Desa Wisata Bleberan Gunungkidul, Keindahan Air Terjun di Bukit Karst

Desa Wisata Bleberan mungkin jauh kalah terkenal dengan objek wisata Air Terjun Sri Gethuk. Tak banyak yang tahu kalau sejatinya air terjun yang digunakan untuk syuting film Hollywood itu ada di Desa Bleberan.

Bacaan Lainnya
air terjun sri gethuk Desa Wisata Bleberan gunungkidul
instagram.com/ai_akbar93

Kegiatan yang cukup menarik manakala menuju Air Terjun Sri Gethuk dengan menyusuri sungai mengunakan gethek atau perahu. Suatu pengalaman yang seru dan menyenangkan tentunya, bagaimana semilirnya angin pedesaan bisa dirasakan diatas sungai.

Puas naik perahu pengunjung akan diantar ke Dusun Menggoran dimana air terjun setinggi lebih kurang 50 meter itu berada. Tak perlu takut basah karena agenda yang paling menyenangkan adalah bermain air.

Desa wisata yang mulai ramai sejak 2009 silam ini benar-benar menawarkan keindahan alami tanpa polesan. Kesan natural begitu nampak hingga yang ada hanya warna hijau pepohonan dan air yang mengalir membuat tenang siapa saja yang ada.

Ragam Wisata Desa Wisata Bleberan

Kini pihak pengelola Desa Wisata Bleberan telah mengelola potensi yang ada dengan baik. Tidak saja hanya menjual keindahan Air Terjun Sri Gethuk dan Gua Rancang Kencono tapi mereka telah memiliki bumi perkemahan, sarana outbond dan kolam pemancingan.

Berkunjung ke desa wisata yang ada di Kecamatan Paliyan ini seolah ingin mengistirahatkan jiwa dan raga dari kepenatan. Setelah cukup lama beraktifitas dengan rutinitas kini saatnya memanjakan diri dengan keindahan.

Salah satu kegiatan yang paling menantang adalah body rafting. Dimana para wisatawan akan diajak untuk menyusuri Sungai Oyo dengan menggunakan pelampung yang dikenakan pada tubuh. Air yang masih jernih membuat siapa saja ingin lebih lama di dalam sungai.

Bagi yang ingin tinggal lebih lama pihak pengelola telah menyediakan Paket Pulang Kampung. Disini segala aktifitas yang ada dan tentu saja berbeda akan disajikan. Seolah pulang kampung setelah cukup lama dirantau dengan mengajak beraktifitas layaknya orang kampung.

Berbagai kesenian dan permainan tradisional yang jarang ditemukan diperkotaan akan kembali disajikan. Bukan hanya untuk ditonton tapi akan lebih seru bila terjun langsung ikut bermain tentunya.

Banyaknya potensi yang telah dikelola dengan baik membuat Desa Wisata Bleberan sebagai desa wisata terbaik tingkat DIY.

Pos terkait