Diorama Tugu Jogja, Cara Mudah Belajar Sejarah

  • Whatsapp

Jangan kaget bilamana kamu sedang melintasi Tugu Pal Putih atau yang biasa di sebut Tugu Jogja. Pasalnya kini area sekitar landmark tersebut telah berubah, kini telah ada diorama Tugu Jogja dan beberapa fasilitas penunjang demi kenyamanan pengunjung.

diorama tugu jogja
ardiankusuma.com

Bukan lagi hanya keindahan atau icon Kota Jogja tapi akan terlihat jelas bangunan sarat sejarah yang akan membuat siapa saja terkagum-kagum. Diorama yang baru diresmikan berbarengan dengan puncak hari jadi kota Jogja ke-259 itu terletak di sisi sebelah tenggara.

Dengan demikian akan menambah khasanah dan kenyamanan siapa saja yang berkunjung. Jangan sampai datang ke Jogja (baca: Tugu Jogja) tapi tidak tahu sejarah dan filosofi yang ada di dalamnya. Bangunan ini diharap mampu menarasikan sejarah dengan bahasa yang lebih sederhana dan mudah dicerna terutama untuk wisatawan asing.

Bukan jamannya lagi jadi anak muda yang tak kenal sejarah akan kotanya sendiri. Dengan diorama ini setidaknya belajar sejarah menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Fasilitas yang ada dalam diorama Tugu Jogja tersebut antara lain diorama, miniatur Tugu Golong Gilig, Vitrin informasi, videotron, pos polisi, toilet, tempat duduk, serta gudang penyimpanan. Tak kalah penting tentu saja plaza sumbu informasi di tengah komplek Diorama.

Plaza sumbu informasi mampu memberikan bahwa benar ada garis imajiner dari Gunung Merapi, Tugu, Kraton hingga Pantai Selatan.

Kini area berfoto ria bukan saja hanya di sekitar tugu yang ada di tengah jalan. Tapi masyarakat bisa beralih pada kawasan diorama yang terbuka 24 jam. Meski demikian jangan coba-coba untuk melakukan vandalisme karena telah ada petugas yang akan menjaga kawasan tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *