikatnya ada di hati, pemberian dari sang pemilik hati.

Ada beberapa keuntungan menjadi blogger yang harus digaris bawahi antara lain:

1. Investasi Jangka Panjang

Dilihat dari segi apa pun blog adalah sebuah investasi yang sangat berarti. Dengan banyaknya konten, berarti kita sudah memiliki banyak tabungan.

Bukan hanya penghasilan dari Adsense dan lainnya. Investi di sini cakupannya sangat luas. Diantaranya sebagai investasi sejarah karena kita akan meninggalkan jejak digital untuk anak cucu kelak.

Dengan memiliki blog maka kita telah membangun banyak karya buah pemikiran yang dituangkan dalam bentuk artikel. Seharusnya kita bisa lebih memperbanyaknya, dibanding orang-orang sholeh zaman dulu.

Dahulu belum ada komputer, smartphone, apalagi Google. Tapi tak sedikit yang telah meninggalkan banyak kitab. Dengan kitab atau buku yang telah ditulis, meski sudah puluhan hingga ratusan tahun meninggal. Manfaat karyanya masih tetap terasa.

Baca juga: Berkah Bagi Mereka yang Melek Teknologi Informasi

Karya membuat banyak orang menjadi panjang umur. Meski telah dibuat beberapa belas atau tahun yang lalu tapi manfaatnya bisa dirasakan hingga kini.

2. Memperluas Pergaulan

Salah satu keuntungan menjadi blogger adalah memiliki lingkungan pergaulan yang luas. Seperti halnya internet, kita bisa dikenal dan berinteraksi dengan setiap orang di seluruh dunia.

Menjadi blogger akan mempermudah mendapatkan teman baru setiap harinya. Dengan jalinan silaturahmi ini, jalan ilmu dan rezeki semakin mudah didapatkan.

Baca juga: Ini Ceritaku: Dapat Email dari BI Netifest 2020

3. Tabungan Akhirat

Saya selalu membayangkan, dan menghitung-hitung. Sungguh banyak pahala yang didapatkan, mereka yang menulis banyak buku terlebih kitab. Berhubung saya baru bisa menulis beberapa ratus kata maka cukuplah jadi blogger.

Berapa banyak hati dan pikiran tercerahkan melalui perantara karya seseorang. Baik selama masih hidup, hingga kapan pun selama karya tersebut bisa diakses.

Di sinilah peran penting menjaga niat ketika memulai berkarya. Bukankah setiap amalan tergantung niatnya?
Selama diniatkan ibadah, apa pun yang dilakukan akan baik dan memberikan manfaat kebaikan. Bukan hanya untuk dirinya, tapi juga banyak orang.

Kita pun harus mewaspadai niat dan cara yang salah dalam berkarya. Tidak hanya pahala, dosa juga bisa terus-terusan didapatkan dari sebuah karya. Pastikan membuat karya yang baik dan bermanfaat untuk agama dan sesama bukan keuntungan semata.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *