Penyebab Rambut Rontok dan Solusinya

Penyebab rambut rontok harus diketahui, khususnya bagi mereka yang mengalami kerontokan pada usia di bawah 30 tahun. Hal ini agar ditemukan solusi tepat untuk menumbuhkan rambut yang aman.

penyebab rambut rontok
merdeka.com

Pastinya jangan coba-coba dengan penumbuh rambut dengan kandungan bahan kimia. Yang ada kemudian bisa jadi rambut akan semakin rontok.

Namun alangkah baiknya sebelum berbicara tentang cara menumbuhkan rambut perlu diketahui penyebab kerontokan. Masing-masing orang bisa jadi memiliki penyebab yang berbeda.

Oleh karena itu penangangannya pun harus berbeda-beda pula. Tidak bisa pukul rata karena efektivitas dari masing masing metode atau cara menumbuhkan rambut juga akan berbeda.

Penyebab Rambut Rontok

Ada banyak penyebab rambut rontok. Khususnya pada mereka yang masih muda, yang seyogyanya rambut rontok belum terjadi. Kalaupun terjadi masih dalam batas normal.

Namun bila rambut rontok dan menuju kebotakan maka hal ini menjadi perlu perhatian khusus. Di kutip dari Tresemme setidaknya ada 7 penyebab rambut rontok.

1. Perubahan Hormon

Jangan pernah berpikir bahwa hormon dalam tubuh akan bersifat stabil. Yang ada justru seringkali terjadi perubahan dan hal ini akan berdampak secara tidak langsung pada rambut.

Paling mudah ditemukan pada wanita yang sedang hamil. Dimana pada masa ini kerontokan akan begitu nampak. Namun begitu usai melahirkan maka rontok itu akan hilang dengan sendirinya.

2. Tekanan Mental atau Stres

Stres atau tekanan mental berlebih akan mengakibatkan rambut rontok. Hal ini mungkin secara tidak sadar akan kita rasakan ketika sisiran.

Mereka yang dalam kondisi stres akan menemukan jumlah rambut lebih banyak pada sisir. Sebaliknya pada orang yang sedang bahagia maka jumlah rambut ini tidak begitu nampak.

3. Kekurangan Nutrisi

Rontok pada rambut juga terjadi pada mereka yang kurang asupan gizi. Terutama kurang akan kandungan Vitamin C, omega 3 dan 6, yang mana nutrisi ini sangat baik untuk rambut.

Oleh karena itu jangan ragu untuk mengkonsumsi buah segar yang kaya akan kandungan vitamin C. Buah selain kaya akan vitamin juga miliki kandungan yang baik untuk tubuh dan rambut.

4. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Menjadi peringatan bagi mereka yang suka mengkonsumsi obat-obatan. Apapun alasannya obat itu tidak baik untuk tubuh dan rambut kecuali atas resep dokter.

Menjadi penting pula, dalam kondisi apapun bila harus mengkonsumsi obat kimia untuk konsultasi ke dokter. Tidak saja baik untuk cegah rambut rontok, lebih penting adalah bagaimana organ tubuh tetap berfungsi sempurna.

5. Masalah pada Kulit Kepala

Kulit kepala tetap harus dijaga kelembabannya. Lindungi dari paparan sinar matahari secara langsung agar tetap sehat.

Kini telah ada berbagai produk di pasaran untuk menjaga kulit kepala tetap sehat dan lembab. Selain itu pastinya rambut tetap terjaga kesehatannya.

6. Penggunaan Produk dan Alat Styling

Rambut rontok juga sering terjadi pada mereka yang suka mewarnai rambut atau memberikan treatment khusus semisal mencatok rambut. Bukan berarti tidak boleh tapi lebih harus memperhatikan kualitas dari produk yang digunakan.

Imbangi dengan produk yang sekiranya bisa menjaga kualitas rambut tetap kuat. Dengan demikian tidak perlu takut bila melakukan treatment pada rambut.

7. Berganti Produk Perawatan Rambut

Rambut dan kepala itu membutuhkan shampoo dan conditioner yang sesuai. Menjadi penting kemudian untuk tidak coba-coba.

Kalau saja tiap bulan sering berganti produk perawatan rambut maka bisa jadi yang ada kemudian justru kerontokan rambut. Upayakan hanya menggunakan produk terbaik yang dinyatakan benar-benar aman untuk rambut dan kepala.

Bila sudah diketahui apa saja penyebab rambut rontok maka kini saatnya untuk mencari informasi lebih tentang bagaimana menumbuhkan rambut.

Ada banyak cara tentunya, tapi kali ini lebih baik menggunakan berbagai metode yang dirasa lebih aman dan jauh dari kandungan bahan kimia.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya pastinya menjadi salah satu bahan alami yang sangat baik untuk rambut. Produk ini juga telah digunakan sejak zaman dulu dan hingga saat ini.

Cukup gunakan gel atau getah lidah buaya dan oleskan pada rambut. Tidak saja menumbuhkan tapi juga membuat rambut tetap sehat dan berkilau.

2. Omega 3 dan 6

Kekurangan nutrisi bisa jadi adalah biang keladi dari adanya rambut rontok. Oleh karena itu cukupi kandungan nutrisi yang dibutuhkan.

Salah satunya tentu saja omega 3 dan 6 yang sangat baik untuk otak, tak terkecuali kepala dan rambut. Nutrisi baik ini pun mudah ditemukan pada berbagai makanan seperti telur, ikan, kacang-kacangan dan sayuran hijau.

3. Minyak Esensial

Para wanita tentu saja tahu manfaat akan minyak esensial. Usut punya usut minyak ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut.

Jangan ragu untuk oleskan minyak esensial untuk menjaga kesehatan rambut. Selain pada minyak zaitun manfaat baik ini juga bisa ditemukan di chia seed oil yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

4. Masker Telur

Tak banyak yang menggunakan tapi faktanya cara ini cukup ampuh untuk menumbuhkan rambut. Cara membuat dan menggunakan masker telur ini cukup mudah dan siapa saja bisa membuatnya sendiri.

Cukup kocok 1 butir telur ayam dan tambahkan 1 sendok makan minyak esensial. Gunakan sebagai masker selama 20 menit kemudian bilas dengan shampoo.

5. Seledri

Seperti kita tahu bahwa seledri kaya akan Vitamin A, B, natrium dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan rambut. Cara menggunakan hampir sama dengan masker telur.

Hanya saja kali ini berbahan seledri. Gunakan blender untuk mendapat hasil optimal dan gunakan sebagai masker rambut. Setelah itu silakan cuci dan bilas dengan shampoo untuk hasil lebih baik lagi.

6. Santan Kelapa

Masih ada banyak bahan di sekitar kita sebagai alternatif menumbuhkan rambut dengan aman dan sehat. Santan kelapa salah satunya dimana santan yang digunakan adalah santan murni tanpa tambahan apapun.

Cukup hangatkan santan dan oleskan pada rambut kemudian biarkan sesaat untuk meresap. Dengan pemakaian teratur maka rambut bisa tumbuh cepat dan hitam alami.

7. Teh Hijau

Bahan lain yang digunakan sebagai alternatif untuk menumbuhkan rambut tentu saja teh hijau. Gunakan air seduhan teh hijau secara teratur untuk mendapat hasil optimal.

Basuh kepala dan rambut menggunakan seduhan teh hijau kemudian tutup dengan handuk. Biarkan selama lebih kurang 30 menit kemudian bilas dengan air.

Mudah dan praktis bukan, dengan cara-cara diatas tentunya kerontokan pada rambut dapat teratasi tanpa rasa khawatir. Sebelum menentukan akan menggunakan cara mana pastikan ketahui penyebab rambut rontok terlebih dahulu agar tidak salah treatment.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *