Gurihnya Soto Pites Mbah Galak di Tengah Hiruk Pikuk Pasar

  • Whatsapp

Mendengar namanya saja sudah bikin penasaran. Apa sih Soto Pites itu? Soto Pites adalah salah satu soto yang menggunakan cabai pites, maka dari itu namanya Soto Pites Mbah Galak.

Bacaan Lainnya

soto pites mbah galak
jogjatravel.id

Soto Pites Mbah Galak terletak di Pasar Beringharjo Timur. Warung soto ini sudah berada di Pasar Beringharjo sejak 1970-an. Awalnya soto ini dibuat oleh Mbah Harjo yang memang galak, maka dari itu ada embel-embel ‘Mbah Galak’ dibelakang nama soto tersebut.

Saking enak dan gurihnya, warung soto ini setidaknya bisa menjual 100 mangkok setiap harinya. Dengan rasa soto yang segar dan selalu membuat ketagihan, warung soto yang telah ada sejak puluhan tahun ini tentu tak pernah ada kata sepi pengunjung.

Dengan nama yang tergolong cukup unik, Soto Pites Mbah Galak mampu menarik perhatian wisatawan Pasar Beringharjo. Untuk mendapat satu porsi soto kamu hanya perlu mengeluarkan uang kira-kira Rp 10.000,- saja, harga yang bisa dibilang tidak menguras kantong bukan?

Porsi soto pas untuk ukuran pengunjung meski ada satu dua yang mengatakan kecil. Tapi jangan salah justru itu yang disukai para pelanggan karena porsi tersebut membuat perut mereka nyaman dan tidak kekenyangan. Selain itu, besarnya porsi juga sudah turun-temurun.

Warung Soto Pites Mbah Galak memang sederhana, di dalamnya hanya terdapat beberapa meja dan kursi yang tersedia. Menu yang tersedia di warung ini juga hanya sedikit, yaitu :

1.    Soto Daging Sapi

2.    Soto Ayam

3.    Wedang/Es Kolang – Kaling

4.    Sar Saparela/Limun Belanda

Sesuai namanya, sumber pedas dari Soto Pites ini yaitu cabai yang dipites menggunakan ibu jari di tepian mangkok. Justru ini yang membuatnya unik, tidak seperti soto pada umumnya yang menggunakan sambal sebagai penambah rasa pedas.

Isi dari semangkok Soto Pites Daging Sapi yaitu potongan daging sapi, nasi putih, tauge, seledri dan kuah yang bening kecoklatan. Dengan rasa soto yang khas, dan potongan daging sapi yang cukup lembut di mulut, soto ini akan terus dikangenin pengunjungnya.

Untuk minuman, yang sering dipesan pengunjung adalah Es Kolang – Kaling. Ada resep turun-temurun sendiri dari minuman tersebut, yaitu kolang – kaling yang dicampur dengan jeruk nipis sehingga rasanya lebih segar.

Segelas Es Kolang – Kaling hanya berisi kolang – kaling yang diberi sirup warna merah. Harga untuk segelas Es Kolang – Kaling ini hanya Rp 3.000,- untuk gelas besar, dan Rp 2.500,- untuk gelas kecil.

Warung Soto Pites Mbah Galak buka dari jam 7 pagi hingga setengan 3 sore. Warung ini memang tidak mengikuti jam tutup Pasar Beringharjo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *