Es Krim Tip Top Satu Yang Tersisa Dari Kuliner Tempo Dulu

Kalau Tugu Jogja bisa dibilang sebagai penanda Jogja paling identik maka bila berbicara soal camilan maka ada satu nama yang pantas disandingkan. Kuliner tersebut tak lain adalah Es Krim Tip Top, camilan yang telah ada sejak jaman Belanda ini kiranya pantas disematkan sebagai kuliner jadul yang masih bertahan di Jogja.

es krim tip top
paketwisatajogja.net

Kedai ini terletak tak jauh dari Tugu Jogja, tepatnya ada di Jalan Margautama yang dulunya bernama Jalan P Mangkubumi No 24 atau sekitar 200 meter ke arah selatan dari tugu tersebut. Nanti akan langsung ditemukan tulisan ‘Ice Cream Tip Top’ yang cukup besar jadi tidak mungkin akan tersasar.

Berdiri sejak tahun 1936 dan hingga sekarang masih mempertahankan apa yang ada sejak jaman dulu. Bukan hanya soal cita rasa, tapi suasana yang ada di dalam kedai ini tak ubahnya dengan jaman dulu. Selain itu tentang jam buka resto yang benar-benar masih mengadopsi jam kerja jaman dulu.

Pada umumnya resto buka mulai dari jam 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Tapi Es Krim Tip Top ini hanya akan buka pada jam 09.30 WIB hingga 13.30 WIB. Dan akan buka kembali pukul 17.00 WIB sampai 21.30 WIB.

Berbicara tentang es krim jadul, di Indonesia setidaknya masih ada dua penjual es krim yang lain. Mereka adalah Es Krim Raguza yang ada di Jakarta dan Zanfrandi di Surabaya. Jadi dengan mengunjungi Es Krim Tip Top maka bisa dibilang kita telah mencicipi satu dari 3 legenda es krim di tanah air.

Meski tergolong sebagai tempat kuliner jaman dulu jangan salah soal menu. Di tempat ini tersedia menu yang tentu saja akan menggoyang lidah.

Siapapun yang ada ditempat ini seolah akan terbawa pada era jaman kakek nenek kita. Terlebih ada ornament dan alunan musik sekitar tahun 1970an sehingga sejenak bisa melupakan masa kini.

Berdasar penuturan para penikmat kuliner dari sekian banyak menu yang ada maka akan ditemukan dua menu paling istimewa. Menu tersebut adalah Es Krim Tip Top dan Tip Top Cake. Jadi alangkah baiknya sebelum mencicipi menu-menu yang lain mencoba dua menu unggulan tersebut.

Di area ini tidak saja hanya ada Es Krim Tip Top tapi masih ada beberapa tempat yang harus dikunjungi semisal angkringan KR ataupun Gule Tugu.

Pos terkait