Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Mungkin kita sudah menduga bahwa pandemi telah berakhir. Namun faktanya belum dan menjadi penting untuk memahami cara menjaga kesehatan mata secara alami.

cara menjaga kesehatan mata
pixabay.com

Seperti kita tahu bahwa mata menjadi salah satu organ vital yang harus senantiasa dijaga. Tidak mau bukan tiba-tiba sakit atau terpapar kuman atau virus.

Terlebih dimasa pandemi seperti saat ini. Di mana waktu lebih banyak ada di rumah dan bisa jadi gawai, layar laptop dan televisi menjadi teman setia. Bisa jadi mereka yang miliki mata minus akan semakin bertambah parah.

Terutama bagi mereka yang bekerja di kantor, baik di rumah dan kantor akan selalu berjumpa dengan layar. Tentunya hal itu akan bikin mata cepat lelah.

Oleh karenanya sudah saatnya pula untuk fokus bagaimana cara menjaga kesehatan mata. Jangan sampai kemudian mereka yang berkacamata akan semakin tebal.

Baca juga: Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan Mata

Karena hampir semua aktivitas beralih ke internet, tentunya organ tubuh yang paling banyak bekerja saat ini tentu saja mata. Bisa jadi mata akan bekerja tidak kurang dari 15 jam dalam satu hari.

Oleh karenanya perlu perlakukan esktra untuk menjaga agar tetap sehat. Bila perlu tidak saja cukup istirahat saja tapi juga harus cukup nutrisi.

Apalagi mereka yang bekerja dengan layar, tentu mata akan bekerja lebih keras. Bila tidak dijaga dengan baik maka akan rentan untuk mendapat masalah

Sebut saja iritasi sebagai akibat dari pantulan cahaya. Di mana bila terus berlanjut maka akan menyebabkan mata terluka.

Baca juga: Cara Memilih Asuransi Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Untuk menghindari masalah dan problematika yang ada, sebaiknya siapapun itu perlu menjaga kesehatan mata. Menjaga kesehatan mata dibagi menjadi dua, satu cara menjaga kesehatan mata secara alami atau secara praktis.

Cara menjaga kesehatan mata secara alami dapat dilakukan di rumah. Paling penting senantiasa lakukan kebiasaan baik dan cukupi nutursi akan buah dan sayur sebagai sumber vitamin. Sedangkan secara praktis, biasanya memeriksakan mata ke dokter spesialis dan meminta obat.

Dan saatnya bagi kita semua untuk mencoba bagaimana cara menjaga kesehatan mata secara alami. Selain lebih murah tentunya tidak membutuhkan effort lebih.

Cukup lakukan beberapa hal baik berikut ini:

1. Memakai Kacamata Pelindung

Kacamata digunakan bukan untuk orang-orang yang menderita sakit saja. Tetapi juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mata.

Dengan memakai kacamata anti radiasi maka mata akan terjaga dari radiasi layar. Selain itu juga bisa menjaga dari ganasnya sinar matahari langsung yang nantinya bisa merusak mata.

Selain radiasi, kacamata juga bisa dapat mencegah debu masuk ke mata saat berkendara motor. Karena debu tersebut dapat membuat mata iritasi.

Iritasi yang sering dianggap sepele tersebut, merupakan awal dari rusaknya mata. Saking hebatnya kacamata, benda ini bisa menghindari bahan kimia yang hendak masuk ke mata.

Bahan kimia yang berbahaya untuk mata karena akan mengakibatkan kebutaan. Selain itu juga, kacamata juga sering digunakan untuk mengelas besi.

2. Jaga Kebersihan Tangan

Menjaga kebersihan tangan juga ada kaitannya dengan menjaga kesehatan mata. Karena apa, tanpa disadari kita sering mengusap-usap mata dengan tangan. Kalau sampai kita tidak menjaga kebersihan tangan, kuman-kuman dan kotoran yang menempel di tangan juga akan menempel pada mata saat mengusapnya.

Kuman-kuman dan kotoran tersebut dapat mengakibatkan mata bermasalah. Misalnya iritasi dan mungkin masalah lainnya yang tidak ketahui. Kelihatannya memang sepele, tapi kadang hal-hal yang besar berawal dari hal-hal yang sepele. Maka teruslah menjaga kebersihan tangan dan tubuh lainnya.

3. Jangan Memainkan Gadget dan Laptop Sambil Tiduran

Karena mungkin pekerjaan yang masih menumpuk, membuat kita tanpa sadar memainkan gadget atau laptop sambil tiduran. Pegal di bagian pinggang karena terlalu lama duduk, membuat kita memilih mengerjakan sisa pekerjaan sembari tiduran.

Memang cara tersebut enak buat menghilangkan pegal. Tetapi berbahaya untuk kesehatan mata. Mata akan bekerja dua kali lipat saat seseorang memainkan gadget dan laptop sembari tiduran. Saraf-saraf mata akan menguat dan mengendor dengan cepat.

Hal ini perlu disiasati. Mungkin dengan beristirahat sepuluh menit, sepuluh menit agar pinggang tidak terlalu pegal dan mata bisa beristirahat juga. Sehingga ketika bekerja kembali, tubuh akan terasa bugar.

4. Menghindari Putung Rokok dan Asapnya

Mata akan terasa perih ketika terkena putung rokok atau asapnya. Selain membuat perih, mata akan iritasi jika terus-menerus terkena hal-hal tersebut.

Oleh karenanya harap berhati-hati bila ada orang yang merokok di sekitar kita. Hindari asap dan putung yang kadang kabur oleh angin.

Apalagi saat berkendara dan di depannya ada yang merokok. Maka harus lebih waspada, karena takutnya putung rokoknya terbang terkena angin dan mengenai mata.

5. Jaga Kebersihan Lensa Kacamata

Kacamata tidak hanya dipakai tapi juga harus dirawat. Kacamata yang kotor juga akan menyebabkan mata iritasi serta masalah untuk kesehatan mata.

Serpihan-serpihan debu yang menempel pada lensa dan tidak dibersihkan, lama-kelamaan akan jatuh ke mata juga saat memakainya.

Jangan sampai juga, lensa kacamata berjamur karena sudah lama tidak dibersihkan. Berbahaya memang jika hal tersebut terus-menerus dibiarkan.

Kacamata yang seharusnya menjadi alat pelindung malah menjadi boomerang yang membuat mata menjadi terinfeksi penyakit.

Menjaga kebersihan lensa kacamata dilakukan dengan cara membersihkannya acapkali selesai memakai dan akan digunakan. Dengan begitu, debu-debu yang menempel akan mudah hilang.

Atau bisa juga memakai cairan yang khusus digunakan untuk lensa tersebut. Lensa mata akan bersih dengan sendirinya.

Beberapa cara menjaga kesehatan mata secara alami ini sangat berguna apalagi selama pandemi seperti ini. Aktivitas yang sering dilakukan di depan layar monitor ini tentunya akan membuat mata mudah sekali lelah dan terserang penyakit.

Perlu berhati-hati juga dengan lingkungan sekitar yang dapat mengakibatkan mata iritasi atau atau menimbulkan penyakit mata lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan