Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Bertambahnya usia mungkin akan ditandai dengan adanya rambut rontok. Dan bila tidak ingin terus berlanjut maka harus ada satu atau beberapa cara mengatasi rambut rontok. Baik itu dengan bahan alami yang ada di sekitar rumah maupun menggunakan 3 in 1 shampoo.

cara mengatasi rambut rontok
dove.com/id/

Terlebih bagi mereka yang beraktivitas di luar rumah dan penampilan menjadi sesuatu yang harus dijaga. Tidak mau bukan rasa percaya diri tiba-tiba hilang hanya karena rambut rontok dan bertebaran di mana-mana.

Masalah bisa kian parah bila kemudian juga ditemukan ketombe. Satu kondisi yang acapkali muncul setiap kali rambut bermasalah.

Katakan tidak untuk rambut rontok dan berketombe. Saatnya mulai menjaga dan memanjakan diri dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Dan bila perlu gunakan 3 in 1 shampoo agar hasil kian optimal.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Dikutip dari beberapa sumber ternyata apa yang ada di sekitar kita bisa menjadi solusi dan cara mengatasi rambut rontok ini sangat mudah. Tidak perlu bahan ataupun treatment khusus dan semua pasti bisa mendapatkan rambut sehat indah alami.

Rambut rontok bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari faktor konsumsi makanan, stres, hormonal, usia, efek samping konsumsi obat dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu penanganannya pun bisa bermacam-macam. Namun untuk kerontokan karena satu hal biasa masih bisa di-treatment sendiri di rumah dan tidak membutuhkan tenaga ahli.

Sebisa mungkin hindari penggunaan bahan-bahan kimia yang mulai mudah ditemukan. Akan tetapi lebih disarankan untuk menggunakan bahan-bahan alami. Selain murah dan mudah ditemukan tentu tanpa efek samping.

1. Lidah Buaya

Cara mengatasi rambut rontok paling populer tentu menggunakan gel lidah buaya. Bisa jadi lidah buaya atau aloevera adalah kandungan yang paling banyak ditemukan dalam pembuatan shampoo.

Hal ini karena benar kandungan baik yang ada di dalamnya mampu memberikan nutrisi terbaik untuk rambut dan kulit kepala. Menjadi menarik kemudian bila ternyata kita bisa menggunakan secara langsung. Tanpa perlu diolah dan cukup mengoleskan gel lidah buaya pada rambut.

Lakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu dan manfaat baik itu akan langsung dirasakan. Selain membuat kepala lebih dengin, gel ini juga bekerja ampuh untuk memperbaiki sel jaringan rambut yang rusak.

2. Teh Hijau & Daun Seledri

Teh hijau bukan sekadar bahan minuman kaya manfaat untuk tubuh. Lebih dari itu juga memberi manfaat baik untuk rambut.

Apalagi bila ditambah dengan daun seledri dan digunakan secara teratur. Keduanya mengandung senyawa antioksidan dan vitamin yang dibutuhkan rambut.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Cukup seduh teh hijau dan daun seledri kemudian oleskan air tersebut ke rambut secara merata. Lakukan hal tersebut secara teratur minimal 2 kali dalam seminggu.

3. Bawang Merah dan Bawang Putih

Mungkin kita menduga bawang putih dan bawah merah hanyalah bumbu dapur. Tapi siapa sangka kolaborasi keduanya mampu jaga rambut tetap sehat.

Memiliki bau menyengat dan bisa jadi tidak banyak orang menyukainya. Namun jangan salah, ternyata kandungan bawang ini sangat dibutuhkan rambut dan kulit kepala sebagai sumber nutrisi.

Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah. Di mana kita cukup memblender atau membuat jus dari bawang merah dan bawang putih. Selanjutnya cukup aplikasikan ke rambut hingga kulit kepala. Lakukan secara teratur, minimal 2 kali dalam satu minggu dan rasakan manfaat baik yang ada.

4. Minyak Kelapa

Tak kalah banyak, cara mengatasi rambut rontok menggunakan minyak kelapa. Minyak ini kaya akan asam lemak dan sangat baik untuk tubuh tak terkecuali untuk kesehatan rambut. Minyak ini sangat ampuh untuk menjaga kesehatan rambut dengan cara mengingat protein agar tidak lepas dari rambut.

Bisa diaplikasikan dan sama baiknya digunakan sesaat sebelum mandi atau sesudahnya. Tinggal melihat kondisi rambut saat ini saja.

Bagi mereka yang miliki rambut berminyak maka bisa digunakan sehari atau beberapa jam sebelum keramas. Dan bagi mereka yang miliki rambut kering bisa menggunakan setelah keramas. Akan lebih baik bila sesudahnya tidak perlu dibilas.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun tak kalah ampuh dan multi guna layaknya minyak kelapa. Dikenal kaya Vitamin dan mineral mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K dan zat besi serta kalsium yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan rambut.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup oleskan sedikit minyak zaitun pada rambut dan kepala. Untuk hasil lebih optimal ada baiknya pijat kulit kepala dengan lembut.

Diamkan beberapa saat agar lebih menyerap hingga ke bagian dalam rambut dan kepala. Jangan lupa kemudian bersihkan sisa minyak yang ada dengan 3 in 1 shampoo untuk hasil terbaik.

6. Yogurt Murni

Yogurt bukan hanya sekadar bahan pembuat minuman menyegarkan. Lebih dari itu juga bisa diaplikasikan untuk mengurangi rambut rontok.

Yogurt dikenal kaya akan kandungan vitamin D, kalsium, kalium dan protein. Semua itu selain dibutuhkan tubuh juga baik untuk kesehatan rambut dan menjaga kekuatan akar rambut.

Gunakan yogurt murni tanpa rasa dan gula kemudian oleskan pada rambut. Yogart bisa diaplikasikan layaknya menggunakan creambath dan biarkan selama beberapa menit agar lebih meresap ke tiap helai rambut kemudian bilas

7. Minyak Rosemary

Masih ada minyak Rosemary yang kaya akan manfaat dan sangat baik untuk rambut dan kulit kepala. Selain mengurangi rambut rontok minyak esensial ini juga ampuh untuk menjaga kesehatan rambut.

Hal ini dikarenakan kandungan yang ada mampu merangsang pertumbuhan rambut baru. Selain itu juga bisa mengobati alopecia androgenetik.

Cara mengaplikasikan juga sangat mudah dimana kita cukup mencampur beberapa tetes minyak rosemary dengan minyak pembawa (minyak almond, alpukat, bunga matahari, jagung, jojoba, olive, dll) kemudian oleskan pada rambut. Penting untuk diperhatikan, jangan pernah mencoba hanya menggunakan minyak rosemary tanpa campuran karena sifatnya keras pada rambut dan kulit kepala.

8. Minyak Geranium

Minyak lain yang bisa mengatasi rambut rontok tentu saja minyak geranium. Di mana minyak ini lebih tepatnya cocok untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu mampu meningkatkan sirkulasi akar rambut.

Cara menggunakan tak jauh beda dengan minyak sebelumnya dimana kita tetap membutuhkan minyak pembawa atau campur dengan 3 in 1 shampoo. Hal ini karena sifat dari minyak ini juga cukup kuat.

Jangan lupa manjakan rambut dan kulit kepala dengan cara memijatnya perlahan-lahan. Penggunaan teratur jadikan rambut lebih kuat, lebih lembap dan kembalikan kesehatan rambut.

9. Lemon

Apabila beberapa minyak diatas tidak ditemukan maka ada baiknya mencoba menggunakan sari lemon. Perasan sari lemon ini dipercaya mampu meningkatkan kualitas dan mendorong pertumbuhan rambut.

Cara menggunakannya pun cukup mudah dimana kita cukup mengoleskan sari lemon ke rambut dan ratakan. Bisa diaplikasikan secara langsung atau ditambahkan dengan minyak pembawa sebagai masker rambut.

10. Konsumsi Makanan Sumber Asam Lemak Omega

Cara mengatasi rambut rontok yang lain bisa dengan memperhatikan faktor asupan makanan atau dari dalam tubuh. Caranya dengan mengonsumsi makanan sumber asam lemak omega. Pilihannya pun ada banyak dan bisa disesuaikan dengan selera.

Makanan kaya nutrisi terutama mengandung asam lemak omega mampu meningkatkan kepadatan dan diameter rambut. Selain itu juga mengandung antioksidan yang dibutuhkan tubuh.

11. Konsumsi Ginseng

Ginseng sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Termasuk di dalamnya kesehatan kepala dan rambut.

Hal ini karena ginseng mengandung ginsenosides yang mampu merangsang folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu juga kaya akan kandungan baik yang dibutuhkan rambut.

12. Konsumsi Makanan Kaya Protein Tinggi

Kurang cocok dengan makanan kaya asam lemak omega dan ginseng maka ada baiknya pilih makanan kaya akan protein. Hal ini diketahui dari sejumlah penelitian, mereka yang mudah mengalami kerontokan rambut adalah orang-orang yang kurang asupan protein.

Protein ini pun cukup mudah ditemukan dari sumber makanan yang ada di sekitar kita. Baik itu protein hewani maupun nabati sama baiknya untuk tubuh dan kesehatan rambut.

Rambut Sehat Tanpa Rontok dengan 3 in 1 Shampoo

Berbagai cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami sudah dilakukan dan akan memberi hasil optimal bila didukung 3 in 1 shampoo. Shampoo multi fungsi dimana dalam satu kemasan terdapat 3 manfaat.

Shampoo yang tidak saja efektif mengatasi kerontokan. Lebih dari itu juga mampu hilangkan ketombe dan jauhkan dari rambut lepek.

Satu kondisi yang sangat dibenci kaum hawa tentunya. Dan kita pasti tidak mau itu terjadi. Lakukan salah satu cara mengatasi rambut rontok diatas dan sekiranya cocokĀ  serta memberi hasil lebih baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.