Home Story Cerita Unik Mbah Ruhini dan Kucing Pasar Beringharjo

Cerita Unik Mbah Ruhini dan Kucing Pasar Beringharjo

1 746

 

Geliat keramaian Pasar Beringharjo ternyata menyimpan kisah unik tentang Mbah Ruhini dan kucing manisnya. 

Beralaskan tikar tipis, Mbah duduk bersandar pada setumpuk karung berisi pakaian. Dalam usia lanjut, warga asli Kotagede ini masih sanggup bekerja sebagai pedagang baju lawasan, dengan perjuangan yang panjang.

mbah-ruhini5

kanaljogja/stevanie.ocha

Bersama seorang rekan dari komunitas fotografer.net, kami mengobrol dengan Mbah Ruhini. Komunitas foto online tersebut sedang menjalani aktivitas street hunting di seputaran Malioboro.

Kami juga tertarik dengan anak kucing kesayangan Mbah Ruhini yang dipanggil Si Manis atau Cipuss Manis. 

Nis…Nis…Manis…,” panggil Mbah berulang kali jika kucing itu bermain agak jauh. Sebab Mbah kesulitan berdiri untuk mengamankan Si Manis dari keramaian lalu-lintas.

mbah-ruhini3

kanaljogja/stevanie.ocha

Si Manis amat senang bermanja-manja dalam belaian. Sebenarnya Mbah sempat memelihara dua ekor saudara Si Manis. Namun keduanya sudah diminta orang lantaran sangat lucu dan warna bulunya indah.

Tapi nanti kalau memang ada yang ingin memelihara Si Manis, maka Mbah berniat mengikhlaskan teman setianya itu. Asalkan Si Manis punya kehidupan yang lebih aman dan nyaman. Daripada berkeliaran di sepanjang jalanan Pasar.

kucing-mbah99

Kanaljogja/stevanie.ocha

Sehari-hari, Mbah mencari nafkah di Pasar Beringharjo bersama seorang anaknya yang berdagang pakaian di lantai atas pasar.

Seringkali Mbah tidak sempat pulang ke rumah. Meskipun ingin menikmati hari tua dengan tenang, namun Ia sudah terbiasa bekerja, hingga harus tertidur di pinggir jalan.

Pernah suatu ketika, Mbah Ruhini terjaring razia Dinas Sosial sehingga harus menginap di Panti Sosial. Beruntung kebebasan Mbah bisa ditebus kembali oleh anaknya.

Saat ditanya soal usia, Mbah hanya tertawa kecil. Katanya sudah tidak ingat, bisa jadi sekitar 80 tahun atau lebih.

kucing-mbah6

Kanaljogja/stevanie.ocha

Seperti itulah sekelumit cerita menarik tentang kehidupan Mbah Ruhini bersama kucing manis dari Pasar Beringharjo.

Semisal Anda lewat dekat parkiran selatan Pasar, sapalah sejenak Mbah serta kucing manisnya. Gurat ceria di wajah Mbah yang tegar memberikan inspirasi tersendiri bagi kita.

Semoga beliau sehat selalu dan bisa selalu tersenyum bersama Si Manis.

mbah-rubini1

Kanaljogja/stevanie.ocha

1 COMMENT

Leave a Reply