Desa Wisata Bleberan Dinyatakan Sebagai Yang Terbaik Dari Yang Terbaik Tingkat DIY

  • Whatsapp

Desa Wisata Bleberan Gunungkidul dinyatakan sebagai Desa Wisata Terbaik Tingkat DIY 2015. Desa wisata yang mencuat karena Air Terjun Sri Gethuk dan Gua Rancang Kencono ini berhasil mengalahkan puluhan desa wisata yang ada di Jogjakarta.

air terjun sri gethuk
instagram.com/ai_akbar93

Pengukuhan Bleberan sebagai desa wisata terbaik dilakukan di Pantai Krakal pada Selasa (28/4/2015). Salah satu alasan Desa Wisata Bleberan dinyatakan sebagi yang terbaik adalah telah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang mampu memberikan pendapatan asli desa.

Bacaan Lainnya

Mayoritas pendapatan Desa Bleberan diperoleh dari retribusi pengunjung Air Terjun Sri Gethuk dan Gua Rancang Kencono. Tata kelola yang baik mampu memberikan kontribusi untuk 11 dusun yang ada.

Predikat terbaik diperoleh Desa Wisata Bleberan setelah mengalahkan Desa Wisata Pulesari (Sleman), Desa Wisata Jatimulyo (Kulonprogo), Desa Wisata Puton (Bantul), Desa Wisata Dewa Bronto (Yogyakarta) dan Desa Wisata Grogol (Sleman).

Pada akhir tahun 2014 lalu, nama Air Terjun Sri Gethuk mencuri fokus dunia setelah terpilih sebagai lokasi syuting film garapan Hollywood Beyond Skyline. Otomatis dengan digunakannya sebagai lokasi syuting maka Desa Bleberan akan lebih dikenal publik di mata dunia internasional.

Praktis dengan terpilihnya Desa Bleberan maka menggantikan posisi Desa Wisata Wukirsari (Bantul) yang mana tahun lalu dinyatakan sebagai yang terbaik. Di Jogja sendiri sejatinya terdapat puluhan desa wisata yang bisa dituju.

Masing-masing desa wisata menyuguhkan berbagai atraksi dan pengalaman berbeda. Namun pada umumnya mereka ingin mengajak wisatawan untuk sejenak merasakan kedamaian di alam pedesaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *